Laman

Sabtu, 10 September 2016

CHRIS CAFFERY




Dilahirkan dengan nama Christopher Caffery pada 9 September 1967 di Suffern, New York.

Dibesarkan di Mahwah, New Jersey, Chris mulai bermain gitar pada usia 11 tahun, tapi kenangan awalnya adalah saat membawakan lagu Help! milik The Beatles untuk sebuah pertunjukan di taman kanak-kanak. Band favorit Chris saat tumbuh adalah the Beatles, Kiss, Black Sabbath, Judas Priest dan Rush. Dia menyebutkan gitaris-gitaris seperti Ted Nugent, Rik Emett, Ace Frehley, Randy Rhoads, Michael Schenker sebagai pengaruhnya selama bertahun-tahun.


Setelah hanya 13 bulan, Chris mulai bosan dengan pelajaran gitar dan memutuskan untuk belajar sendiri. Dia menjadi bagian dari sebuah band bernama “Blitzkrieg” di sekolah pertengahan dan memainkan beberapa pertunjukan, yang pertama ada di sebuah bar di Ridgewood, New Jersey saat Chris baru berusia 13 tahun. Pada usia 14 tahun, Chris dan kakaknya membentuk sebuah band bernama “Anti”. Chris keluar dari SMA di usia 16 tahun untuk menjadi seorang musisi profesional, mengajar para murid di siang hari dan memainkan pertunjukan di malam hari.


Chris merekam demo tape pertamanya pada usia 14 tahun dan yang kedua pada usia 17 tahun, yang membuatnya mendapatkan jadwal pertunjukan nasional pertamanya. Chris ada di New York pada suatu malam, berada dia sebuah klub di Times Square, saat dia bertemu penyanyi utama dari sebuah band bernama Heaven, Allan Fryar. Mereka sedang mencari seorang gitaris dan Chris diminta jika dia memberia sebuah tape pada Allan. Satu minggu kemudian dan Fryar memanggil, dan diketahui bahwa band itu juga memerlukan seorang drummer, maka kakak Chris, Phil bergabung. Band ini dimanajeri oleh David Krebs dan Paul O’Neill, dengan siapa Chris tetap berteman di sebagian besar karirnya.


Paul O’Neill kemudian diperkenalkan pada Oliva bersaudara, Jon dan Criss dari Savatage oleh perwakilan Atlantic Records dan O’Neill meninggalkan Heaven untuk bekerja dengan Savatage. Kemudian, Paul mengundang Chris ke New York, dimana mereka merekam sebuah CD dan memperkenalkan Chris pada band. Tapi, Chris kemudian mengetahui bahwa seorang gitaris kedua diperlukan dalam Savatage, maka dia bisa mempelajari semua lagu Savatage yang dia bisa selama tur 1987-1988 milik Savatage dengan Dio dan Megadeth. Savatage mempekerjakan orang lain, yang membuat Chris kecewa dan dia menarik diri dari audisi. Chris diberi kesempatan untuk tampil, memainkan dua lagu sebelum band berhenti dan mempekerjakannya seketika. Band melakukan tur, tapi Chris tetap berada di sisi panggung, bersembunyi dari para penonton. Chris baru berusia 20 tahun dan bermain di arena dan bahagia, tapi menderita. Dia meninggalkan Savatage setelah tur arena.


Chris berpindah diantara beberapa band selama dua tahun hingga melakukan kontak dengan Oliva bersaudara sekali lagi. Mereka meminta Chris untuk bergabung dengan mereka saat album Gutter Bullet selesai. Dia dengan gembira menerimanya, tapi jalanan mengambil perannya di Savatage. Dengan tekanan pihak luar untuk menyelesaikan impian band mereka Chris dengan menyesal keluar dari Savatage pada akhir tur dan membentuk Witchdoctor, dengan kakaknya Phil pada drum, Hal Patino dari King Diamond pada bass, dan anggota masa depan TSO West Doug Kristner pada kibord. Band bermain di penjuru Amerika namun kedua saudara ini tidak cocok secara musikal dan band dibubarkan. Chris dikontak untuk tampil di tur Streets milik Savatage, tapi hal ini tidak terjadi. Chris kemudian mengetahui bahwa Jon Oliva meninggalkan Savatage. Chris menghubungi Jon, yang mengundangnya ke Florida, dan lebih “10 bottles of Jack Daniels”, proyek mereka Doctor Butcher lahir.


Zachary Stevens menggantikan Jon di Savatage, tapi Jon terus bekerja dengan adiknya Criss di rekaman. Chris kembali diminta untuk bergabung kembali dengan band, tapi, dia tetap setia dengan Jon dan Butcher. Beberapa demo awal direkam dengan Hal Patino dan Gene Barnett untuk Butcher, tapi tekanan buruk pada kesehatan Jon memaksa Atlantic Records untuk membuat sebuah keputusan – Doctor Butcher atau Savatage? Atlantic memilih Savatage. Chris menjadi tidak karuan. Caffery bekerja dengan temannya Ray Gillen dari band Badlands, tapi Gillen meninggal tidak lama setelah proyek dimulai. Sekitar waktu ini, Criss Oliva tewas dalam sebuah kecelakaan mobil oleh seorang supir mabuk pada 17 Oktober 1993. Chris diminta untuk keempat kalinya untuk bergabung dengan Savatage, tapi Atlantic Records malahan menyarankan Alex Skolnick untuk bergabung dengan band. Chris kemudian bekerja dengan Alex di tur TSO East. Butcher dikontrak di Eropa dan debut mereka direkam pada 1994. Jon Olive pergi untuk mengerjakan tur Handful of Rain dengan Savatage maka Butcher tidak pernah melakukan tur. Chris, kali ini, berkeinginan untuk bergabung dengan Savatage pada basis yang lebih permanen dengan Jon Oliva, sebagai seorang teman dekat dan murid dari Criss Oliva dia merasa dia biasa memberikan rasa hormat untuk Criss “secara spiritual” di atas panggung. Jon setuju, dan Chris ditemani oleh Al Pitrelli, seorang teman baik dari New York. Keduanya membentuk sebuah rekanan yang kuat selama hampir 6 enam tahun, merekam bersama Dead Winter Dead pada 1995 dan The Wake of Magellan pada 1998.


Selama waktu ini, Chris melakukan rekaman dengan Joe Lynn Turner, TM Stevens, juga memproduseri dan rekaman dengan Metalium. Chris tampil di CD penghormatan untuk Guns N’ Roses, Accept dan Iron Maiden. Penghormatan Maiden direkam dengan drummer Savatage Jeff Plate dan “long time and newly re-acquainted best friend”, anggota TSO, John West. Savatage memiliki sedikit hambatan dalam rekaman dari tindak lanjut dari The Wake of Magellan, karena kesuksesan mendadak dari “proyek sampingan”, Trans-Siberian Orchestra. Caffery menganggap dirinya “ring leader” dari TSO East saat mereka melakukan tur, dan dia menikmati tampil langsung dengan mereka bersama-sama. Pada 1999, Caffery juga anggota dari band Jerman Metalium. Dia tampil di album mereka Millennium Metal: Chapter One, tapi pergi setelah album dan tur berikutnya.

Al Pitrelli meninggalkan Savatage pada 2000 saat dia menerima sebuah undangan untuk menggantikan Marty Friedman di Megadeth. Zak Stevens pergi tidak lama setelah itu, dengan alasan keluarga. Chris menjadi gitaris satu-satunya di Savatage dan Jon Oliva mengambil tugas vokal utama untuk pertama kali dalam sepuluh tahun. Chris memainkan bagian gitar utama dengan Jack Frost (ironisnya, yang menggantikan dia di Metalium) memainkan bagian ritem pada sebuah tur singkat dengan Fates Warning dan Judas Priest untuk mendukung Poets and Madmen pada 2001. Setelah Megadeth “dibubarkan” (kemudian terbentuk kembali pada 2004) pada 2002, Al Pitrelli diundang untuk bergabung kembali dengan band sejak “dia tidak pernah meninggalkan keluarga sama sekali”.

Sejak perilisan CD Savatage terbaru, Chris sudah muncul pada rekaman alumni Savatage, termasuk Circle II Circle milik Zak Stevens dan pada rekaman Jon Oliva’s Pain. Chris sendiri merilis EP dan album solo pada 2004 dan 2005 dengan album penuh tindak lanjut, Pins and Needles yang dirilis pada 2007. Chris juga bekerja di album baru TSO, Night Castle, dirilis pada 27 Oktober 2009.

Pada 2011, Chris merilis saus pedas komersil pertamanya bernama “Tears of the Sun”. Produk itu dirilis melalui sebuah perusahaan saus kecil dimana dia berekanan dengan Steve Seabury dan istrinya dengan nama “High River Sauces”. Saus itu memenangkan penghargaan besar termasuk “The Hot Pepper Award” untuk best overall Hot Sauce pada 2011. Rilisan kedua bernama “Grapes of Wrath” dirilis pada 2012. Saus itu mendapatkan perhatian luas saat usaha itu terus dikembangkan. Artikel yang tampil di “New York Post” menyorot saus milik Chris dan New York City Hot Sauce Expo yang pertama.

Secara musikal Chris muncul di beberapa rilisan sebagai musisi tamu. Dia juga melakukan tur sebagai gitaris untuk vokalis metal Jerman legendaris Doro juga sebagai tur solo untuk mendukung Heaven and Hell dengan band Tim “Ripper” Owens di Eropa. Dia ikut menulis dan memainkan gitar pada lagu “The Shadows Are Alive” di rilisan solo pertama milik Tim yang berjudul “Play My Game”.

TSO melanjutkan tur Winter tahunan mereka dan juga menampilkan tiga tur untuk CD Beethoven’s Last Night miliknya. Tur kedua Nampak TSO menuju Eropa untuk pertama kalinya.

Selain beberapa pemunculan tamu dan kolaborasi lainnya Chris juga muncul secara rutin dengan pemenang penghargaan Grammy 18 kali Jimmy Sturr. Dia juga menjadi bintang tau dia dua episode dari acara TV nasional miliknya.

Pekerjaan saat ini lainnya termasuk mengajar gitar secara pribadi dan online, selain pentualangan kuliner, menulis buku, melukis/membuat sketsa, fotografi, produksi musik dan pembicara umum.

Chris saat ini sedang menulis materi baru untuk rilisan solo berikutnya juga beberapa proyek musik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...