Laman

Rabu, 21 September 2016

BEN SHEPHERD




Dilahirkan dengan nama Hunter Benedict Shepherd pada 20 September 1968 di Okinawa, Jepang.

Shepherd lahir di sebuah basis militer Amerika di Okinawa, Jepang. Keluarganya pindah ke Texas, kemudian berdiam di Kingston, Washington, dimana Shepherd tumbuh. Shepherd menjadi tertarik dalam musik setelah mendengarkan Johnny Cash di tv, duduk sedekat mungkin dengan speaker. Saat Shepher meminta pada ayahnya untuk sebuah gitar, ayahnya bersedia hanya setelah dia harus mempelajari setiap kord dalam buku dengan sebuah gitar. Shepherd melakukannya dan ayahnya membelikan gitar pertamanya. Shepherd bermain di sejumlah band punk rock dengan teman-teman saat remaja seperti March of Crime, Mind Circus dan 600 School. Setelah lulus dari SMA, dia bekerja sebagai tukang kayu dan buruh dan bekerja sebagai roadie untuk Nirvana sambil bermain di Tic Dolly Row dengan Chad Channing. Shepherd akhirnya melakukan tur dengan Nirvana sebagai pemain gitar kedua sebelum perilisan dari Nevermind. Nirvana memutuskan untuk tidak melanjutkan dengan pemain gitar kedua setelah Nevermind dirilis dan Shepherd diminta untuk bergabung dengan Soundgarden tidak lama setelah itu.


Dia pertama mengikuti audisi untuk peran bassis di Soundgarden pada 1989, segera setelah Hiro Yamamoto pergi, tapi Jason Everman dipekerjakan sebagai bassis baru band untuk periode singkat. Everman dipecat setelah Soundgarden menyelesaikan tur promosi mereka di pertengahan 1990 dan Shepherd dipekerjakan.

Selain perannya sebagai pemain bass, peran Shepherd sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu berkembang selama jabatannya dengan Soundgarden. Di rekaman pertamanya dengan band, album studio Badmotorfinger, Shepherd ambil bagian dalam penulisan lagu-lagu: “Slaves & Bulldozers” (musik, penulis lagu), “Jesus Christ Pose” (musik, penulis lagu), “Face Pollution” (musik), dan “Somewhere” (musik dan lirik).


Pada 1993, Shepherd dan drummer Soundgarden Matt Cameron membentuk sebuah band proyek sampingan bernama Hater. Shepherd mengisi vokal dan memainkan gitar di Hater, selain menulis beberapa lagu lainnya pada rilisan pertama band, album self-title. Album kedua berjudul The 2nd direkam pada 1995 setelah akhir tur Superunknown, tapi tidak dirilis hingga 2005, sepuluh tahu kemudian. Selama hiatus panjang, Shepherd memiliki waktu untuk menyelesaikan lagu yang akan menjadi The 2nd antara kolaborasinya dengan Wellwater Conspiracy (proyek sampingan lainnya dengan Matt Cameron dan John McBain) dan beberapa artis lainnya. Shepherd adalah vokalis utama di album Wellwater Conspircay pertama, Declaration of Conformity.

Pada 1994, Soundgarden merilis Superunknown, yang menampilkan komposisi milik Shepherd “Half” dan “Head Down”. “Head Down” sangat terpengaruh oleh The Beatles dan ditulis dalam tunig CGCGGE, sebuah tuning yang ditemukan Shepherd suatu hari setelah bereksperimen dengan penempatan mic di Gibson L-50 miliknya, memetik gitar dan  dan memainkan sesuka hatinya seakan-akan memiliki suara yang salah, membuat komposisi lagu itu selesai. “Half” ditandai dengan rasa India dan adalah lagu pertama di album Soundgarden dimana Shepherd menjadi vokalis utama. Shepherd mengatakan bahwa “Half” adalah sebuah lagu yang dia tulis dalam kasus putrinya yang ingin belajar bermain gitar.

Pada 1996, Soundgarden merilis Down on the Upside, dimana enam dari 16 lagu secara lirik dan/atau secara musikal dibuat oleh Shepherd. Lagu-lagu itu adalah: “Zero Chance” (musik), “Dusty” (musik), “Ty Cobb (musik), “Never Named” (musik), “Switch Opens” (musik) dan “An Unkind” (musik dan lirik). Shepherd pernah mengatakan dia menulis musik untuk “Never Named” pada usia 16 tahun. “Ty Cobb” adalah lagu pertama yang ditulis Shepherd yang dibuat sebuah single.

Pada 1997, setelah perilisan dari Down on the Upside, band bubar karena perselisihan artistik antara Kim Thayil dan Chris Cornell.

Pada akhir 1997, Shepherd adalah bagian dari kolaborasi pertama, kini langka, Desert Sessions (Volume 1 & 2), dimana dia memainkan bass dan gitar.

Pada 1998, dia meninggalkan Wellwater Conspiracy untuk alasan yang tidak diketahui. Matt Cameron mengambil alih vokal utama.

Pada 1999, dia memainkan bass di album I’ll Take Care of You milik Mark Lanegan.

Pada 2001, dia ikut menulis lagu “Blues For D” di album Field Songs milik Mark Lanegan. Dia juga salah satu dari contributor alat musik terbesar di album ini bersama Mike Johnson.

Pada 2005, Shepherd membentuk sebuah band baru, Unkmongoni (nama band adalah yang dipakai Tarzan untuk berteriak pada hewan untuk lari dan bebas), tapi band tidak lagi muncul bersama. Di tahun itu juga, album kedua Hater, The 2nd dirilis.

Shepherd memiliki seorang putri bernama Ione. Dia saat ini tinggal di Seattle, Washington dan memiliki sebuah rumah di Bainbridge Island. Shepherd juga seorang pemilik dari bar di Seattle bernama Hazelwood.

Pada 2008, menyusul penjualan gudang peralatan Soundgarden yang disimpan, Shepherd dicuri semua perlengakapannya termasuk gitar, bass, dan ampli yang diperoleh dan digunakan selama karir Soundgardendan 2 rekaman yang sudah dia selesaikan. Menyusul insiden itu, Shepherd yang mengalami kerugian memutuskan untuk berhenti dari musik dan menjadi asisten tukang kayu hingga dia mampu mampu membuat rekaman solonya In Deep Owl dan melakukan reuni dengan Soundgarden tidak lama setelah itu.

Pada sebuah wawancara Agustus 2010 dengan Spin Magazine, Shepherd menyatakan bahwa dia “totally broke” dan tidur di sofa temannya. Shepherd sudah membatalkan pernyataan itu.

Pada 1 Januari 2010, Chris Cornell mengkonfirmasikan bahwa Soundgarden akan melakukan reuni, dengan Shepherd sebagai bassis mereka lagi. Band memainkan pertunjukan pertamanya dalam 13 tahun pada 16 April 2010 di Showbox theater di Seattle dibawah anagram Nudedragons.

Grup merilis album kompilasi Telephantasm pada September 2010, disusul oleh King Animal pada November 2010, album studio pertama mereka sejak 1996. Shepherd menulis musik untuk lagu-lagu “Taree” dan “Attrition”, dan menulis bersama lagu-lagu “Been Away Too Long” dan “Rowing” dengan Chris Cornell di album baru itu.

Band terus melakukan tur secara rutin, mengatur waktu seputar jadwal Matt Cameron di Pearl Jam, dan tur akustik Chris Cornell. Pada 2014 band merilis edaran ulang dari album 1994 mereka Superunknown sebagai bagian dari ulang tahun ke 20 mereka dan melakukan tur dengan drummer Matt Chamberlain mengisi tempat Cameron.

Pada musim panas 2010, Shepherd menyelesaikan rekaman album solo terbarunya. Dia mulai menulis rekaman ini pada 2009. Dimulai sebagai proyek akustik, sebelum berubah menjadi sebuah album berkonsep elektrik pada akhirnya. Shepherd awalnya memaksudkan lagu-lagu hanya sebagai suara dan gitar akustik, tapi kemudian Matt Cameron dan Matt Chamberlain menawarkan jasa mereka pada drum. Album ini direkam oleh Dave Frenc, di beberapa studio yang berbeda termasuk KAOS di Georgetown, The Studio With No Name (Interbay). Album ini diselesaikan, dicampur/dibuat master di Robert Lang Studios oleh Adam Kasper dan berisi rekaman suara kodok.

Pada 25 Juni 2013,Shepherd mengumumkan dia akan merilis album solo berjudul In Deep Owl pada 27 Agustus 2013 dibawah nama HBS. Shepherd mengeluarkan single pertama “Baron Robber” di Spin. Drumer pada “Baron Robber” adalah Joseph Braley yang juga bermain drum untuk band asal Seattle The Mother’s Anger and the band Reignwolf. Musisi yang tampil termasuk: Ben Shepherd – gitar, bass, vokal, mandolin, drum; Matt Cameron – drum, perkusi; Matt Chamberlain – drum, perkusi, Joseph Braley – drums, perkusi; Greg Gilmore – drum, perkusi; dan Klaus – Winds (Sax).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...