Laman

Kamis, 22 September 2016

DON FELDER




Dilahirkan dengan nama lengkap Donald William Felder pada 21 September 1947 di Gainsville, Florida, AS. Dari sisi ayahnya dia memiliki keturunan Jerman. 

Dia mulai tertarik dengan musik setelah menyaksikan Elvis Presley di The Ed Sullivan Show. Dia mendapatkan gitar pertamanya saat dia berumur 10 tahun. Sebagai seorang musisi otodidak, dia sangat terpengaruh oleh rock and roll. Pada usia 15 tahun dia memulai band pertamanya, The Continentals, yang juga terdapat Stephen Stills.


Seputar waktu ini, dia bertemu Bernie Leadon, yang kemudian menjadi salah satu anggota pendiri dari the Eagles. Leadon menggantikan Stills di The Continentals, yang akhirnya merubah namanya menjadi the Maundy Quintet. Felder dan Leadon keduanya belajar di Gainesville High School, Florida. Di buku tahunan Gainesville High School 1976, gambar the Maundy Quintet berdekatan dengan murid Gainesville High lainnya dan band awalnya: Tom Petty and The Epics. Felder memberi pelajaran gitar pada Petty di sebuah toko musik lokal selama 18 bulan, pada saat dimana Felder juga belajar cara memainkan slide guitar dari Duane Allman. The Maundy Quartet merekam dan merilis single 45 rpm di label Paris Tower asal Tampa pada 1967, yang menerima penyiaran radio di Florida utara-pusat.

Setelah The Maundy Quintet bubar, Felder pergi ke New York City dengan sebuah band bernama Flow, yang merilis album rock fusion self-title pada 1970. Album 1970 milik Flow memiliki perbedaan diantara edaran sangat awal di label independen CTI Records, yang didirikan oleh produser jazz terkenal Creed Taylor. Saat di New York, Felder mengembangkan improvisasinya pada gitar dan mempelajari gaya yang beragam.


Setelah Flow bubar, Felder pindah ke Boston, dimana dia mendapatkan sebuah pekerjaan di sebuah studio rekaman. disana, melalui pertemannya dengan Leadon, dia bertemu anggota the Eagles pada 1972 saat mereka melakukan tur pertama mereka. Pada 1973, Felder pindah ke Los Angeles dimana dia dipekerjakan sebagai pemain gitar untuk tur David Blue, menggantikan David Lindley yang melakukan tur dengan Crosby & Nash. Dia membantu Blue melakuka tur, selama dimana mereka membuka beberapa pertunjukan Crosby and Nash pada November 1973 dan untuk Neil Young di pembukaan dari Roxy Theatre. Sekali lagi, Felder menggantikan Lindley, kali ini dalam band milik Crosby & Nash saat Findley jatuh sakit. Dia juga sering melakukan latihan dengan the Eagles di ruang latihan mereka.

Pada awal Januari 1974, Felder dipanggil oleh The Eagles untuk menambahkan slide guitar pada lagu mereka "Good Day in Hell". Pada hari berikutnya dia diundang untuk bergabung dengan band itu. Band mulai berubah dari gaya awal country rock menjadi rock seutuhnya. Pada album keempat band, One of These Nights, Felder menjadi vokalis utama pada lagu "Visions", lagu yang dia tulis dengan Don Henley, dan mengaransemen gitar solo dan alur bass yang berbeda untuk lagu One of These Nights. Setelah anggota pendiri Bernie Leadon keluar pada 1975, Joe Walsh bergabung dengan band. Felder telah bekerja sama dengan Walsh beberapa saat sebelum bergabung dengan The Eeagles, dan bersama mereka berdua menjadi gitaris utama ganda dan menjadai salah satu rekanan hebat di panggung yang paling diingat.


Album pertama the Eagles dirilis setelah perubahan barisan adalah Hotel California, dimana menjadi penjualan terlaris internasional. Felder menulis musik untuk judul lagu yang menjadi judul album, “Hotel California”, dan awalnya memperkenalkannya sebagai sebuah demo instrumental untuk Henley dan salah satu pendiri Glenn Frey yang awalnya memberi judul “Mexican Reggae”. Ini menjadi rekaman tersukses milik band. Setelah merilis Hotel California dan tur yang mengikutinya, the Eagles mendapatkan tekanan untuk mengulangi kesuksesan ini. Album mereka berikutnya, The Long Run pada 1979, diselesaikan selama hampir dua tahun. Band dibubarkan pada 1980.


Terdorong oleh kesuksesan album penghormatan Common Thread: The Songs of the Eagles, the Eagles (termasuk Felder) bersatu kembali 14 tahun kemudian untuk sebuah konser yang diudarakan di MTV, yang menghasilkan sebuah album baru Hell Freezes Over pada 1994. Untuk penampilan langsung MTV, lagu andalan band “Hotel California” diaransemen ulang menjadi versi akustik dan Felder memulai penampilan dengan memainkannya dengan intro bergaya flamenco yang dia ciptaka sehari sebelumnya.

Felder menampilkan (dengan semua anggota saat ini dan mantan anggota band) hit “Take It Easy” dan “Hotel California” di pelantikan 1998 milik band ke dalam Rock and Roll Hall of Fame di New York City. Dia tetap sebagai anggota the Eagles selama tahun 2000.


Menyusul perpecahan The Eagles pada 1980, Felder lebih memfokuskan pada keluarganya tapi juga meniti karir solo, berkonsentrasi pada pembuatan komposisi filem dan bekerja sebagai musisi sesi. Dia bekerja di album 1981 milik The Bee Gees, Living Eyes sebagai gitaris sesi. Melalui kerjasamanya dengan produser Bee Gees Albhy Galuten, Felder juga membuat pemunculan sesi pada album-album oleh artis-artis yang berbeda seperti Diana Ross, Barbra Streisand, dan Andy Gibb. Selama waktu ini, dia juga berkonrtribusi gitar untuk dua album solo pertama milik Stevie Nicks.

Diantara kredit musik filmnya pada 1980an adalah dua lagu di soundtrack untuk film animasi 1981, Heavy Metal berjudul “Heavy Metal (Takin’ a Ride)” (dengan mantan rekan band Don Henley dan Timothy B. Schmit berkontribusi vokal latar) dan “All of You” – dengan Mickey Thomas dari Jefferson Starship sebagai vokalis latar, juga lagu judul “Wild Life” dari adaptasi film 1985 dari “The Sluggers Wife” milik Neil Simon. Dia juga menulis lagu “She’s Got A Part of Me” dari soundtrack untkuk komedi romantic 1985, Secret Admirer.

Kredit televisi Felder termasuk FTV, sebuah acara komedi musik dimana dia bawakan dari 1985-1986, dan Galaxy High, seri kartun CBS 1986 dimana dia membuat dan memainkan semua musiknya, termasuk lagu tema seri itu.

Pada 1983, Felder merilis album solo pertamanya berjudul Airborne. Single album “Never Surrender,” ditulis bersama dengan Kenny Loggins, menjadi hit menengah, juga munculdi soundtrack untuk film komedi remaja terkenal Fast Times at Ridgemont High. Hampir tiga dekade kemudian, pada 9 Oktober 2012, album solo keduanya Road to Forever dirilis, dengan “Fall from the Grace of Love” sebagai single utama, sebuah lagu yang menampilkan vokal harmoni dari Crosby, Stills & Nash.

Felder dikenal untuk penampilannya dengan mengunakan gitar listrik Gibson Les Paul dan Gibson EDS-1275. Ini mendorong Gibson Guitar Corporation untuk memberi nama dua edaran ulang dengan namanya pada 2010, “Don Felder Hotel California 1959 Les Paul” dan “Don Felder Hotel California EDS-1275”. Felder sendiri adalah seorang kolektor gitar, memiliki hampir 300 model sejak masa anak-anaknya.

Felder saat ini memiliki bandnya sendiri. Pada 2014, mereka melakukan tur bersama dan membuka untuk band Styx dan Foreigner.

Pada 2000, Felder menceraikan istrinya selama 29 tahun, Susan Felder. Mereka bertemu saat dia masih menjadi musisi yang berjuang di Gainsville, Florida. Mereka memiliki empat anak bersama, termasuk Leah Jenner, yang juga seorang musisi dan anggota grup indie pop Brandon & Leah dengan suaminya Brandon.

Felder bertunangan dengan real estate broker Canada Kathrin Nicholson pada 2007. Dia mengklaim bahwa Nicholson adalah sebab utama dalam membantunya untuk berpisah dengan the Eagles, perceraiannya, dan untuk membentuk sebuah band baru. Nicholson dan Felder memiliki seorang putra bersama.

Felder menulis buku Heaven and Hell: My Life in The Eagles (1974-2001) pada 2006. Dirilis pada awal 2008 dan secara cepat menjadi bestseller New York Times, buku ini membuat Felder bisa menceritakan kisah hidupnya, menggambarkan hubungan yang serinag tidak menentu dengan Glenn Frey dan Don Henley, dan berhubungan dengan versi miliknya dari kepergiannya dari band pada 201. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada 27 April 2008 dengan Jim Faber dari New York Daily News, Felder mengatakan bahwa dia “tidak keluar untuk menggantung kepala orang lain untuk dilihat orang banyak,itu bukan inti buku ini. Intinya adalah untuk menceritakan kisah saya.”

Pada 6 Februari 2001, Felder dipecat dari the Eagles. Dia menanggapinya dengan membuat dua tuntutan hukum terhadap “Eagles, Ltd., sebuah perusahaan California; Don Henley, sebagai individu; Glenn Frey, sebagai individu; dan berbanding 1-50”, karena perlakuan yang salah, karena menyalahi kontrak, dan menyalahi tugas, dilaporkan menuntut $50 juta dalam kerugian.

Di tuntutan berikutnya, Felder menyebut bahwa dari tur Hell Freezes Over 1994 seterusnya, Henley dan Frey “berkeras bahwa mereka masing-masing menerima prosentase tertinggi dari keuntungan band,” dimana yang yang dimiliki sebelumnya dibagi dalam lima porsi sama. Felder juga menuduh mereka untuk memaksanya menandatangani persetujuan dimana Henley dan Frey akan menerima lebih dari tiga kali dari keuntungan Selected Works: 1972-1999 dibandingkan Felder. Boxset ini dirilis pada November 2000, sudah terjual sejumlah 267.000 buah dengan penghasilan lebih dari $16 juta.

Henley dan Frey kemudian menuntut balik Felder karena melanggar kontrak, menuduh bahwa Felder menulis dan berusaha menjual hak untuk buku Heaven and Hell: My Life in The Eagles (1974-2001) yang diterbitkan di Inggris pada 1 November 2007. Edisi Amerika dirilis untuk diterbitkan oleh John Wiley & Sons pada 28 April 2008, dengan Felder melakukan kampanye penerbitan penuh untuk perilisannya.

Pada 23 Januari 2002, Los Angeles County Court mengkonsolidasikan kedua penuntut dan pada 8 Mei 2007 kasus ini diselesaikan diluar pengadilan untuk jumlah yang dirahasiakan.

Dalam sebuah wawancara 2008 dengan Howard Stern, Ferlder menegaskan bahwa dia tetap berteman dengan sesama mantan anggota dari the Eagles, Bernie Leadon dan Randy Meisner. Saat ditanya jika dia masih mengadakan hubungan dengan Frey atau Henley, Felder menyatakan bahwa jawaban satu-satunya yang dia dapat adalah dari masing-masing pengacara mereka.

Pada 2016, sehari setelah kematian Frey, Felder mengatakan pada Assosciated Press bahwa dia merasakan sebuah “unbelievable sorrow” saat dia mengetahui tentang kematian Frey. “Saya selalu berharap di suatu tempat, dia dan saya mengadakan makan malam bersama, berbicara tentang masa lampau dan berpisah dengan jabat tangan dan pelukan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...