Laman

Jumat, 30 September 2016

LES CLAYPOOL




Dilahirkan dengan nama Leslie Edward Claypool pada 29 September 1963 di Richmond, California, tapi tumbuh besar di El Sobrante, California di sebuah keluarga kelas pekerja dengan sejarah bekerja sebagai mekanik mobil. Les memutuskan untuk menjadi pemain bass, dimulai pada usia 14 tahun. Karena pada saat itu banyak orang ingin menjadi giraris karena mereka terpengaruh oleh Eddie Van Halen dan dia berpikir kalau dia menjadi pemain bass dia akan bisa manggung. Pendidikan awalnya adalah di Collins Elementary School dan De Anza High School, dimana dia adalah teman dekat Kirk Hammett dari Metallica. 

Pada 1986, setelah kematian bassis Metallica Cliff Burton, teman sekolah Kirk Hammett mendorong Les untuk ikut audisi untuk Metallica sebagai penerus Burton. Selama beberapa tahun sebelum membentuk Primus, Les bekerja sebagai tukang kayu di El Sobrante. Les menyebutkan pengaruh musikalnya adalah Larry Graham, Chris Squire, Tony Levin, Roger Waters, Geddy Lee, Paul McCartney, Geezer Butler, Bootsy Collins, Stanley Clarke, dan John Paul Jones.


Primus bermula sebagai Primate dengan Les pada bass, Todd Huth pada gitar, dan berbagai pemain dram yang paling sering adalah Jay Lane, di pertengahan 1980-an, walau Huth dan Lane pergi untuk mengerjakan proyek lain. Les mengganti mereka dengan gitaris Larry LaLonde dan dramer Tim Alexander.


Les dianggap sebagai pimpinan band, dan otak dibalik pencampuran funk dengan genre lainnya. Gaya permainannya menggunakan teknik slap-bass dari elemen funk; dia adalah satu-satunya anggota band yang datang dari latar belakang funk. Karena pengaruhnya yang kuat, Primus sering disebut sebagai “thrash-funk” atau funk metal.


Dari 1989 hingga 2000, primus adalah salah satu band yang paling tidak biasa yang memperoleh tanggapan mainstream, penjadi penampil utama Lollapalooza di 1993, muncul di Late Show with David Letterman dan Late Night with Conan O’Brien di 1995, dan bahkan hadir di Woodstock ’94 dimana mereka membawakan hit dari album Pork Soda mereka “My Name Is Mud” dan diberi tempelan lumpur. Di 1991, band ini tampil di filem klasik Bill and Ted’s Bogus Journey, membawakan “Tommy the Cat” secara live. Juga, di 1997, mereka diminta untuk bermain dan merekam lagu tema untuk acara tv animasi South Park. Les dan Tom Waits pertama merekam pada masing-masing rekaman di 1991 dan terus melakukannya sejak itu. Pada 1999, dia membiarkan Activision menggunakan lagu “Jerry Was a Race Car Driver” pada video game terkenal Tony Hawk’s Pro Skater. Pada, 2000, Primus melakukan hiatus.


Pada pertengahan 2003, Les melakukan reuni dengan mantan dramer Primus Tim Alexander dan gitaris Larrey LaLonde untuk merekam DVD/EP berjudul Animals Should Not Try to Act Like People. Mereka terus melakukan tur hingga 2004, kini membawakan rilisan 1991 mereka Frizzle Fry seperti yang ada di dokumentasi DVD Hallucino-Genetics: Live 2004.


Pada 17 Oktober 2006, Primus merilis CD greatest hits pertama mereka They Can’t All Be Zingers dan DVD ketiga mereka Blame It on The Fish, dengan judul lain An Abtract Look at the 2003 Primus Tour De Fromage. Band melakukan tur pada 2006, Primus: The Beat a Dead Horse Tour 2006, dan bermain di beberapa festival pada 2008, melakukan tur lagi pada 2010 setelah perilisan gratis June 2010 Rehearsal. Sebuah album, Green Naugahyde, dirilis pada 2011.


Selain dengan Primus, Les juga merekam album solo dan juga bekerja dengan para musisi lain (Charlie Hunter, Henry Rollins) serta melakukan proyek-proyek sampingan (Oysterhead, Les Claypool’s Fearless Flying Frog Brigade, Colonel Claypool’s Bucket of Bernie Brains, Les Claypool’s Fancy Band, Duo De Twang). Dia juga meluncurkan buku pertamanya, South of the Pumphouse, pada 1 Juli 2006 oleh Akashic Books.



Dia berdomisili dekat kota Occidental di Sonoma County, California dengan istrinya, Chaney Claypool, putranya, Cage Oliver Claypool, dan putrinya Lena Tallulah Claypool. Rumahnya diberi nama “Rancho Relaxo”, dari sebuah episode Simpsons dimana Marge dikirim ke sebuah spa dengan nama yang sama. Dia melakukan rekaman sebagian besar musiknya di rumah.


Claypool adalah seorang fly fisher, dan bahkan muncul sebagai tamu khusus pada sebuah rekaman Fly Fishing the World yang difilmkan di Idaho pada 2004 dan di Quebec pada 2005. Kedua episode itu tersedia di seksi ekstra dari 5 Gallons of Diesel. Dia menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia menyukai laut tapi membenci surfing saat dia mendengar cerita dari teman-teman bahwa banyak insiden berbahaya yang menimpa para surfer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...