Laman

Rabu, 07 September 2016

WILLIAM DuVALL




Dilahirkan pada 6 September 1967 di Atlanta, Georgia. Dia saat ini adalah vokalis Alice In Chains menggantikan vokalis orisinil Layne Staley, yang meninggal pada 2002. DuVall bergabung dengan Alice In Chains pada 2006, dan muncul di album rilisan 2009 Black Gives Way to Blue juga The Devil Put Dinosaurs Here pada 2013.

DuVall merupakan salah seorang pendiri, penyanyi utama, gitaris dan penulis lirik untuk Comes with the Fall. Dalam karir musiknya yang panjang, DuVall telah memainkan peran dalam berbagai band dengan beragam aliran, sebagai contoh dalam sebuah grup punk rock berpengaruh Neon Christ.

Karir musik DuVall dimulai pada awal akena hardcore Atlanta 1980an. Dia pertama tampil dengan Awareness Void of Chaos.

Pada 1983, DuVall membantu mendirikan band hardcoree punk controversial berbasis Atlanta Neon Christ, berkontribusi gitar dan lirik untuk album-album band. Para anggota lain dari band ini adalah vokalis Randy DuTeau, bassis Danny Lankford, dan drummer Jimmy Demer. Neon Christ memiliki ikatan yang kuat dengan band hardcore Corrosion of Conformity dan B’last. Dengan dua buah tur singkat East Coast dan dua album, band politik ini mulai mendapatkan popularitas. Band menggunakan kepopulerannya untuk mendukung banyak usaha amal termasuk bekerja untuk membebaskan Fela Anikulapo Kuti.

Band dibubarkan pada 1986, melakukan reuni untuk satu pertunjukan yang menampilkan para anggota asli pada 24 Desember 2004. Saat ini, para anggota memfilmkan documenter, yang diikutkan dengan pertunjukan 2 Februari 2008 di acara punk The Treehous di Lawrence, Georgia.

Setelah Neon Christ bubar, DuVall secara singkat menjadi gitaris kedua di band hardcore punk California Utara B’last, berkontribusi sedikit penulisan lagu untuk album kedua mereka, It’s In My Blood, dirilis di label hardcorepunk-alternative SST Records, didirikan oleg Greg Ginn dari band hardcore punk Black Flag. Namun, DuVall tidak bertahan dengan band cukup lama untuk merekam album itu.

Pada 1987, DuVall membentuk the Final Offering dengan vokalis Randy Gue (mantan roadie Neon Christ), bassis Corrosion of Conformity Mike Dean dan drummer Greg Psomas. Namun, kebiasaan heroin Psomas menghalangi mereka untuk bekerja secara konsisten. Dean kembali bekerja dengan Corrosion of Conformity; Psomas meninggal karena overdosis pada 1994.

DuVall menghabiskan akhir 1980an dengan band yang terinspirasi Jimi Hendrix, No Walls. Para anggota lain dari band ini adalah bassis jazz Hank Schroy dan drummer Matthew Cowley. Mereka merilis satu album pada 1992. Dia juga menghabiskan akhir 1980an di kampus dengan mendapatkan gelar dalam filosofi, dengan spesialisasi dalam agama.

Pada 1994, DuVall ikut menulis lagu “I Know” untuk sesama musisi Atlanta niominator Grammy Dionne Farris; lagu ini memenangkan DuVall sebuah penghargaan ASCAP.


Pada akhir 90an, DuVall mendirikan band Madfly dengan Nico Constantine, Bevan Davies dan Jeffery Blount. Dia bertindak sebagai gitaris, penyanyi dan penulis lagu. Hasil mereka termasuk dua album, Get the Silver dan White Hot in the Black, yang pertama dirilis di Killing Floor Recordings, yang terakhir melalui Blackheart Records dan didistribusikan secara nasional oleh Mercury Records/Polygram.


Pada 1999 DuVall, Bevan dan Nico segera mendirikan Comes With The Fall, menambahkan Adam Stanger sebagai bassis. CWTF merilis CD pertama mereka Comes with the Fall pada 2000, dan cd kedua mereka The Year is One pada 2001. CWTF mulai melakukan tur baik sebagai band pembuka dan sebagai bagian dari band solo milik Jerry Cantrell untuk tur Degradation Trip milik Cantrell pada 2001 dan 2002. Rilisan selanjutnya: cd Live 2002, penyertaan untuk DVD Live Undergorund 2002 mereka; ep The Reckoning pada 2006 dan cd Beyond the Last Light pada 2007. Katalog keseluruhan milik CWTF dihasilkan oleh label DVL Recordings milik DuVall.


Secara cepat menjadi andalan Cantrell, DuVall dan kolaborasi musik Cantrell membawa DuVall bergabung dengan band milik Cantrell Alice in Chains, menggantikan Layne Staley, yang meninggal pada 2002.

Awalnya, Cantrell dan anggota veteran lain dari Alice in Chains mengatakan reuni ini tidak diperlukan untuk menentukan masa depan band dan bahwa ini hanya sebuah penghormatan untuk Staley dan penggemar mereka. Drummer Sean Kinney mengatakan lebih jauh, pada saat itu dia ingin merubah nama dan menambahkan, “Saya tidak melihat kelanjutan ini sebagai Alice dan menggantikan seseorang.” DuVall mengekepresikan perasaan serupa berkenaan dengan tugas untuk mengisi tempat Staley. Namun, Alice in Chains yang terbentuk kembali mendapatkan antusiasme dari para penggemar mereka untuk meyakinkan mereka untuk tetap menggunakan nama itu. DuVall mengatakan sudah bertemu keluarga Staley, yang semuanya memberikan band restu mereka. Pada 2007, Alice in Chains mulai melakukan tur dengan Velvet Revolver dan Kill Hannah. Tur ReEvolution adalah dua bagian. Yang pertama bertempat di banyak kota Eropa dan AS bagian timur. Bagian kedua, yang juga disebut sebagai “The Libertad Tour”, secara garis besar adalah tur lintas negara bagian yang melebar ke tiga kota di Canada. Untuk pertamakalinya dalam 15 tahun Alice in Chains melakukan tur Australia sebagai penampil utama kedua setelah Nine Inch Nails di Soundwave Festival. Secara pribadi, ini adalah kunjungan pertama DuVall ke Australia. Hal ini sudah diiklankan di situs Alice in Chains resmi bahwa band – kini dengan DuVall secara resmi sebagai penyanyi utama – mengerjakan materi baru dengan sebuah album, kini dikenal sebagai Black Gives Way to Blue, dirilis pada 29 September 2009.

Pada 2008 dia menampilkan tugas vokal dengan MC5/DTK di the Meltdown Festival yang dikerjakan oleh Massive Attack.

Pada 2011, Alice in Chains mengambil libur setelah melakukan tur lebih dari 30 negara dan berkabung karena kematian pemain bass asli mereka Mike Starr, menurut penggantinya Mike Inez. Namun, DuVall menyatakan bahwa ada sebuah kemungkinan album lainnya di masa depan, berkomentar, “Hal yang sangat terbuka untuk mengatakan bahwa anda tidak datang hingga sejauh ini dan mengerjakan semua ini hanya untuk berhenti untuk 15 tahun berikutnya.” Pada Maret, diumumkan bahwa Alice in Chains akan mulai mengerjakan sebuah album baru pada akhir 2011. Pada Mei 2013, album The Devil Put Dinosaurs Here dirilis.

Sementara itu, DuVall sudah bereuni dengan mantan rekan bandnya di Neon Christ untuk membuat sebuah film documenter berjudul All Alone Together: Neon Christ and Atlanta Hardcore, dimana dia mengatakan bahwa sutradara Edgar Johnson sudah menghubunginya kembali pada 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...