Laman

Selasa, 13 September 2016

NEIL PEART




Dilahirkan dengan nama Neil Ellwood Peart pada 12 September 1952 di Hamilton, Ontario, Kanada. Orangtuanya adalah Glen dan Betty Peart dan menjalani kehidupan awalnya di pertanian keluarganya di Hagersville, di luar kota Hamilton. Anak pertama dari 4 bersaudara, adik laki-lakinya Danny dan adik perempuannya Judy dan Nancy lahir setelah keluarganya pindah ke St. Catharines saat Peart berusia 2 tahun. Pada saat ini, ayahnya menjadi manajer bagian untuk Dalziel Equipment sebuah penyalur mesin pertanian Port Dalhousie International Harvester. Pada 1956 keluarga itu pindah ke wilayah kota Port Dalhousie. Peart bersekolah di Gracefield School dan kemudian Lakeport Secondary School, dan menggambarkan masa kecilnya sebagai sebuah kebahagiaan dan dia memiliki kehidupan keluarga yang hangat.

Orangtuanya membelikannya perangkat drum untuk ulang tahunnya yang ke 14 dan mulai mengambil les drum dari Don George di Peninsula Conservatory of Music. Debut manggungnya berlangsung tahun itu di acara Natal sekolah di St. Johns Anglican Church Hall di Port Dalhousie. Penampilan berikutnya adalah di Lakeport High School dengan grup pertamanya, The Eternal Triangle. Penampilan ini berisi lagu aslinya berjudul “LSD Forever”. Pada penampilan ini dia melakukan solo drum pertamanya.


Pada usia 18 tahun, setelah berjuang untuk memperoleh kesuksesan sebagai pemain drum di Kanada, Peart bertolak ke London, Inggris berharap untuk makin menaikkan karirnya sebagai musisi professional. Meskipun bermain di beberapa band dan mendapatkan pekerjaan sesi tetap, dia juga bekerja dengan menjual cendera mata kepada turis di took bernama The Great Frog di Carnaby Street.

Setelah 18 bulan mengalami kesulitan mencari gig musik, dan tidak mengalami kemajuan dalam bisnis musiknya, Peart menunda angan-angannya untuk menjadi musisi professional dan kembali ke Kanada. Kembali ke St. Catharines, dia bekerja di bagian penjualan traktor milik ayahnya di Dalziel Equipment.

Setelah kembali ke Kanada, Peart direkrut untuk bermain drum untuk band St. Catharines Hush, yang bermain di bar South Ontario. Tak lama, beberapa teman meyakinkan Peart untuk mengikuti audisi bagi band asal Toronto Rush, yang memerlukan pengganti untuk pemain drum orisinilnya John Rutsey. Geddy Lee dan Alex Lifeson menghadiri audisi tersebut. Setelah melakukan diskusi, Lee dan Lifeson menerima teknik drum Inggrisnya yang bagus, mengingatkan pada Keith Moon dari The Who.

Peart secara resmi bergabung dengan band pada 29 Juli 1974, 2 minggu sebelum tur pertama band di AS. Peart menggunakan perangkat drum Slingerland berwarna perak saat dia bermain di gig pertamanya dengan band, menjadi band pembuka bagi Uriah Heep dan Manfred Mann di hadapan lebih dari 11.000 orang di Civic Arena, Pittsburgh, Pennsylvania pada 14 Agustus 1974.

Pada 10 Agustus 1997, setelah menyelesaikan Test for Echo Tour pada 4 Juli 1997, putri pertama Peart dan anak satu-satunya yang berusia 19 tahun Selena Taylor, tewas dalam kecelakaan mobil di Highway 401 dekat kota Brighton, Ontario. Istrinya selama 22 tahun yang pengacara Jacqueline, meninggal karena kanker 10 bulan kemudian pada 20 Juni 1998. Peart melakukan perjalan panjang melintasi Amerika Utara dan Tengah dengan sepeda motornya, merengkuh jarak 88.000 km. Setelah perjalanannya, Peart memutuskan untuk kembali ke band. Peart menulis buku sebagai sebuah rangkaian dari perjalanan geografikal dan emosionalnya.

Keahlian permainan drum Peart mendapat pengakuan dari penggemar, sesame musisi, dan wartawan musik. Pengaruhnya sangat beragam, dari Peter Thomas, John Bonham, Michael Giles, Ginger Baker, Phil Collins, Steve Gadd, Stewart Copeland, Michael Shrieve dan Keith Moon, ke pemain drum fusion dan jazz Billy Cobham, Buddy Rich, Bill Bruford dan Gene Krupa. The Who adalah grup pertama yang menginspirasinya untuk menulis lagu dan memainkan drum.

Bersama dengan rekan satu bandya Lee dan Lifeson, Peart diberi gelar Officer of the Order of Canada pada 9 Mei 1996. Trio ini adalah band rock pertama yang diberi kehormatan sebagai grup. Peart dilantik ke dalam Canadian Songwriter Hall of Fame bersama dengan rekan seband Lifeson dan Lee. Pada 18 April 2013, Rush dilantik ke dalam Rock And Roll Hall Of Fame.

Neil Peart meninggal dunia pada tanggal 7 Januari 2020 karena penyakit kanker otak yang langka dan mematikan, berjenis glioblastoma yang sudah ia idap sejak 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...