Laman

Rabu, 21 September 2016

JOHN PANOZZO




Dilahirkan dengan nama John Anthony Panozzo pada 20 September 1948 di Chicago, Illinois, adalah seorang drummer Amerika yang dikenal untuk karyanya dengan band Styx.

Panozzo tumbuh di lingkungan Roseland, sisi selatan dari Chicago, Illinois, dengan saudara kembarnya, Chuck (lahir berbeda 90 menit). Pada usia 7 tahun, saudara kembar itu mengambil pelajaran musik fari paman mereka dimana John tertarik dengan drum dan perkusi. Mereka belajar di sebuah sekolah Katolik dan akhirnya mereka menjadi bagian dari sebuah band akordion bernaggotakan 3 orang dimana John memainkan drum dan Chuck memainkan gitar. Mereka bermain di acara pernikahan pada usia 12 tahun dan masing-masing dibayar sebesar $15.


Kemudian, pada 1961, John, Chuck, dan tetangga mereka, Dennis DeYoung, membentuk sebuah band bernama the Tradewinds dimana John memainkan drum, Chuck memainkan gitar, dan Dennis memainkan akordeon dan menyanyi. Mereka bermain di acara rock lokal di bar-bar dan mulai mendapatkan popularitas sebagai sebuah band garasi di wilayah selatan. Pada 1968, Chuck beralih ke bass dan mereka menambahkan gitaris/vokalis James “J.Y.” Young dan John Curulewski, merubah nama mereka menjadi TW4. Band teken kontrak dengan Wooden Nickel Records dan merubah nama mereka menjadi Styx.

Tahun-tahun minum berat mulai berakibat pada livernya. Di pertengahan 1990an, Saat Styx akan melakukan tur pertamanya dengan barisan klasik sejak 1983, John sakit parah dan mulai menderita cirrhosis dari liver itu, akhirnya meninggal karena gastrointestinal; dia berusia 47 tahun saat itu.

Band mendedikasikan tur Return to Paradise 1996 mereka untuknya, dan Tommy Shaw, yang menggantikan Curulewski, menulis lagu “Dear John” sebagai penghormatan terakhir band untuk drummer dan teman mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...