Laman

Minggu, 11 September 2016

DANNY HUTTON




Dilahirkan dengan nama Daniel Hutton pada 10 September 1942 di Buncrana, Donegal, Irlandia. Dia dikenal sebagai salah seorang dari tiga vokalis di band Three Dog Night. Hutton adalah ayah dari Dash Hutton, pemain drum band rock asal Amerika Haim.

Three Dog Night berdasarkan kemampuan vokal dari Danny Hutton, Chuck Negron dan Cory Wells. Pada 1967, Hutton mendapatkan ide dari grup dengan tiga vokalis, dan dia dan Wells mencantumkan teman sejawat Negron. Komentar resmi ada dalam CD Celebrate: The Three Dog Night Story, 1965-1975 menyatakan bahwa pacar vokalis Hutton, June Faitchild menyarankan nama setelah membaca sebuah artikel majalah tentang indigenous Australia, dimana dijelaskan pada suatu malam yang dingin mereka biasanya akan tidur dalam sebuah lubang dalam tanah sambil memeluk seekor dingo, spesies sejenis anjing liar. Di malam yang lebih dingin mereka akan tidu dengan dua ekor anjing dan jika malam membeku, itu adalah sebuah “three dog night”.


Hit Top Ten pertama mereka adalah “One”, pada 1969, sedangkan “Mama Told Me (Not to Come)”, mencapai No. 1 setahun kemudian. “Joy to the World” menjadi hit terbesar grup itu pada 1971, dan lagu No. 1 terakhir mereka, “Black and White”, pada 1972; dan lagu Top Ten terakhir mereka pada 1974, “The Show Must Go On”. Mereka memilik 21 single hit, termasuk 11 hit Top Ten, juga 12 album emas secara berurutan, dari 1969 hingga 1975. Steve Huey dari Allmusic menulis, 

Disaat sering dikritik sebagai komersil, band menonjol untuk aransemen dan interpretasi kreatif, dan pilihan cover mereka memberi paparan untuk Harry Nilsson, Laura Nyro, Randy Newman, Hoyt Axton, Russ Ballard dan Leo Sayer. Musisi pendukung mereka termasuk gitaris Mike Allsup, kibordis Jimmy Greenspoon, bassis Joe Schermie dan drummer Floyd Sneed.

Pada 1976 lagu-lagu hit berhenti, terdapat beberapa perubahan anggota (Coming Down Your Way hanya menghasilkan satu hot Top 40 dan American Pastime gagal menghasilkan single yang masuk tangga lagu), Negron menjadi vokalis utama dari banyak lagu merela dan Hutton meninggalkan grup; Three Dog Night secara resmi dibubarkan pada 1977. Three Dog Night, sebuah band ABC Dunhill Records dimanajeri oleh Reb Foster and Associates dari Beverly Hills dan konser band dipromotori oleh Concerts West. Band kembalio bersama pada awal 1980an, dan Three Dog Night berlanjut hingga kini dengan Hutton dan Wells dan para anggota pendiri Micahel Allsup dan Jimmy Greenspoon.


Sebelum formasi dari Three Dog Night, Hutton berada di #73 di Billboard Hot 100 dengan “Roses and Rainbows” pada 1965, selama jabatannya sebagai artis rekaman untuk Hanna-Barbera Records. Hutton juga menyanyi dengan power trio BBA di album mereka yang dirilis oleh Epic pada 1973.

Setelah Three Dog Night bubar, Hutton menjadi manajer band punk rock, termasuk Fear. Dia juga menjadi frontman Danny Hutton Hitters, yang meng-cover lagu milik Nik Kershaw “Wouldn’t It Be Good” yang muncul di soundtrack untuk filem rilisan 1986 Pretty in Pink.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...