Laman

Minggu, 11 September 2016

JOE PERRY




Dilahirkan dengan nama Anthony Joseph Perry pada 10 September 1950 di Lawrence, Massachusetts, AS. Keluarga Joe dari pihak ayah adalah Portugis, aslinya berasal dari Madeira. Kakenya merubah nama keluarga dari Pereira ke Perry saat tiba di AS. Keluarga Joe dari pihak ibu adalah Italia, berasal dari Neapolitan.

Dia tumbuh di sebuah kota kecil Hopedale, Massachusetts. Disana, ayahnya adalah seorang akuntan dan ibunya adalah guru olahraga di SMA dan kemudian menjadi instruktur aerobik. Dia kemudian pensiun ke Arizona dan ayah Joe meninggal pada 1975. Joe juga bersekolah di prep school Vermon Academy, sebuah sekolah yang mempunyai murid sebanyak 232 orang di Saxtons River, Vermont.

Musik awal yang mempengaruhi Joe adalah The Beatles, saat Joe menyaksikan The Beatles tampil di acara The Ed Sullivan Show.


Pada awalnya Joe membentuk sebuah band dengan Tom Hamilton bernama The Jam Band. Steven Tyler, Joe, Tom, Brad Whitford dan Joey Kramer akhirnya bergbaung dan band itu menjadiAerosmith. Walaupun awalnya dianggap sebagi tiruan Rolling Stones, band ini menjadi diri mereka sendiri selama pertengahan 1970-an dengan serangkain rekaman terkenal. Album yang sukses antara lain Toys in the Attic (1975) dan Rocks (1976). Grup ini juga menghasilkan single-singel hit di radio dengan lagu-lagu seperti “Dream On”, “Same Old Song and Dance”, “Sweet Emotion”, “Walk This Way”, “Back in the Saddle”, dan “Last Child”.

Selama masa-masa itu, Joe dan vokalis Steven Tyler menjadi terkenal sebagai “Toxic Twins” untuk gaya hidup pesta pora dan penggunaan obat bius mereka. Penonton Aerosmith mendapat julukan “The Blue Army”, yang diberikan oleh band setelah melihat sejumlah penonton remaja menggunakan jaket denim biru dan blue jean. Para penonton tersebut biasanya adalah pria berambut panjang.

Pada 1979, Aersomith menjadi penampil utama diatas Van Halen, Ted Nugent, AC/DC dan Foreigner selama konser festival musik dunia. Sebuah cekcok di belakang panggung di Cleveland yang berakibat istri Joe melemparkan sebuah gelas susu ke istri Tom Hamilton. Setelah argumen yang panas antara Tyler dan Joe, Joe keluar dari Aerosmith melalui rekaman album Night in the Ruts, dengan sisa permainan gitarnya dimainkan oleh gitaris sementara. Joe mengumpulkan koleksi materi miliknya yang belum direkam, yang kemudian menjadi dasar album solonya Let the Music Do the Talking, dirilis pada 1980. Album ini terjual sebanyak 250.000 kopi. Dibantu oleh label rekaman baru (MCA Records) dasn 3 orang anggota band baru dalam penyanyi Mach Bell, bassis Danny Hargrove dan pemain drum Joe Pet, The Joe Perry Project merilis album I’ve Got the Rock ‘n’ Rolls Again (1981) dan One A Rocker, Always a Rocker (1983). Kedua album ini hanya terjual sebanyak 40.000 kopi.

Pada Februari 1984, baik Joe dan Whitford bertemu dengan rekan seband lama mereka di Aerosmith, yang membuat mereka bergabung lagi dengan band 2 bulan kemudian. Aerosmith teken kontrak baru dengan Geffen Records (yang kemudian dijual kepada MCA pada 1990, menghilangkan label MCA 13 tahun kemudian). Saat Joe bergabung kembali dengan Aerosmith, dia membawa serta manajernya Tim Collins untuk menjadi manajer band. Collins membantu mengatur kesuksesan Aerosmith pada beberapa dekade berikutnya.


Sejak 2015, Perry sudah bekerja dengan Alice Cooper dan Johnny Depp di proyek sampingan Hollywood Vampires, yang merilia album debut mereka pada September 2015 dan tampil di the 58th Grammy Awards pada 15 Februari 2016. Musim panas 2016, band ini meluncurkan tur konser musim panas Amerika Utara, ditemani oleh drumer Matt Sorum dan bassis Robert DeLeo.

Perry menikah dengan Elyssa Jerret dari 1975 hingga 1982 dan bersama mereka memiliki seorang putra, Adrian. Perry kini menikah dengan Billie Paulette Montgomery. Mereka menikah pada 1985 setelah bertemu di tempat pembuatan video “Black Velvet Pants” milik Perry pada 1983. Billie muncul pada salah satu gitar milik Perry, yang diberi nama “The Billie Perry Guitar”. Mereka memiliki dua orang putra, Tony dan Roman, sedangkan Billie memiliki putra lainnya dari hubungan sebelumnya bernama Aaron. Adrian dan Tony Perry adalah anggota pendiri dari grup rock Dead Boots.

Saat ini Perry tinggal di Sleepy Hollow Farm di South Pomfret, Vermont dimana dia memelihara kuda Friesian. Dia juga memiliki sebuah rumah yang jarang dia diami di Duxbury, Massachusetts.

Perry saat ini memiliki koleksi sekitar 600 gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...