Laman

Sabtu, 17 September 2016

KENNEY JONES




Dilahirkan dengan nama Kenneth Thomas Jones pada 16 September 1948 di Stepney, London, Inggris. 

Sebelumnya ada di sebuah band dengan Ronnie Lane, Jones adalah salah satu anggota pendiri dari the Small Faces. Aktif dari 1965 hingga 1969, Small Faces adalah bagian dari revolusi Mod pada 1960an. Hit mereka termasuk “All or Nothing”, “Sha-La-La-La-Lee”, “Itchycoo Park” dan “Tin Soldier”. Small Faces disebut sebagai pengaruh besar pada para musisi untuk 35 tahun yang lewat, termasuk Paul Weller dan Noel Gallagher.


Pada 2007, Small Faces diberi kehormatan oleh Westminster Council dengan sebuah plakat kehormatan yang ditempatkan di kantor milik Don Arden di Carnaby Street, “spiritual home” milik band. Jones sendiri yang menerima plakat itu. Dalam sebuah wawancara BBC Jones mengatakan: “Untuk menghormati the Small Faces setelah tahun-tahun yang lewat adalah sebauh pencapaian yang hebat. Saya hanya berharap bahwa Steve Marriott, Ronnie Lane dan Don Arden ada disini untuk menikmati saat ini dengan saya”. Sejak kematian dari Ian McLagan pada Desember 2014, Jones adalah satu-satunya anggota yang tersisa dari Small Faces.

Pada 2004 The Observer mencantumkan rilisan 1968 milik Small Faces, Ogdens’ Nut Gone Flake sebagai salah satu “top British albums of all time”.


Setelah kepergian penyanyi utama/gitaris Steve Marriott pada1969, grup merekrut penyanyi Rod Stewart dan gitaris Ronnie Wood untuk menggantikan Marriott. Keduanya adalah mantan the Jeff Beck Group. Band mengganti namanya menjadi the Faces, karena nama asli berhubungan dengan status dari para anggotanya, dan Stewart dan Wood tidak sesuai dengan deskripsi itu. Jones bertahan dengan band hingga dibuabrkan pada akhir 1975, merekam empat studio dan sebuah album live dengan mereka.


Pada Nopember 1978, Jones diundang oleh Pete Townshend dan manajer Bill Curbishley untuk bergabung dengan the Who, menggantikan drummer asli mereka Keith Moon, yang meninggal pada 7 September 1978 karena overdosis Heminevrin pada usia 32 tahun. Dia diundang, karena band sudah berteman dengan dia dari masa-masanya di Small Faces (dia dan Moon berteman dan bersama di malam terakhir dari kehidupan Moon pada 1978, sebagai bagian dari menyaksikan pesta yang diadakan oleh Paul McCartney, untuk The Buddy Holly Story), dank arena dia sudah bermain dengan Townshend, Roger Daltery dan John Entwistle di soundtrack Tommy. Dia bermain di album Face Dances dan It’s Hard dan juga bermain di soundtrack untuk film milik Daltrey, McVicar, juga pada tur milik band dari 1979 hingga 1982. Jones bermain dengan band di Live Aid pada 1985. Pemunculan terakhir Jones sebagai anggota rutin dari the Who adalah saat grup menerima lifetime achievement award di acara penghargaan British Phonographic Industry pada 1988. Dia sering berselisih dengan Daltrey, yang merasa gaya permainan drum Jones tidak tepat untuk band. Jones digantikan oleh Simon Phillips untuk tur reuni the Who pada 1989. Pada April 2011 edisi khusus dari majalah Uncut, Townshend mengatakan bahwa Jones adalah pilihan bagus untuk band.

Kenney melakukan reuni dengan the Who pada 14 Juni 2014 di konser amal Rock n Horsepower di Hurtwood Polo Club miliknya. Band tampil di sebuah acara oleh Jones untuk membantu Prostate Cancer UK, sebuah organisasi yang mempromosikan kepedulian penyakit itu yang diderita Jones. Ini adalah pertama kali bahwa dia muncul diatas panggung dengan Townsend dan Daltrey sejak 1988. Berbagi panggung adalah musisi sejawat seperti Jeff Beck, Procol Harum, dan Mike Rutherford. 


Jones membuat rekanan dengan mantan penyanyi Free dan Bad Company Paul Rodgers pada awal 1990-an, membentuk sebuah band bernama the Law.

Pada 2001, Jones membentuk sebuah band baru; selama beberapa bulan, lineup band ini terdiri dari Rick Wills dan Robert Hart, dengan nama The Jones Gang. Pada 2005, The Jones Gang merilis album debut mereka, Any Day Now.


Jones menjadi pemain dram tamu di banyak sesi rekaman, antara lain muncul di album-album milik Rod Stewart, the Rolling Stones, Ronnie Wood, Roger Daltrey, Andy Fairweather-Low, Joan Armatrading, Keith Moon, Marsha Hunt, Mike Batt, Pete Townshend, Chuck Berry, Jerry Lee Lewis, David Essex, John Lodge, dan Wings, dia juga tampil dengan Status Quo di Top of the Tops, membawakan single hit mereka di 1986, “Red Sky”.

Diluar musik, Jones merupakan penggemar berat polo. Dia menjadi pemain polo terlatih dan pemilik dari Hurtwood Park Polo Club, di Ewhurst, Surrey.

Sebagai anggota Small Faces dan untuk mengenang mendiang koleganya Steve Marriot dan Ronnie Lane, Jones mendirikan badan amal untuk anak-anak, ‘Small Faces Charitable Trust’, pada 1999.

Jones adalah pendukung Conservative Party, dan merekam sebuah lagu berjudul “Mr. Brown” ditulis oleh Robert Hart, yang mengkritik kebijakan pajak dari Chancellor of Exchequer Gordon Brown. Dia juga mendukung Countryside Alliance, sebuah organisasi yang mempromosikan isu-isu umum seperti perburuan rubah.

Jones dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2012 sebagai anggota dari the Small Faces/the Faces.

Jones memiliki enam orang anak: Dylan (1972), Jesse (1977), Casey (1987), Jay (1989), Cody (1994) dan Erin (1997).

Dia menikahi mantan model Jayne Andrew, ibu dari empat anak terakhirnya. Orangtuanya adalah Samuel (meninggal 1996) dan Violet Jones (meninggal pada September 2013). Violet tinggal di Stepney, East London, hingga kematiannya. Kenney Jones saat ini tinggal di Ewhurst, Surrey, Inggris, dengan keluarganya.

Jones didiagnosa dengan kanker prostat pada September 2013, tapi dia sudah bisa mengatasi penyakit itu karena beberapa “magic beads”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...