Laman

Senin, 12 September 2016

BOB CATLEY




Dilahirkan dengan nama Robert Adrian Catley pada 11 September 1947 di Aldershot, Inggris. Keluarganya pindah ke Tiles Cross wilayah Birmingham saat dia masih muda. Dia bersekolah di Central Grammar School dan pergi untuk menjadi murid di GPO sebelum memutuskan berkarir di musik tak lama setelah bertemu dengan orang yang mempunyai cita-cita sama. Saat itu dia bergabung dengan beberapa band, seperti The Smokestacks (yang juga berisi drummer Kex Gorin, Life and Clearwater). Band professional pertamanya adalah saat dia bergabung dengan band local The Capitol Systems. Lineup awalnya adalah Bob Catley (vocals), Paul Sargent (guitar), Paul Whitehouse (bass), Dave Bailey (kibord) dan Bob Moore (drums). Tak lama kemudian mereka merubah nama menjadi Paradox.

Dibentuk pada 1972, Magnum mengalami beberapa perubahan personil selama bertahun-tahun, namum anggota inti adalah vokalis Bob Catley dan gitaris/penulis lagu bertahan hingga saat ini.


Magnum mulai membangun gaya mereka sendiri dengan memainkan lagu karya Clarkin di The Railway Inn, di Birmingham’s Curzon Street, pada 1976. Bergabung dengan Clarkin dan Catley adalah drummer Kex Gorin dan bassis Dave Morgan (kemudian menjadi anggota ELO). Kesuksesan puncaj mereka adalah saat Jeff Glixman memproduseri Chase The Dragon (1982) yang mencapai No. 17 di UK, dan berisi beberapa lagu yang menjadi daftar lagu yang sering dibawakan oleh band, yakni “Soldier of The Line”, “Sacred Hour” dan “The Spirit”.

Album terobosan mereka datang di 1985 dengan On A Storyteller’s Night yang menampilkan single “Just Like An Arrow”. Sukses ini berlanjut pada tahun berikut dengan Roger Taylor memproduseri Vigilante pada 1986, album top 5 Wings of Heaven di 1988, dan album Goodnight L.A. dengan produser Keith Olsen yang mencapai No. 9 di UK album chart pada 1990.

Pada musim panas 1995 Tony Clarkin mengumumkan bahwa Magnum bubar setelah farewell tour di UK dan Eropa.


Setelah Magnum bubar, sebuah grup spin-off yang berisi Catley dan Clarkin dibentuk bernama Hard Rain, dan mereka merilis album Hard Rain dan When The Good Times Come. Di masa inilah Catley merintis karir solonya dengan menggunakan beragam penulis lagu, termasuk Gary Hughes dari band Ten. Namun, Hard Rain susah mendapatkan gig, dan ada diskusi tentang memberi nama band sebagai Magnum. Juga, Catley makin menfokuskan pada karir solonya, dan dia keluar dari Hard Rain, menandakan akhir kerjasamanya dengan Clarkin sejak 1972. Setelah beberapa lama Clarkin mengumumkan akhir dari Hard Rain.

Pada 2001 Magnum mengadakan reuni dan Magnum meluncurkan album Breath of Life pada 2002 melalui SPV. Mereka didukung lagi oleh Stanway, dengan mantan bassis Hard Rain Al Barrow dan mantan drummer Thunder Harry James. Album ini diikuti oleh Brand New Morning poda 2004.

Magnum melengkapi mengerjakan album studio baru, Princess Alice And The Broken Arrow yang dirilis pada 26 Maret 2007. Album ini masuk UK Album Charts pada No. 70. Juga mencapai No. 4 di BBC Rock Album Charts dan No. 60 di Jerman, pasar terbesar band diluar UK dan Skandinavia.

Meskipun sibuk dengan jadwal tur dan rekaman dengan Magnum pada saat ini, Catley menemukan waktu untuk melakukan karir solo. Dia pertama didekati oleh Gary Hughes (frontman dari band rock Ten) pada 1998 untuk menulis sebuah album solo. Bob bersatu dengan Gary yang menulis semua lagu di The Tower (juga menjadi produser dan memainkan bass dan kibord). The Tower ditulis dengan gaya Magnum klasik yang mempertemukan gaya On A Storyteller’s Night bertemu gaya AOR Wings of Heaven dengan produksi rock melodic 90an. The Tower dirilis pada 1998 dan mendapatkan pengakuan kritis.

Bob membuat pemunculan solo debutnya di The Gods ’98, menampilkan sebuah pertunjukan yang menampilkan lagu-lagu The Tower juga lagu-lagu klasik Magnum. Live at The Gods dirilis pada Januari 1999 dan menampilkan daftar lagu penuh yang ditampilkan hari itu. Band pendukung Bob untuk konser itu terdiri dari rekan label Canad Emerald Rain dengan Vinny Burns (Ten) pada gitar utama dan Paul Hodson (Hard Rain) pada kibord. Bob dan Emerald Rain melakukan tur UK yang sukses.

Bob merilis album keduanya Legends pada 1999 dan album ketiga Middle Earth pada 2001. Kemudian When Empires Burn pada 2003, Spirit of Man pada 2006.

Bob juga salah satu dari banyak penyanyi yang terlibat dengan proyek power metal Avantasia, yang diciptakan oleh frontman Edguy Tobias Sammet. Bob tampil di hampir semua album Avantasia, dari The Metal Opera hingga the Wicked Trilogy sampai dengan album The Mystery of Time. Dia juga menjadi bagian di tur dunia Avantasia pada 2008, 2010 dan 2013. Dia terlihat dalam DVD dari tur pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...