Laman

Selasa, 06 September 2016

DWEEZIL ZAPPA




Dilahirkan pada 5 September 1969 dengan nama Ian Donald Calvin Euclid Zappa di Los Angeles, California, AS, putra musisi Frank Zappa dan Gail Zappa, yang bekerja sebegai pengusaha. Dia merupakan anak kedua dari 4 bersaudara: kakak perempuannya, Moon, adik perempuannya Diva dan adik laki-lakinya Ahmet. Dia merupakan sepupu dari aktris Lala Sloatman. Ayah Dweezil adalah keturunan Sisilia, Yunani, Arab dan Perancis, dan ibunya adalah keturunan Perancis, Irlandia dan Denmark. 


Nama lahir yang terdaftar milik Dweezil adalah Ian Donald Calvin Euclid Zappa. Rumah sakit tempat dimana dia lahir menolah untuk mendaftarkannya dengan nama Dweezil, maka Frank mencantumkan beberapa nama teman musisinya. "Dweezil" adalah nama panggilan yang diberikan melalui tos koin. Pada usia 5 tahun, Dweezil mengetahui bahwa nama resminya berbeda, dan dia bersikeras bahwa nama panggilannya menjadi nama resminya. Gail dan Frank menyewa seorang penyewa seorang jaksa dan akhirnya nama Dweezil menjadi resmi.


Pada 1980an, Zappa bekerja sebagai MTV VJ dan dipecat setelah berbicara kotor pada MTV di acara The Howard Stern Show. Dia juga merekam beberapa album solo, juga bermain untuk artis lain. Zappa dapat didengar memainkan gitar utama di "Wipe Out" milik Fat Boys (1987) dan dapat dilihat di video musik untuk lagu top 40 milik Don Johnson, "Heartbeat". Dia juga memainkan gitar utama (bersama dengan Reb Beach) di cover milik Winger dari "Purple Haze" milik Jimi Hendrix. Dia juga memiliki bagian di film futuristik milik Arnold Schwarzenegger, The Running Man sebagai Stevie ("Don't touch that dial!"0, dan memberikan peran cameo terkenalnya di film Brat Pack milik John Hughes, Pretty in Pink (dibintangi Molly Ringwald), sebagai teman Andie, Simon.


Sejak awal 1990an, Zappa sudah mengerjakan musik bernama "What the Hell Was I Thinking?", musik berdurasi 75 menit menampilkan solo gitar oleh sejumlah pemain gitar terkenal. Proyek ini mengalami sejumlah kesulitan dan sudah dikerjakan ulang beberapa kali sejak 90an. Dweezil mengatakan pada September 2004: "Saya mulai melakukan rekaman dengan analog hampir 13 tahun lalu... Terdapat sekitar 35 pemain gitar tamu pada rekaman itu, mulai dari Brian May hingga Eddie Van Halen, Eric Johnson, Angus dan Malcolm Young - sebuah proyek yang agak gila. Saya masih menunggu dan berharap untuk merekam Jeff Beck dan Jimmy Page sebagai beberapa tamu terakhir saya pada rekaman itu.

Di pertengahan 1990an, Zappa mengisi suara karakter Ajax Duckman di seri animasi Duckman. Dia juga secara singkat muncul di sitkom televisi Normal Life dengan adiknya Moon Unit Zappa dan mantan bintang Laverne & Shirley Cindy Williams. Dia membuat dan memainkan tema musik untuk The Ben Stiller Show (solo dari "Break Like the Wind" milik Spinal Tap). Pada 1998, Zappa memainkan agen musik John Kaplan di komedi keluarga Warner Bros. Jack Frost. Pada 1999, Dweezil, bersama adiknya, Ahmet Zappa, membintangi di sebuah acara yang menampilkan para selebriti, band dan grup tari berjudul Happy Hour yang melakukan debut pada 3 April 1999 di USA Network. Acara itu bertahan untuk satu musim meskipun sukses karena masalah hak cipta karena judul acara itu.

Di album studio kesebelas "Weird Al" Yankovic pada 2003, Poodle Hat, Zappa menampilkan solo gitar pembuka dan meminjamkan bakat vokalnya untuk lagu, "Genius in France". Pada 2006, Zappa mengatur tur "Zappa Plays Zappa". Dia mengumpulkan sebuah band dari para musisi muda dengan sebuah pandangan untuk membawa musik Frank Zappa pada para pemerhati muda. Tur ini juga menampilkan pemunculan tamu oleh Steve Vai. Napoleon Murphy Brock dan Terry Bozzio. Tur ini dimulai di Eropa pada Mei dengan jadwal di AS dari Juni. Setelah beristirahat tur beralnjut di AS pada 18 Oktober 2006. Versi 2007 dari tur ini berlangsung dari Juli, selesai di Australia pada awal Desember, dan menampilkan Ray White sebagai tamu khusus. Pertunjukan berakhir dengan janji: "Terdapat banyak lagu yang ingin kami mainkan ... sampai bertemu tahun depan ...", dan tur selanjutnya diikuti setiap tahun sejak 2007. Pada 2009, Ray White meninggalkan Zappa Plays Zappa untuk sebuah alasan yang tidak terungkap.

Zappa meminjamkan suaranya untuk satu karakter dalam satu episode dari Metalocalypse di Adult Swim.

Pada 2016, Zappa melakukan tur untuk merayakan ulang tahun ke 50 dari rilisan album Freak Out! milik Frank Zappa. Tur ini berjudul "50 Years of Frank: Dweezil Zappa Plays Whatever F@%k He Wants - The Cease and Desist Tour".

Dari 1998 hingga 2004, Zappa berkencan dengan musisi Lisa Loeb. Zappa dan Loeb menulis dan menampilkan musik bersama, dan Zappa melakukan tur dengan band milik Loeb. Pasangan ini membawakan acara memasak Dweezil & Lisa di Food Network pada 2004.

Zappa menikah dengan penata busana Lauren Knudsen pada 3 September 2005 di Los Angeles. Mereka memiliki dua putri: Zola Frank Zappa (lahir 2006) dan Ceylon Indira Zappa (lahir 2008). Pada Maret 2010 Knudsen menuntut cerai di L.A. County Superior Court. Menurut dokumen, dia menyebut perbedaan yang tidak bisa disatukan dan menuntut untuk membagi perwalian kedua putri mereka. Pada Maret 2012, dengan kasus perceraian yang masih belum selesai, mantan pengacara Zappa membuat pernyataan pada publik dari biaya legalnya yang belum dibayar. Dweezil kemudian menikah dengan Megan Marsicano dalam sebuah acara pribadi di Los Angeles pada April 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...