Laman

Selasa, 20 September 2016

LITA FORD


Dilahirkan dengan nama Carmelita Rossana Ford pada 19 September 1958, dari ayah Inggris dan ibu Italia di London, Inggris. Saat dia berusia 4 tahun, keluarganya berimigrasi ke AS, menetap di Los Angeles. Dia mulai bermain gitar pada usia 11 tahun karena terinspirasi oleh Ritchie Blackmore, dan bergabung dengan band pertamanya saat remaja.

Pada usia 16 tahun, Lita ikut audisi sebagai bagian dari band rock wanita, The Runaways. Diproduseri oleh Kim Fowley, The Runaways adalah gabungan dari daya tarik seks remaja dan punk rock. Gitaris dan vokalis Joan Jett dan dumer Sandy West tertarik dengan bakat Lita, dan membuatnya menjadi gitaris utama grup. Penyanyi utama The Runaways adalah Cherie Currie, dan Jackie Fox memainkan bass. Band merilis album debut mereka pada 1976, yang mendapat beragam tanggapan dari dunia rock. Banyak kritik yang menganggap mereka sebagai "gadis-gadis liar" pada umumnya. Disamping itu, keberadaan band khusus wanita merupakan sebuah gebrakan, dan grup mendapat kesuksesan di Jepang.



Saat The Runaways bubar pada 1979, Lita mengambil pelajaran vokal dan bekerja di berbagai jenis pekerjaan, antara lain bekerja sebagai instruktur fitness dan penjual parfum. Dia tampil di blantika heavy metal lagi pada 1983 dengan album solonya Out for Blood, diikuti pada tahun berikutnya oleh Dancin' on the Edge. Sedikit yang didengar dari Ford pada beberapa tahun berikutnya, hingga album tersuksesnya hingga kini, Lita, dirilis pada 1988. Pada saat ini, pop-metal telah memasuki pendengar mainstream, dan ketenaran Lita juga menjulang. Diproduseri oleh Mike Chapman, sebuah album yang menampilkan hit pertama Lita, "Kiss Me Deadly." Dia mencatatkan singel Top 10 pertamanya dengan lagu balada "Close My Eyes Forever," sebuah duet dengan Ozzy Osbourne.




Kesuksesan Lita tidak bertahan lama, dan dia menghilang dari sorotan selama lebih dari 1 dekade. Akan tetapi, pada 2009 dia kembali dengan album studionya Wicked Wonderland. Tahun itu, Ford melakukan tur dengan band Queensryche. Pada 2010, sebuah film berdasarkan The Runaways dirilis, dengan aktris Scout Taylor-Compton berperan sebagai Ford. Dalam wawancara setelah penayangan film, Ford menyangkal kemungkinan reuni The Runaways.

Pada pertengahan 1980-an bertunangan dengan Tony Iommi. Kesuksesan Ford pada akhir 1980-an dirayakan dengan sebuah pernikahan dengan gitaris W.A.S.P., Chris Holmes. Pasangan itu bercerai 2 tahun kemudian. Pada 1994, Ford menikah dengan penyanyi Jim Gillette dari band Nitro. Pasangan itu memiliki 2 orang putra: James, lahir Mei 1997, dan Rocco, lahir pada Juni 2010. Keluarga itu pindah ke Turks and Caicos di Karibia, dimana Gillette memulai bisnis perumahan yang sukses. Selama beberapa dekade Lita mencurahkan perhatiannya pada keluarganya, mengajar dan mengantar anak-anaknya ke sekolah.

Pada awal 2011, Lita dan suaminya bercerai setelah 16 tahun menjalani pernikahan. Menurut Ford, Perceraiannya menjadi inspirasi album barunya, Living Like a Runaway- yang dirilis pada 19 Juni 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...