Laman

Rabu, 14 September 2016

TIM "RIPPER" OWENS




Dilahirkan dengan nama Timothy S. Owens di Akron, Ohio, AS, pada 13 September 1967. Dia lulus dari Kenmore Highschool pada 1985.

Dia memulai karir musiknya sebagai penyanyi untuk Brainicide, sebuah band thrash metal yang berbasis di kota asalnya Akron, Ohio. Namun, band ini bubar tak lama setelah merekam sebuah demo tape berjudul "Damage Daze" pada 1990. Sebelum bergabung dengan Judas Priest pada 1996, dia menjadi vokalis sebuah band bernama Winter's Bane, dimana dia merekam sebuah album berjudul Heart of a Killer pada 1993. Dia mulai aktif berperan sebagai vokalis dari band tribute Judas Priest bernama British Steel, diambil dari nama album Judas Priest, walaupun band Winter's Bane dan British Steel adalah sama. Band ini sering membuka shoe mereka sebagai Winter's Bane untuk memperkenalkan pada pengunjung kepada materi orisinilnya. Setelah menyelesaikan lagu-lagu orisinil mereka, mereka akan beristirahat dan kemudian mengganti pakaian mereka agar mirip dengan Judas Priest.


Dia menjadi berita utama pada 1996 saat dia menjadi penggemar band metal Judas Priest dan menjadi penyanyi utama mereka, menggantikan Rob Halford. Meskipun beredar desas-desus bahwa Halford akan melakukan reuni dengan Judas Priest, Owens merekam dua buah album studio dengan pahlawannya saat anak-anak. Owens ikut juga menulis sebuah lagu Judas Priest, "What's My Name", yang menjadi trek bonus di Demolition. Dengan Judas Priest, dia dinominasikan sekali untuk Grammy Award for Best Metal Performance pada 1999, dengan lagu "Bullet Train" dari album Jugulator, tapi kalah dari "Better Than You" milik Metallica.


Judas Priest melakukan reuni dengan Rob Halford pada 2003. Owens juga mendapatkan kesempatan, pada tahun yang sama, vokalis Matt Barlow keluar dari Iced Earth. Album pertama Iced Earth dengan Owens, The Glorious Burden, keluar pada awal 2004. Saat menyanyi dengan Judas Priest, Owens telah melakukan tur dengan Iced Earth (dan Anthrax) pada 2001, tapi tur itu dipotong. Pada 2006, Owens juga melakukan reuni dengan mantan koleganya di Winter's Bane Dennis Hayes di band bernama Beyond Fear. Album debut self-titled dari band barunya dirilis pada Mei tahun itu. Hayes bergabung dengan Iced Earth pada 2007 setelah bassis James "Bo" Wallace pergi karena masalah kesehatan.


Owens bertahan dengan Iced Earth hanya sebentar, namun, pada 11 Desember 2007, gitaris Jon Schaffer mengumumkan bahwa Owens akan meninggalkan band; Matt Barlow diundang untuk kembali ke dalam lineup setelah mendapat desakan dari penggemar.


Pada 26 Februari 2008, diumumkan bahwa Owens akan menjadi penyanyi baru untuk Yngwie Malmsteen's Rising Force, menggantikan Doogie White. Dengan Yngwie Malmsteen, Owens merilis 2 buah album: Perpetual Flame (2008) dan Relentless (2010).

Pada Mei 2009, Owens merilis album solo pertamanya, Play My Game. Album itu menampilkan para musisi metal yang tenar.


Owens kini menjadi vokalis sebuah proyek bernama Charred Walls of the Damned, sebuah band yang dibentuk pada 2009 oleh Richard Christy, seorang penyiar radio di The Howard Stern Show dan mantan dramer untuk Iced Earth dan Death. Band ini terdiri dari Christy pada drums, dan Owens pada vokal bersama dengan Steve DiGiorgio (bass guitar) dan Jason Suecof (lead guitar). Album self-titled debut dirilis pada 2 Februari 2010 oleh Metal Blade Records. Owens juga seorang anggota dari band cover bernama HAIL!. HAIL! berisi anggota yang berganti-ganti termasuk Owens, Andreas Kisser, Paul Bostaph, David Ellefson, Mike Portnoy, Jimmy DeGrasso dan Roy Mayorga. Owesn, DeGrasso, Ellefson dan Kisser membentuk sebuah band pad akhir 2008. Band ini melakukan tur pada 2009, Juni 2010, dan juga tampil untuk menggalang dana untuk bassis Deftones Chi Cheng pada 2010. Lineup iyu terdiri dari Owens, Portnoy, Mark Anthony dari The Letter Black, Phil Demmel dari Machine dan Ellefson. HAIL! sedang melakukan tur kedua mereka dengan lineup: Andreas Kisser, Owens, Paul Bostaph dan James Lomenzo. Karena kematian tragis dari bassis sebelumnya Paul Gray, LoMenzo setuju untuk terbang ke Portugal dan tampil di Rock In Rio Festival dimana HAIL! dijadwalkan untuk tampil pada 30 Mei 2010. Pada awal 2011, Owens juga bergabung dengan Dio Disciples, yang menampilkan mantan para anggota Dio.


Proyek musik lainnya termasuk: Project Rock dengan Keri Kelli, Rudy sarzo, James Kottak, dan Teddy Zig Zag.

Owens memiliki "Ripper's Rock House", sebuah restoran dan tempat hiburan, di lingkungan Kenmore di kota asalnya Akron. Pada Agustus 2015, Bar Rescue memfilmkan dan merubah bar menjadi "Tim Owens' Traveler's Tavern.

Dia juga memiliki "Ripper Owens Tap House", pendahulu dari "Ripper's Rock House", di lingkungan Firestone Park.

Pada 2015, Ripper merekam musik untuk band fiksi "Witches' Lips" untuk film horor heavy metal "Hairmetal Shotgun Zombie Massacre: The Movie." Dia merekam dan menulis lirik dengan gitaris Marzi Montazeri dari Philip H. Anselmo and The Illegals.


Pada September 2016, mantan frontman Queensryche/frontman Operation: Mindcrime Geoff Tate mengumumkan akan melakukan tur "Trinity", yang akan berbagi panggung dengan Blaze Bayley (mantan Iron Maiden) dan Owens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...