Laman

Selasa, 06 September 2016

BRAD WILK




Dilahirkan pada 5 September 1968 di Portland, Oregon, AS, dengan nama lengkap Bradley J. Wilk. Dia tumbuh besar di Chicago, Illinois. Keluarganya kemudian tinggal di California Selatan. Dia mulai bermain drum saat berusia 13 tahun. Dia menyebut John Bonham, Keith Moon, dan Elvin Jones sebagai pengaruh besarnya. Wilk adalah penggemar Van Halen di masa mudanya, sudah melihat band manggung saat dia berusia 13 tahun. Dia adalah Yahudi.

Kesuksesan Wilk sebagai seorang pemain drum dari Rage Against the Machine datang dari kegagalan band yang berbeda; dia pernah ikut audisi untuk band bernama Lock Up, yang merilis 1 album berjudul Something Bitchin' This Way Comes, melalui Geffen Records pada 1989 dan bubar saat album itu menerima tanggapan kecil dari media saat dirilis. Mantan gitaris Lock Up Tom Morello ingin mengajak mantan musisi Lock Up dan memulai band baru, dan mengontak Wilk, yang tengah bermain dengan band bernama Greta, untuk mengetahui apakah dia tertarik untuk memainkan drum. Tak lama kemudian, keduanya bertemu dengan Zack de la Rocha, seorang raper, dan melalui de la Rocha bertemu bassis Tim Commerfold (teman masa kecil Zack). Band memainkan dua pertunjukan pada 1991, dan menghabiskan 1992 dengan sering tampil di klub-klub L.A., selama dimana mereka mendapatkan kesepakatan rekaman dengan Epic Records, dan merilis album self-title mereka Nopember tahun itu. Mereka secera cepat mendapatkan kesuksesan komersil dan merilis tiga album lagi - Evil Empire pada 1996, The Battle of Los Angeles pada 1999, dan Renegades pada 2000 - sebelum dibubarkan pada Oktober 2000. 


Pada 13 September 2000, RATM melakukan konser terakhir mereka di Grand Auditorium di Los Angeles, California. Anggota yang tersisa membentuk Audioslave dengan mantan vokalis Soundgarden Chris Cornell. Band ini merilis album debut self-titled mereka pada 2002, yang diikuti dengan Out of Exile pada 2005 dan album terakhir band Revelations pada 2006. Audisolave bubar saat Cornell secara resmi keluar dari band pada Februari 2007 untuk memfokuskan pada karir solonya.


RATM melakukan reuni untuk bermain di Coachella Music Festival pada 22 Januari 2007. Pada 29 April 2007, RATM melakukan reuni di the Coachella Music Festival. Band bermain di depan sebuah latar EZLN di depan penonton besar festival itu. Awalnya direncanakan sebagai satu kali pertunjukan, band memainkan tujuh pertunjukan lagi tahun itu di AS (termasuk konser non festival pertama mereka dalam tujuh tahun di Alpine Valley Music Theater di East Troy, Wisconsin), dan pada Januari 2008, mereka bermain pertama kali di luar AS sebagai bagian dari Big Day Out Festival di Australia dan Selandia Baru. Band sejak itu terus melakukan tur keliling dunia, bermain di banyak festival Eropa dan AS, termasuk Lollapalooza di Chicago. Setelah sebuah tur singkat di Amerika Selatan pada 2010, mereka menciptakan festival mereka sendiri, the L.A. Rising, dimana mereka tampil pada 30 Juli 2011. Itu adalah pertunjukan terakhir mereka sejauh ini. Pada Nopember 2012, mereka merilis boxset XX Anniversary dari album pertama mereka.

Wilk dan Morello bergabung dengan Maynard James Keenan dari Tool dan Billy Gould dari Faith No More merekam lagu "calling Dr. Love" untuk album pengormatan Kiss pada 1994 Kiss My Ass. Lineup ini diberi nama Shandi's Addiction. Wilk juga bermain drum untuk album Skull and Bones milik grup rap Cypress Hill. Wilk dan Commerfold berkontribusi di proyek sampingan James Peper Keenan Puscifer dan albumnya "V" Is for Vagina pada trek "Momma Seed". Wilk membuat komposisi lagu "Snoop Bounce (Roc N Roll Remix)" untuk album Death Row's Greatest Hits milik Snoop Dogg.


Pada 2005, Wilk memainkan peran utama di filem pendek independen Sleeping Dogs Lie oleh penulis Chumahan Bowen dan sutradara Stuart Lessner. Filem ini juga menampilkan Maynard James Keenan sebagai Deputy Lance. Wilk tampil di trek milik Josh Homme pada soundtrack untuk Dangerous Live of Altar Boys. Wilk juga manggung dengan proyek sampingan milik Tom Morello Street Sweeper Social Club di Coachella music and arts festival pada 2010. Pada 2013, Wilk dan Commerfold masing-masing berkontribusi drum dan bass, untuk soundtrack Sound City milik Dave Grohl, pada lagu "Time Slowing Down". Brad memainkan beberapa pertunjukan dengan Sound City Players.

Memantapkan dirinya sebagai seorang musisi sesi, Wilk juga berkontribusi drum pada album Black Sabbath "13", yang dirilis pada 11 Juni 2013. Pada akhir 2013, Wilk bergabung dengan band The Last Internationale dan merekam album debut mereka berjudul We Will Reign dengan produser Brendan O'Brien. Rekaman ini dirilis pada 19 Agustus 2014.


Pada akhir 2014 hingga Juni 2015, Wilk bermain drum pada tur dengan Smashing Pumpkins bersama dengan Billy Corgan, Jeff Schroeder dan juga Mark Stoermer pada bass. Pada 26 Februari 2015, saat tur Australia dengan band, dia bergabung dengan Foo Fighters di panggung di Sydney's Olympic (ANZ) stadium bermain drum untuk cover Van Halen, Ain't Talkin' 'Bout Love'. Pada 3 Agustus 2015, Wilk bermain dengan The 8G Band di Late Night With Seth Meyers. Dia juga bermain drum untuk Juliette Lewis pada berbagai tur dan pertunjukan.


Pada 2016, Brad Wilk melakukan reuni dengan Tom Morello dan Tim Commerfold, dan ditemani oleh Chuck D, B-Real dan DJ Lord untuk membentuk supergroup Prophets of Rage. Mereka memainkan cover dari materi Rage Against the Machine, Public Enemy dan Cyprell Hill, materi baru juga. Mereka melakukan tur AS dengan pernyataan "Make America Rage Again" untuk memprotes politik Donald Trump dan pemilihan presiden Amerika 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...