Laman

Sabtu, 24 September 2016

SYU




Dilahirkan dengan nama Shusuke Ueda pada 23 September 1980 di Ashiya, Hyogo Prefecture, Jepang. Dia dikenal sebagai pimpinan dan gitaris band metal Galneryus. Dia juga memainkan gitar dan vokal utama di Spinalcord (sebelumnya dikenal sebagai Aushvitz) dan mantan anggota Animetal. Pada 29 September 2010 dia merilis sebuah album cover bernama Crying Stars-Stand Proud!-, membawakan lagu-lagu dari Scorpions, Stratovarius, Yngwie Malmsteen, Skid Row, M.S.G., Racer X dan lain-lain. Album ini menampilkan teman-teman sebandya dari Galneryus dan Spinalcord, juga musisi-musisi terkenal lainnya seperti Eizo Sakamoto (Anthem), dengan siapa Syu pernah bekerja sama di Animetal. 

Dia pertama kali mulai bermain violin pada usia 6 tahun, dan dia juga bermain piano. Dia terus bermain violin hingga berusia 12-13 tahun. Saat di kelas empat SD, Syu sangat menyukai dram, yang terdorong dengan mendengarkan X Japan. Dia mengatakan bahwa itu mudah untuk berubah dari violin ke gitar karena mereka mempunyai persamaan di pergerakan dan pola penjarian. Dia terus bermain dram untuk band Cross-Large, tapi lebih menikmati gitar, karena lebih mudah dan dia dapat lebih mengekspresikan dirinya melalui gitar dibandingkan dram. Dia kemudian berhenti bermain dram, saat dia tidak dapat menemukan anggota band yang baik untuk diajak bermain.


Syu bergabung dengan band visual kei Valkyr pada Agustus 1998, hampir satu tahun mereka merilis demo tape pertama mereka, berjudul “Love of Insanity”. Di Agustus 2000, mereka merilis sebuah VHS “making of”. Di 2001 mereka akhirnya merilis single pertama mereka, “Batta”. Setelah merilis 5 demo, sebuah single dan sebuah VHS, band bubar pada 24 April 2004.


Selama masa bersama Valkyr dia juga membentuk band Galneryus, yang merupakan band power metal yang dia mulai dengan penyanyi terkenal Yama-B. Dia memulai band ini saat dia masih bedomisili di Kujo, Osaka dan mendengarkan dia menyanyi di radio. Kemudian mereka mulai bekerja sama karena mereka berasal dari wilayah yang sama dan membuat Galneryus. Mereka menyewa musisi-musisi pendukung A pada kibord (yang telah sebelumnya bermain dengan Syu di Valkyr), Shogo Himuro pada bass, dan Toshihiro Yui (mantan Cemetary, Honey Quest) pada dram. Mereka segera merilis demo berisi 2 trek berjudul “United Flag”. Setelah manggung sekian lama, mereka kembali merekam EP kedua mereka Rebel Flag dengan label independen Iron Shock dengan Yoshinori Kataoka pada kibord (menggantikan A).


Pada 2002, Galneryus teken kontrak dengan VAP, dan mulai mengerjakan album penuh pertama berjudul The Flag of Punishment. Mereka merilis album mereka berikutnya, Advance to the Fall, di 2005. Mereka kemudian merilis album ketiga mereka Beyond the End of Despair… di 2006. Di 2007 mereka kembali lagi dengan album penuh keempat mereka One For All – All For One. Di 2008 mereka merilis album kelima mereka, Reincarnation, ini adfalah album terakhir dengan Yama-B pada vocal, saat dia memutuskan untuk pergi. Dia digantikan oleh Masatoshi “Sho” Ono dan di 2010 mereka merilis album penuh keenam mereka, berjudul Resurrection.


Saat dia masih di awal karir dengan Galneryus, Syu memulai proyek sampingan lain, dengan teman mantan anggota Valkyr Kyoichi, bernama Aushvitz di 2002, dimana dia bermain gitar dan juga mengerjakan vocal utama. Gaya musiknya lebih gelap dibandingkan dengan proyek lainnya. Mereka merilis single pertama mereka, “Akarui” di September pada tahun itu. Mereka berjalan dengan sangat lambat dan tidak melakukan apa-apa untuk sekian lama, tapi mengumumkan di 2006 bahwa mereka kembali sebagai trio dengan dramer Galneryus Junichi. Di musim panas 2008, Aushvitz berganti nama menjadi Spinalcord dan merilis maxi-single kedua mereka “Spinalcord 2”. Pada 23 September 2009 mereka merilis album debut mereka Remember Me ‘Til Your Dying Day. Dengan perubahan nama band juga terjadi perubahan di jenis musik, disamping gaya lama kini juga dicampur dengan gaya yang lebih pop.


Pada 2003, Syu bergabung dengan Animetal sebagai gitaris mereka. Dia merekam album penuh kelima dengan mereka sebelum mereka melakukan hiatus di 2006.

Gaya permainan Syu dapat disamakan dengan Yngwie Malmsteen dan banyak gitaris neo klasik. Syu sendiri membuat daftar yang mempengaruhi permainannya seperti: Kyoji Yamamoto, John Petrucci, Ulrich Roth, Paul Gilbert dan Michael Schenker. Dia juga mengatakan bahwa hide dan X sangat mempengaruhinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...