Laman

Sabtu, 17 September 2016

DAVE "THE SNAKE" SABO




Dilahirkan dengan nama David Michael Sabo pada 16 September 1964, di Perth Amboy, New Jersey. Dia tumbuh di Sayreville, dekat dengan rumah Jon Bon Jovi. Ibunya, Dorothy, atau yang dikenal dengan “Mama Snake” , membesarkan dia dan kakaknya sebagai orang tua tunggal. Sangat terpengaruh oleh musik rock n’ roll pada jaman itu, termasuk Motown, dia mendengarkan band-band seperti Kiss, Aerosmith, Judas Priest, Black Sabbath, The Rolling Stones, dan Van Halen. Dari usia anak-anak, dia dalah atlit berbakat, bahkan seorang pemandu bakat datang untuk melihatnya bermain. Pada usia 13 tahun, dia menyaksikan Kiss yang merupakan katalis bagi Dave untuk berhenti dari olahraga dan memfokuskan waktunya pada musik dan mempelajari gitar. Ibunya telah membelikan kakaknya sebuah gitar seharga $40 yang malahan tidak tertarik, membuka jalan bagi Dave untuk mengambil alat musik itu pada usia 14 tahun.

Dia adalah gitaris asli Bon Jovi, manggung beberapa kali dengan mereka sebelum gitaris Richie Sambora menggantikannya di 1983.


Dia adalah paman dari mantan pemain tenis professional ATP Matt Sabo.

Sebuah kesempatan bertemu dengan pemain bass lokal Rachel Bolan di Garden State Music Store dimana dia bekerja membuatnya ingin membentuk band yang akan membuatnya terkenal. Rekanan mereka tidak hanya dibuktikan dalam penulisan lagu, tapi juga untuk pertemanan, dan mereka menganggap diri mereka sebagai sahabat baik.


Skid Row adalah sebuah band hard rock/heavy metal yang menjadi salah satu lambang skena hard rock pada akhir 1980-an. Mereka adalah salah satu dari sekian banyak band hard rock yang sukses pada era itu hingga mereka tertutup oleh band-band grunge asal Seattle pada awal 1990-an. Band ini diberi nama dari band pertama milik Gary Moore, Skid Row.


Skid Row dibentuk di New Jersey di 1986 oleh Bolan dan Sabo. Keduanya menambahkan gitaris Scotti Hill, dramer Rob Affuso, dan vokalis Matt Fallon yang kemudian digantikan oleh Sebastian Bach di 1987. Band ini mulai manggung di klub-klub di sekitaran AS sebelah timur.

Dengan bantuan temannya, Jon Bon Jovi, Sabo mendapatkan sebuah kontrak rekaman dengan Atlantic Records. Pada 1989, band ini merilis album pertama mereka, SkidRow, yang langsung mendapatkan kesuksesan, terutama dengan lagu-lagu baladanya. Rekaman itu menjadi multi platinum dan menghasilkan single-singel hit “18 and Life”, “I Remember You” dan “Youth Gone Wild”. Skid Row membuat musik yang lebih berat pada album mereka pada 1991 yang menjadi No. 1 dan mendapat double-platinum. Sabo bekerja sebagai asisten produser pada sebagian besar lagu milik band.

Sabo membuat komposisi musik untuk filem rilisan 2006, The Still Life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...