Laman

Minggu, 18 September 2016

TY TABOR




Dilahirkan pada 17 September 1961 di Pearl, Mississippi. Dia adalah gitaris utama, penulis lagu, dan salah satu vokalis utama untuk band progressive hard rock, King’s X.

Tabor mempunyai gaya permainan gitar yang luas, dari riff gitar tebal hingga melodi yang tinggi. Pengaruh permainan gitarnya adalah The Beatles, Brian May, Alex Lifeson, Ace Frehley, Phil Keaggy, dan band orisinil Alice Cooper.  Pada 2008, Tabor ditambahkan dalam daftar “Top 100 Most Complete Guitar Players of All Time” di No. 84. Oleh “Chop Shop”.

Dia mulai menyanyi dan memainkan gitar pada usia muda, dan pada awal remajanya tampil dengan ayahnya (seorang musisi bluegrass terampil) dan kakaknya di sebuah band bluegrass disekitar kota asalnya Jackson. Band ini bermain di beragam festival dan pertunjukan, berbagi panggung dengan para legenda bluegrass seperti Lester Flatt dan Grandpa Jones. Tabor juga tertarik oleh rock and roll 1960an dan 70an (terutama, The Beatles dan Alice Cooper) dan mulai bermain dalam band rock di masa remajanya. Salah satunya adalah band Christian rock bernama Matthew. Saat lulus dari SMA, Tabor mulai melakukan tur dengan Matthew di seputaran wilayah selatan. Masa-masa sulit dalam tur itu dengan band yang sering bermain dan tampil di tempat parkir restoran untuk mendapatkan makanan.


Dia meninggalkan Matthew dan memutuskan pindah ke Springfield, MO untuk belajar di Evangel College dimana dia dengan cepat memacu dirinya masuk ke skena musik lokal. Satu grup dengan siapa dia bermain memiliki kesempatan untuk membuka untuk gitaris Phil Keaggy. Namun, tepat sebelum pertunjukan, drumer untuk band Tabor pergi. Alih-alih membatalkan atau melepas sebuah kesempatan besar, Tabor secera sukarela bermain drum untuk pertunjukan itu. Namun, karena tidak memiliki perangkat drumnya sendiri, terpaksa Tabor meminta drumer Keaggy jika dia bisa menggunakan miliknya. Drumer itu, yang adalah Jerry Gaskill, setuju dan pertunjukan berlangsung.

Tabor dan Gaskill kembali berjumpa selama sesi rekaman demo dengan Tracy Zinn  Band. Kedua menjadi teman dan terlibat dengan proyek musik lainnya bersama.

Pada musim semi 1980, Tabor diminta untuk tampil di sebuah pertunjukan bakat di Evangel dengan seorang penyanyi wanita. Di antara penonton adalah Doug Pinnick, yang terkesan oleh penampilan Tabor. Pinnick pada akhirnya terhubung dengan Tabor dan keduanya mulai berkolaborasi secara musikal.

Akhirnya Tabor, Pinnick, Gaskill, dan gitaris Dan McCollam membentuk band mereka sendiri bernama The Edge yang, seiring waktu, berevolusi menjadi King's X.

Sejak saat itu, Tabor menjadi salah satu gitaris yang diakui dan dihormati dalam musik saat ini. Gaya permaina dan tone gitarnya, juga vokal dan penulisan lagunya, adalah elemen krusial dalam "suara King's X".

Tabor juga membuka fasilitas rekaman dan masteringnya di Katy, TX. bernama Alien Beans Studio. Dia sudah membuat master sejumlah proyek album juga menjadi produser album oleh The Rez Band, album solo Jerry Gaskill "Come Somewhere" dan lain-lain.

Setelah menulis dan tampil secara eklosif untuk King’s X selama lebih dari 15 tahun, album solo pertama Tabor, Naomi's Solar Pumpkin, dirilis secara independen di 1997. Sebagian besar lagu dari album debut itu muncul (direkam ulang) di album susulannya pada 1998, Moonflower Lane. Dirilis oleh Metal Blade Records dengan distribusi yang luas dan dengan trek baru, dan juga menampilkan dramer Alan Doss di album ini.

Rilisan Tabor berikut adalah di tahun 2002, Safety. Kemudian album solo Tabor adalah Rock Garden (2006), Balance (2008), Something’s Coming (2010), dan Nobody Wins When Nobody Plays (2013).


Tabor juga menjadi anggota di beberapa band lain. Dia bermain gitar dan menyanyi di Platypus menampilkan Rod Morgenstein (sebelumnya Dixie Dregs dan Winger) pada drum, John Myung (Dream Theater) pada bass, dan kibordis Derek Sherinian (Planet X dan mantan Dream Theater). Mereka merilis 2 buah album.


Grup yang sama minus Derek Sherinian berlanjut sebagai The Jelly jam dan kini telah memiliki empat buah album penuh.

Ty bermain solo gitar pada 2 trek, Ode To Pain dan Goodbye 25, dengan teman-teman dari Dallas/Houston, Mind Body Soul, pada EP 4 lagu mereka di 1998.

Tabor juga terlibat dengan band Jughead yang berisi anggota band David Lee Roth, Gregg Bissonette (drums), Derek Sherinian (kibord), dan Matt Bissonette (vocal utama, bass). Album self-titled Jughead dirilis di 2002 oleh InsideOut Music.

Tabor menjadi bintang tamu di beberapa album antara lain dua album berbeda Guitar Zeus milik Carmine Appice, albu Free World milik dramer Loudness Munetaka Higuchi, dan rekaman solo Self-titled Gregg Bissonette.

Dia juga bermain gitar listrik dan bass di album solo rekan satu band King’s X Jerry Gaskill, Come Somewhere.

Dia saat ini mempunyai proyek bergaya ambient/electronika dengan Wally Farkas bernama Xenuphobe. Mereka memilik 2 buah album yang dirilis melalui Molken Music.

Tabor juga menyanyikan salah 1 peran di rilisan Ayreon, 01011001. Dia memainkan karaker “Ty” di interlude pertama, Connect the Dots.

Tabor bersama dengan rekan seband King’s X Doug Pinnick dan mantan anggota Galactic Cowboys Wally Farkas dan Alan Doss, mempunyai band bernama The Jibbs yang memiliki sebuah single yang tersedia untuk diunduh untuk menggalang dana bagi bencana badai Ike.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...