Laman

Sabtu, 24 September 2016

NEAL SMITH




Dilahirkan pada 23 September 1947 di Akron, Ohio, AS, adalah seorang musisi Amerika, dikenal sebagai drummer untuk grup Alice Cooper dari 1967 hingga 1974. Dia tampil di album-album awal grup Pretties for You dan Easy Action, album terobosan Love It to Death dan album-album sukses berikutnya Killer, School’s Out, dan Billion Dollar Babies. Album terakhirnya dengan Alice Cooper adalah Muscle of Love. Pada 2011, Smith dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, dalam kategori “Performer”, sebagai anggota dari band Alice Cooper asli.

Smith lulus pada 1965 dari Camelback High School di Phoenix, Arizona, sedangkan sisa anggota band lainnya lulus dari Cortez High School. Smith berbicara tentang SMAnya dalam lagu “Alma Mater” dinyanyikan oleh Alice Cooper. Hal ini dinyatakan oleh Alice Cooper dan Bob Ezrin, produser dari band, bahwa Smith sering memanggil drummer The Who, Keith Moon, dan bertanya padanya bepara drum yang dia miliki. Hal ini menjadi prioritas dari Smith yang selalu memiliki satu drum lebih banyak dibandingkan Moon. Alice Cooper mengkofirmasi hal ini dalam sebuah wawancara yang dimasukkan dalam kompilasi video “Prime Cuts”. Bagian drum Neal Smith dari judul lagu dari album nomor satu di AS dan UK Billion Dollar Babies, dianggap sebagai salah satu yang paling asli dan dinamis diantara para musisi dan penggemar dari grup.


Billion Dollar Babies juga nama band yang didirikan oleh para mantan musisi grup Alice Cooper; Michael Bruce, Dennis Dunaway dan Neal Smith bersama dengan Bob Dolin dan Mike Marconi setelah mereka berpisah dari Alice Cooper pada 1974. Band ini mendapatkan tuntutan hukum pada penggunaan nam. Mereka hanya merilis satu album, Battle Axe, pada 1977, sebelum dibubarkan.


Smith menjual perumahan di New England sejak awal 1980an. Dia juga masih aktif dalam musik, dan tampil dengan Alice Cooper selama sebuah pertunjukan pada 1998. Pada 1999, dia merilis album solo pertamanya, Platinum Gold, direkam pada 1975. Dia saat ini adalah drummer/perkusionis dan penulis lagu untuk Bouchard, Dunaway & Smith (BDS), terdiri dari Smith, mantan bassis Blue Oyster Cult Joe Bouchard, dan bassis Alice Cooper asli Dennis Dunaway. Band sudah menulis lagu bersama Ian Hunter. BDS merilis dua album: Back From Hell pada 2001, dan BDS Live in Paris pada 2003. Smith juga merilis dua album dibawah nama grup Cinemtik, dengan gitaris Robert Mitchell dan bassis Peter Catucci, diproduseri oleh Rob Fraboni. Cinematik memiliki suara bebas dan berjenis world beat yang berlawanan dengan suara klasik rock yang dimiliki BDS.


Smith juga melakukan rekaman dengan Buck Dharma dari Bue Oyster Cult (Flat Out, 1982), Plasmatics (Beyond the Valley of 1984, 1981), dan Deadringer (Electrocution of the Heart, 1989). Neal bermain di CD Midnight Daydream milik Bruce Cameron bersama dengan musisi bintang seperti Jack Bruce, Buddy Miles, Billy Cox, Mitch Mitchell, Harvy Dalton Arnold dan Ken Hensley. Smith juga memiliki sebuah proyek industrial rock bernama Killsmith. Rilisan milik Killsmith membuka jalan bagi Smith sebagai anggota pertama dari Alice Cooper Group asli yang memiliki sebuah proyek dengan materi asli yang dirilis setelah pelantikan grup ke dalam Rock ‘n’ Roll Hall of Fame.


Neal bermain pada 3 lagu di album 2011 milik Alice Cooper, Welcome 2 My Nightmare.

Pada 1 Juli 2010 saat berbicara tentang album baru, Welcome 2 My Nightmare, Alice berkata dalam sebuah wawancara Radio Metal: “Kami akan menempatkan beberapa musisi asli pada album itu dan menambahkan beberapa musisi baru, saya sangat bahagia dengan bekerja bersama Bob (Ezrin) lagi.” Nama-nama yang disebut adalah Slash, Neal Smith, Dennis Dunaway, Steven Hunter dan Dick Wagner. Dunaway dan Smith sudah menulis dua buah lagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...