Laman

Jumat, 23 September 2016

JOAN JETT




Dilahirkan dengan nama Joan Marie Larkin pada 22 September 1958 di Philadephia, Pennsylvania. Salah satu wanita teratas di genre rock, Joan Jett mempunyai serangkaian lagu terkenal selama 1980-an dan 1990-an. Hasrat musiknya dimulai dari anak-anak, dan dia menerima gitar pertamanya pada usia 14 tahun.

Pindah ke California selatan, Jett mulai manggung di klub terkenal seperti Rodney Bingenheimer’s English Disco. Disana, dia menemukan isnpirasi dari bintang glam rock saat itu.

Jett memulai karir musiknya saat remaja, membentuk band serius pertamanya, the Runaways, pada usia 15 tahun. Lineup finalnya terdiri dari Jett pada gitar dan vokal; Sandy West pada drum; Cherie Currie pada vokal utama; Jackie Fox pada bass gitar; dan Lita Ford pada gitar.


Pada 1976, the Runaways merilis album self-title pertama mereka, yang gagal untuk mendapat kesan bagus dari kritisi dan pembeli rekaman musik. Namun, lagu “Cherry Bomb”, dengan gaya pemberontakan dan kasarnya, yang ditulis oleh Jett dan temannya Kim Fowley, menjadi sebuah hit punk. Tahun berikutnya, the Runaways merilis album berikut, Queens of Noise, yang berisi trek seperti “Born to Be Bad” dan “Neon Angels”. Saat album itu kurang laku di AS, the Runaways menerima sambutan hangat di Jepang, mendapatkan tiga emas disana.

Setelah Currie dan Fox pergi di pertengahan 1977, Jett menjadi penyanyi utama grup. Dia menjadi kekuatan hebat bagi band, menulis sebagian besar lagu the Runaways. Band berlanjut dengan 2 album laga sebelum mereka tidak dikontrak lagi oleh label rekaman. Grup ini bubar pada 1979. Jett mengatakan pada saat the Runaways bubar dia seperti kehilangan teman-teman baik. Seperti sebuah kematian.

Memutuskan untuk melakukan karir solo, Jett menghabiskan waktunya beberapa saat di Inggris bekerja dengan Paul Cook dan Steve Jones, keduanya mantan anggota band punk legendaries the Sex Pistols. Dia kemudian kembali ke Los Angeles dimana dia bekerja sebagai produser untuk album pertama band punk LA the Germs. Dia juga mencoba melakukan acting, muncul di sebuah filem berdasarkan cerita the Runaways berjudul We’re All Crazy Now. Pada saat itu, Jett bertemu dengan produser Kenny Laguna dan penulis lagu Ritchie Cordell. Kedua pria itu membantunya dengan album pertamanya.

Jett mencoba untuk mendapatkan label rekaman untuk mendistribusikan album barunya, tapi dia ditolak oleh 23 perusahaan yang berbeda. Karena frustasi, dia dan Laguna membentuk Blackheart Records pada 1980, yang menjadikan Jett sebagai artis wanita pertama yang memiliki dan memrgang kendali sebuah perusahaan rekaman independen. Dalam membuat rekaman, dia mendapat bantuan dari sumber yang tidak biasa—supergrup rock The Who. Laguna berteman dengan anggota band itu dan manajer mereka, dan mereka memperbolehkan Jett menggunakan fasilitas rekaman mereka. 


Awalnya, Jett dan Laguna mencetak dan mendistribusikan rekaman sendiri, menjualnya saat Jett manggung. Rekaman itu kemudian diambil oleh Broadwalk Records dan dirilis ulang dengan judul Bad Reputation. Namun, sound pop-rocknya kurang diterima. Tidak menyerah, Joan Jett and the Blackhearts merekam album lain. I Love Rock ‘n’ Roll menjadi hit besar, yang masuk ke top of the pop chart pada awal 1982. Dia mempunyai single hit lainnya pada tahun itu dengan versi cover Tommy James “Crimson and Clover” dan “Do You Wanna Touch Me (Oh Yeah)” milik Garey Glitter.

Membangun ketenarannya sendiri, Jett merilis Album pada 1983, tapi gagal menyamai kesuksesan album sebelumnya. Album ini berisi top 40 single, “Fake Friends,” dan cover dari hit the Family Stones “Everyday People.” Album berikutnya, Glorious Result of a Misspent Youth pada 1984, menawarkan para pendengar versi baru dari “Cherry Bomb,’ tapi kurang berhasil.

Jett kemudian mencoba berperan di Light of Day dengan Michael J. Fox. Filem gagal secara kritis dan di box office, tapi dia memiliki hit dengan lagu tema filem itu, sebuah cover milik Bruce Springsteen. Sepertinya karirnya mulai menurun, Jett kembali menggebrak chart pada 1988 dengan 2 buah hit, “I Hate Myself for Loving You” dan “Little Liar” dari albumnya Up Your Alley.


Diluar musiknya, Jett bekerja sebagai seorang produser untuk grup-grup seperti Bikin Kill dan L7, bersama dengan beberapa band rock cewek yang terinspirasi dari Jett dan sound punk-glam rock dari the Runaways. Dia juga melakukan rekaman dengan anggoat yang masih hidup dari band punk asal Seattle the Gits sebagai Evil Stig.

Jett merilis album terkininya, Unvarnished, pada 2013. Proyek ini memberinya kemsempatan untuk bekerja sama dengan artis-artis seperti Dave Grohl dari Foo Fighters dan Nirvana. Tahun berikutnya, Jett akan menerima penghromatan khusus untuk kontribusinya dalam musik. Dia akan dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2015 bersama dengan Lou Reed, Stevie Ray Vaughan dan Green Day.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...