Laman

Jumat, 09 September 2016

AIMEE MANN




Dilahirkan pada 8 September 1960 di Richmond, Virginia, AS. Dia tumbuh di BonAir, Virginia, belajar di Midlothian High School di Chesterfield County, dan lulus dari Open High School di Richmond, Virginia. Pada 1978, Mann mendaftar di Berklee College of Music di Boston, Massachusetts. Dia keluar dari Berklee dan bergabung dengan band punk Boston The Young Snakes. Pada 1983, band ini merilis EP Bark Along with The Young Snakes.

Pada 1983, Mann ikut mendirikan band new wave ‘Til Tuesday dengan teman sekelas Berklee dan pacarnya Michael Hausman (yang menjadi manajer karir solonya). Pada 1985, band merilis Voices Carry, album debut dengan lagun yang menjadi judul albnum terinspirasi oleh putusnya hubungan Mann dengan Hausman. Lagu ini memenangkan the MTV Video Music Award for Best New Artist.


Pada 1986, band merilis Welcome Home, album kedua mereka. Pada 1987, dia menyanyi dengan Geddy Lee di single “Time Stands Still” oleh Rush dari album rilisan 1987 mereka Hold Your Fire. Dia juga muncul di video musik untuk lagu itu.

Pada 1986, Mann mengisi vokal latar untuk Inside, album debut milik Matthew Sweet. Tahun yang sama, dia menampilkan vokal latar untuk “The Far Away Nearby”, sebuah lagu di album kedua milik Cyndi Lauper, True Colors.

Pada 1988, band merilis Everything’s Different Now, album ketiga dan terakhir. Tidak lama setelah perilisannya, Mann berkata bahwa dia lebih bahagia dengan album itu dibandingkan dengan album debut, terutama karena dia merasakannya lebih sebagai pernyataan pribadi tentang kehidupannya. Band bubar pada 1990 saat Mann pergi untuk memulai karir solo.

Pada 1993, Mann merilis album debut solonya, Whatever, yang terjual lumayan baik tapi mendapatkan pengakuan kritikus. Pada 1995, Mann merilis I’m with Stupid, album keduanya, melalui Geffen Records yang, seperti debutnya, mendapatkan penilaian positif tapi dengan kesuksesan lumayan.

Pada 1995, dia merekam sebuah cover dari “One” milik Harry Nilsson di album For the Love of Harry: Everbody Sings Nilsson dan pada 1996, “Baby Blue” di album penghormatan Badfiner Come and Get It. Pada 1997, Mann merekam sebuah cover dari “Nobody Does It Better”, lagu tema dari film James Bond The Spy Who Loved Me, dia album Shaken and Stirred: The David Arnold James Bond Project.


Pada 1997, Mann menikah dengan penulis lagu Michael Penn (adik dari aktor Sean Penn dan Chris Penn), yang dia jumpai pada 1980an. Mereka menikah pada saat Mann merekam Whatever. Pada 1999, Mann merekam material asli untuk soundtrack bagi film Paul Thomas Anderson Magnolia, yang mendapatkan nominasi Academy Award maupun Grammy Award untuk lagu “Save Me”. Dia bernegosiaso sebuah rilisan kontrak dari David Geffen dan mendirikan label miliknya, SuperEgo Records.

Pada 1998, Mann membuat sebuah pemunculan cameo di film The Big Lebowski sebagai seorang nihilist Jerman yang mengorbankan ibu jari kanannya yang bercat hijau dalam sebuah adegan penculikan.

Pada 2000, Mann merilis Bachelor No. 2, dirilis di SuperEgo, yang menampilkan beberapa lagu dari Magnolia dan material baru. Tahun itu juga, dia dan suaminya membentuk sebuah konsep berjudul Acoustic Vaudeville, sebuah campuran dari musik dan stand-up comedy; diantara para comedian yang bergabung dengan mereka untuk pertunjukan adalah Janeane Garofale, Patton Oswalt dan David Cross.

Pada 2001, dia bergabung dengan dewan hakim untuk the 1st Annual Independent Music Awards.

Pada 2002, Mann merilis Lost In Space, sebuah album yang menampilkan artistik oleh Seth. Lagu High on Sunday 51 dari album ini yang digunakan di soundtrack dari Third Watch, musim 4, episode 13 (Snow Blind). Tahun berikutnya dia merilis Lost in Space Special Edition, yang menampilkan disk kedua berisi enam rekaman langsung (termasuk sebuah veris dari “The Scientist” milik Coldplay) juga dia B-side dan dua lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Pada 2002, Mann dan bandnya muncul sebagai diri mereka sendiri di Buffy the Vampire Slayer, menampilkan lagunya “This Is How It Goes” dan Pavlov’s Bell” di The Bronze. Dia memiliki satu baris di episode itu: “Man, I hate playing vampire towns.” Lagu “Pavlov’s Bell” juga muncul di album soundtrack Buffy Radio Sunnydale. Tahun itu juga, dia dan suaminya muncul di The West Wing, dimana merela menampilkan sebuah cover dari “Shed a Little Light” milik James Taylor di konser Rock the Vote.

Pada 2004, Mann merilis Live at St. Ann’s Warehouse, sebuah album dan live yang direkam di serangkaian pertunjukan di Brooklyn, New York.

Pada 2004, Mann menyanyikan lagu “That’s Me Trying” dari album Has Been milik William Shatner (ditulis dan diproduseri bersama Ben Folds).

Pada 2005, Mann merilis The Forgotten Arm, sebuah album konsep yang terjadi pada 1970an tentang dua kekasih yang bertemu di Virginia State Fair dan melarikan diri. Album yang diproduseri oleh Joe Henry ini, yang sebagianb besar direkam secara langsung dengan sedikit polesan, berisi ilustrasi yang mencerminkan ketertarikan Mann dalam tinju. Dia berlatih dnegan pelatih tinju Freddie Roach; judul album diambil dari gerkan tinju dimana satu lengan digunakan untuk memukul lawan, membuatnya “lupa” dengan lainnya, yang kemudian digunakan untuk memberikan pukulan keras. Tahun berikutnya Mann menerima sebuah Grammy Award for Best Recording Pacakage untuk artistik album (berbagi dengan Gail Marowitz).

Pada 2006, Mann merilis One More Drifter in the Snow, sebuah album Natal yang menampilkan cover dan lagu-lagu baru. Versi iTunes dari album ini menggantikan “Chistmasime” (sebuah duet dengan suaminya Michael Mann) dengan sebuah cover dari “River” milik Joni Mitchell dan “Clean Up for Christmas” dari The Forgotten Arm; sebuah versi baru dari CD yang dirilis dua tahun kemuan dengan cover Joni Mitchell.

Pada 2006, Mann muncul dalam sebuah episode dari seri tv Love Monkey. Pada 2007, dia berkontribusi dua lagu asli, “The Great Beyond” dan “At the Edge of the World”, untuk soundtrack Arctic Tale. Pada 2008, Mann muncul di seri Comedy Central Lewis Black’s Root of All Evil dalam sebuah wawancara komedi yang diadakan oleh comedian Paul F. Tompkins.

Pada 2008, Mann merilis @#%&! Smilers, yang menampilkan tata artistik niminasi Grammy oleh Gary Taxali. Album melakukan debut di Billboard 200 di nomor 32 dan di tangga lagu Top Independent Albums di nomor 2. @#%&*! Smilers mendapatkan pujian. Video musik untuk lagu “31 Today”, disutradarai oleh Bobcat Goldthwait, menampilkan comedian Morgan Murphy.

Pada 2009, Mann mengumumkan bahwa dia sedang mengerjakan sebuah musik berdasarkan albumnya The Forgotten Arm tapi kemudian menyatakan bahwa album itu ditunda karena memiliki kemiripan dengan film The Fighter (2010).

Pada 2010, Mann bergabung dengan dewan hakim The 9th Annual Independent Music Awards untuk mempromosikan musisi independen. Dia juga menjadi anggota dewan itu pada 2001.

Pada 2011, Mann berpartisipasi di dewan hakim The 10th Annual Independent Music Awards, menandakan pemunculan berurutan dan ketiga sebagai hakim dengan organisasi itu.

Pada 2011, dia muncul di seri Independent Film Channel, Portlandia; dalam sketsa, dia memainkan diirinya sendiri bekerja sebagao seorang wanita pembersih, dan mengatakan pada Fred Armisen dan Carrie Brownstein bahwa dia memerlukan pekerjaan kedua untuk memenuhi kebutuhannya.

Pada 2013, Mann memiliki sebuah cameo di episode 8 April dari The Daily Show. Pada 2014, Mann mengisi suara di Steven Universe, menyuarakan Opal dalam episode “Giant Woman”. Pada 20 Nopember 2014, Mann muncul dengan Dana Gould dan Nick Offerman di @midnight di Comedy Central, dan pada 21 Maret 2016, Mann membuat pemunculan kedua di acara itu dengan Jonathan Coulton dan Dave Hill.

Pada 2012, Mann merilis Charmer, sebuah album yang menampilkan sebuah duet dengan James Mercer dari The Shins.

Pada 2012, dia berkontribusi vokal untuk album The Story of Light milik Steve Vai, pada lagu “No More Amsterdam”. Tahun itu juga, dia merekam lagu “Two Horses” untuk soundtrack film Tim and Eric’s Billion Dollar Movie. Lagunya “Wise Up” juga digunakan untuk kampanye donor organ di Ontario. Dia berkontribusi vokal untuk lagu “Bigger Than Love” di album Former Live milik Ben Gibbard.


Pada Februari 2013, Mann dan Ted Leo mulai bermain bersama dalam sebuah proyek kolaboratif bernama #BOTH dan menjadwalkan pertunjukan di Los Angeles dan San Fransisco. Pada April 2014, kolaborasinya dengan Leo, The Both, merilis album pertama mereka.

Pada 22 Juli 2013, Mann melayangkan tuntutan hukum terhadap MediaNet Digital Inc. mengklaim bahwa mereka mendistribusikan 120 lagu miliknya melalui sebuah persetujuan yang kadaluarsa. Dia menuntut klaim sebesar $18 juta. Kasus ini sudah dibatalkan.

Pada 2014, Mann berkontribusi versi dari “Come Sail Away” milik Styx untuk episode Community “Geothermal Escapism”.

Pada 19 Agustus 2015 Mann muncul dengan anggota band The Both Ted Leo di Conan membawakan sebuah lagu kampanye untuk calon presiden 2016 Lincoln Chafee.

Pada 2016, Mann membawakan single hit 1973 milik the Carpenters, Yesterday Once More untuk episode 2 dari Vinyl dari HBO. Dalam episiode itu, Natalie Prass menjadi cameo sebagai bayangan dari Karen Carpenter, melakukan lipsync dari cover Mann dalam sebuah mobil dengan karakter milik Olivia Wilde selama adegan mimpi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...