Laman

Selasa, 01 Desember 2015

JOE LYNN TURNER



Dilahirkan dengan nama Joseph Arthur Mark Linquito pada 2 Agustus 1951 di Hackensack, New Jersey, AS adalah seorang penyanyi, gitaris, penulis lagu, dan produser Amerika.

Turner, seperti jutaan remaja lainnya pada 1960-an, mengumpulkan banyak kekaguman melalui bermain musik. Tumbuh di sebuah rumah Italia-Amerika, di mana Frank Sinatra, Enrico Caruso, dan pahlawan musik Italia lainnya berada di urutan kedua setelah penghormatan dalam Gereja, Turner menyadari bahwa musik adalah jalan menuju popularitas. Di sekolah menengah, ia membentuk band, Ezra, membawakan materi asli dan lagu cover. Ia memainkan akordeon saat masih anak-anak, dibesarkan dengan apresiasi untuk R&B klasik dan menjadi gitaris ulung di awal masa remajanya. Dia saat itu dipengaruhi terutama oleh seniman seperti Led Zeppelin, Jimi Hendrix dan Free. 


Pada bulan Maret 1977, Fandango, sebuah band yang digambarkan sebagai campuran eklektik dari R&B, pop, country, jazz dan melodic rock, menandatangani kontrak rekaman pertama mereka dengan RCA Records. Turner bernyanyi dan memainkan gitar di empat album band. Fandango melakukan tur dengan banyak artis termasuk The Allman Brothers Band, The Marshall Tucker Band, The Beach Boys dan Billy Joel.

Setelah Fandango berpisah, dia menerima panggilan telepon dari gitaris Ritchie Blackmore. Ini menghasilkan audisi dan Turner segera terdaftar di Rainbow. Band ini, sementara populer di Eropa dan Jepang, belum mencapai tingkat kesuksesan yang sama di AS sebelum Turner bergabung. Dengan kontribusinya (sebagian besar dianggap lebih berorientasi pop), kelompok ini melejit ke tingkat baru dari kesuksesan Amerika. Beberapa lagu dari album-album dengan Turner mencapai Top 20 di tangga lagu rock di awal hingga pertengahan 80-an. "Stone Cold" menjadi hit Top 40 Rainbow pertama dan video band diputar pada rotasi berat di MTV. Turner merekam tiga album studio dengan Rainbow: Difficult to Cure, Straight Between the Eyes, dan Bent Out of Shape, yang menampilkan single, "Street of Dreams". Rainbow dibubarkan pada tahun 1984. 


Pada tahun 1985, setelah pecahnya Rainbow, Turner merilis album solo, Rescue You, diproduksi oleh Roy Thomas Baker, yang dikenal karena karyanya dengan Queen dan The Cars. Dia ikut menulis sebagian besar lagu dengan keyboardist Al Greenwood (Foreigner). Singel pertama, "Endlessly", menerima banyak pemutaran di radio dan MTV. Tur dengan Night Ranger dan Pat Benatar dan peran akting dalam film TV Blue Deville mengikutinya.

Pada tahun 1987 Turner juga menyediakan vokal latar ke album Michael Bolton, The Hunger. Dia muncul di lagu-lagu "Hot Love" dan "Gina". 


Pada tahun yang sama (1987), ia bergabung dengan Yngwie Malmsteen’s Rising Force dan merekam album Odyssey. Tur singkat yang mengikuti rilisan album termasuk konser di Leningrad yang direkam dan kemudian dirilis sebagai Trial oleh Fire (1989). Pada tahun 1989, ia meninggalkan band dan kemudian bergabung dengan Deep Purple. Turner merekam satu album, Slaves and Masters (1990). Album ini mencapai No. 87 di Charts Billboard, dan tur yang relatif sukses diikuti pada tahun 1991, tetapi Turner meninggalkan band pada akhir 1992. Dia juga mengeluarkan tiga album untuk band rock progresif Mother's Army, menampilkan Jeff Watson, Bob Daisley, dan Carmine Appice. 


Setelah menjalankan tugasnya dengan Rising Force dan Deep Purple, Turner menghabiskan pertengahan 90-an hingga 2008, mengerjakan karier solonya. Selama waktu itu, Turner merilis sembilan album studio tambahan dan dua album live, untuk melanjutkan dengan albumnya pada 1985, Rescue You. 

Dia juga bekerja dengan Brazen Abbot, yang dipimpin oleh gitaris Bulgaria Nikolo Kotzev. Menyumbangkan lagu-lagu yang ditulisnya atau ditulis bersama produser, Bob Held, Turner menyanyikan lagu-lagu itu di empat album studio meliputi, Eye of the Storm (1996); Bad Religion (1997); Guilty As Sin (2003); dan My Resurrection (2005). Pada tahun 2001, Turner mengambil bagian dalam peran "The Narrator" dalam opera rock, Nikolo Kotzev's Nostradamus. Turner juga memimpin band untuk sebagian besar pertunjukan live mereka di Bulgaria. Sebagai hasilnya, Turner muncul pada DVD penampilan bergaya dokumenter/pertunjukan langsung berjudul, A Decade of Brazen Abbot, serta rilisan kompilasi studio/live tahun 2015 dari 20 Years of Brazen Abbot. 

Pada tahun 2000, Turner pertama mendekati mantan bassis Trapeze dan Deep Purple, Glenn Hughes untuk menampilkan beberapa tanggal live di Jepang untuk mendukung album solo keenam Turner, Holy Man. Pada tahun 2001, pasangan ini membentuk Hughes Turner Project. Kolaborasi ini menghasilkan dua album studio (HTP dan HTP2) dan album live (Live In Tokyo) antara tahun 2001 hingga 2003. Pada tahun 2005, Hughes dan Turner berkolaborasi sekali lagi di proyek studio Rusia, album milik Michael Men Project, Made in Moscow. 


Pertunjukan PBS pada 11 Mei 2000 Between the Lions , menampilkan vokalnya pada lagu "Clobbered" di Season 1, Episode 29 episode berjudul, Giants and Cubs. Lagu lain, "Very Loud, Very Big, Very Metal," juga ditampilkan.

Pada 4 Agustus 2006, Turner memberikan sebuah pertunjukan khusus dari lagu-lagu Rainbow dengan New Japan Philharmonic di Metropolitan Art Space di Tokyo, Jepang. Kemudian pada tahun yang sama pada bulan September 2006, Turner merilis album pertama untuk proyek AOR Frontiers Records, Sunstorm, dengan bassis Dennis Ward dari band Pink Cream 69 di bawah judul, Sunstorm featuring Joe Lynn Turner. Album berikutnya dirilis dengan nama, Sunstorm.

Turner adalah bintang tamu dalam acara Voices of Classic Rock.

Pada tahun 2007, Turner juga tampil sebagai penampil utama dengan vokalis AC/DC Brian Johnson dalam tur amal Classic Rock Cares, yang diselenggarakan oleh teman lama Steve Luongo, yang merupakan drummer/produser dari The John Entwistle Band. 


Pada tahun 2008, Turner membentuk Over the Rainbow, sebuah band penghormatan yang terdiri dari mantan musisi Rainbow, meliputi drummer Bobby Rondinelli, bassist Greg Smith, keyboardist Paul Morris dan putra tertua Ritchie Blackmore, Jürgen pada gitar.

Dia juga anggota dari band tur Big Noize dari 2008-2012. Band ini menampilkan Turner bersama gitaris Carlos Cavazo, bassis Phil Soussan, dan drummer Vinny Appice. Pada musim gugur tahun 2008, band ini melakukan perjalanan ke Irak dan Kuwait untuk menghibur Pasukan Multi Nasional. Drummer Simon Wright, menggantikan Appice untuk sementara karena komitmen tur lainnya. 


Turner juga bekerja dengan bassis dan komposer Norwegia, Jan Holberg. Keduanya bergabung pertama di album milik Holberg rilisan 2011, Sense of Time yang terlihat Turner melakukan repertoar yang lebih berorientasi funk, menampilkan fleksibilitas vokalnya. Kolaborasi ini juga menghasilkan penampilan Turner dalam sebuah film dokumenter Street of Dreams yang mengikuti Holberg dari Norwegia saat ia mendapatkan peluang nyata pertamanya untuk terobosan besar dalam tur dengan pahlawan masa kecilnya, Joe Lynn Turner. Pada 2013 Turner menjadi bintang tamu di album kedua The Jan Holberg Project, At Your Service memberikan kinerja emosional pada power ballad Jealousy And Pride.

Pada musim panas 2012, ia dan Legends Voice of Rock melakukan pertunjukan di Golden Times Festival di Degerfors, Swedia.

Pada 2013 ia menyanyikan beberapa lagu dalam sebuah peran tamu di album Avantasia The Mystery of Time, dirilis pada bulan Maret.

Maret dan April 2013 terlihat Turner tampil sebagai seorang Artis Tamu Khusus untuk pertunjukan Las Vegas "Raiding the Rock Vault" di LVH Hotel and Casino. 


Saat ini dia adalah vokalis dari Rated X yang terdiri dari gitaris Karl Cochran (Nuclear Assault), Tony Franklin (The Firm, Blue Murder) dan Carmine Appice (Vanilla Fudge, Cactus, King Kobra). Album debut mereka telah dirilis pada 2014 via Frontiers Records.

Pada tanggal 9 Februari 2015, Turner adalah penyanyi tamu, bersama pemenang Slavin Slavchev, di final musim ketiga dari X Factor Bulgaria. Mereka menyanyikan bersama "Street of Dreams".

Dalam beberapa tahun terakhir, Turner telah menerima pengakuan dan penghargaan istimewa dari seluruh dunia. Pada 2015, ia dinobatkan sebagai Duta Budaya untuk Bulgaria. Pada tahun yang sama, ia menerima Legends of Rock Award di Italia, dan Peacemaker Award di Crimea untuk mempromosikan perdamaian dan kontribusi luar biasa untuk World Art. Dan pada tahun 2016, ia menerima The Man of The Golden Voice Award di Peru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...