Laman

Kamis, 16 April 2015

ANDY LaROCQUE



Bernama asli Anders Allhage, dilahirkan di Gothenburg, Swedia pada tanggal 29 Nopember 1962. Dia lebih dikenal sebagai gitaris dan penulis lagu untuk band King Diamond.


Andy memulai karirnya di band beraliran hard rock di Swedia, Swedish Beauty, yang kemudian berganti nama menjadi Swedish Erotica. Dia juga mengisi gitar di album band Death ‘Individual Thought Patterns’ dan album band IllWill ‘Evilution’, bersama dengan mantan anggota band Mercyful Fate.


Menurut Metal-Rules.com, album Death ‘Individual Thought Patterns’ berada di peringkat 100 di greatest heavy metal album of all time’ dan berada di peringkat 11 ‘greatest extreme metal album of all time’. Di majalah Guitar Player masuk dalam ‘Metal Guitar albums Top 20’.

Andy menyumbangkan solo gitarnya di lagu ‘Cold’, yang terdapat di album ‘Slaughter Of The Soul’ dari band melodic death metal asal Swedia, At The Gates. Yang mempunyai ide tersebut adalah produser Fredrik Nordstorm, dan menelepon Andy LaRocque. Anders Bjorler, gitaris At The Gates, memberikan kaset rekaman lagu tersebut kepada Andy. Rekaman tersebut diputar dengan salah di rumah Andy, maka Andy harus memeriksa rekaman tersebut. Dua hari setelah menerima kaset tersebut, Andy mengisi solo gitar untuk lagu tersebut dalam waktu setengah jam. Anders Bjolner menyebut solo gitar tersebut dengan kata ‘hebat’ dan pada sebuah wawancara di bulan Nopember 2007, dia mengaku belum bisa memainkan solo tersebut dengan mirip.


Permainan gitar solo Andy dapat didengar di banyak album lainnya, seperti album ‘Chapters from a Vale Forlorn’ punya band Falconer.


Andy LaRocque mempunyai sebuah studio bernama ‘Los Angered Recordings’ di kota Angered, Swedia, sejak tahun 1995, tempat dimana dia merekam album-album milik band-band lain. Pada tahun 2007, Andy memindahkan studionya ke Varberg dan memberinya nama ‘Sonic Train Studios’ dimana dia tetap memproduseri banyak band-band lainnya hingga saat ini.


Andy LaRocque dikenal dengan teknik gitar yang menyerap elemen neoclassical ke dalam permainannya, terutama dengan menggunakan exotic scale seperti harmonic minor, phrygiant dominant, diminished minor scale. Pengetahuan Andy tentang teori gitar yang luas membuatnya sanggup menggabungkan neo-classical scale tersebut dengan teknik lain seperti blues atau melodic minor. Dia mempunyai tone yang berbeda di tiap solo gitarnya, dan sering menggabungkan harmoni terhadap scale dan phrasing. Dia seringkali menggunakan campuran antara arpeggio dengan alternate picked yang digabugkan lagi dengan unsure melodic untuk menciptakan gaya gitarannya. Dia menyebutkan nama 2 orang gitaris sebagai pengaruh utama bagi dirinya yakni Michael Schenker dan Rhandy Rhoads. Dia juga menyukai Steve Vai, Tony Iommi, Roni Le Tekro TNT, dan tertarik dengan permainan Chuck Schuldiner saat merekam album ‘Individual Thought Patterns’ bersama-sama.

Discography

E.F. Band
King Diamond
Death
IllWill
X-World/5
  • New Universal Order (2008)
Maryann Cotton
  • ·         Free Falling Angels (2012)

Musisi Tamu/Bintang Tamu :
Sebagai produscer
Kompilasi :
  • Metalmeister, Vol. 2 (1997)
  • Deathmeister, Vol. 1 (1998)
  • Metalmeister, Vol. 3 (1998)
  • Metal Blade Records 20th Anniversary (2002)
  • Louder Than the Dragon: The Essential of Limb Music (2004)
Sumber : Wikipedia & Metal Archives

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...