Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

CHITY SOMAPALA



Vokalis dari benua Asia yang bisa menembus ranah Metal benua Eropa



Dilahirkan pada 4 November 1966 dengan Chandana Chitral Somapala di Colombo, Sri Lanka. Dia terlahir di keluarga musisi terkenal di Colombo. Chity berkuliah di Isipathana Collge - Colombo / Sri Lanka. Kedua orangtuanya, P.L.A. dan Chitra Somapala terkenal sebagai penyanyi Sri Lanka. Mereka berdua berkontribusi di soundtrack film Asoka. P.L.A. Somapala bekerja sebagai sutradara musik film.



Dia terkenal sebagai vokalis untuk band-band power metal asal Eropa seperti Firewind, Power Quest, Avalon, Faro, Red Circuit dan Civilization One.


Pada usia 10 tahun, Chity mulai mengambil les gitar. Dia beralih ke bass listrik di usia 14 tahun danmulai menyanyi tak lama kemudian. Pada usia 17 tahun dia sanggup membawakan lagu hit Top 40 di sejumlah klub di Colombo, dan akhirnya manggung dengan band dan artis utama di negara it. Di tahun 1985, dia ikut band asal Sri Lanka, Shock, sebuah band alternative yang didirikan oleh Diliup Gabadamudalige, pelopor produksi musik berdasarkan komputer di Sri Lanka dan sosok utama di skena musik modern di negara itu.


Di tahun 1986, Chity pergi ke Eropa (Swiss, Jerman, Austria dan Finlandia) sebagai bassis dan penyanyi dari band Top 40 bernama Rendezvous, kemudian merubah nama menjadi "Friends". Band ini dikenal telah mendukung banyak artis terkenal di negara-negara itu. Setelah melakukan tur untuk beberapa saat dari klub ke klub, memainkan hit Top 40, dia memutuskan di tahun 1994 untuk meninggalkan skena ini untuk berkonsentrasi untuk tampil hanya sebagai vokalis untuk mengikuti impiannya memainkan hard rock/heavy metal asli. Di tahun 1996, dia ikut band metal underground Jerman bernama Court Jester dan merekam album Forced to Believe, yang menerima tanggapan positif oleh wartawan Eropa.


Di tahun 1998, dia berkotribusi lagu "Nadee Ganga Tharanaye" dimana melodinya berdasarkan "Many Rivers to Cross" oleh Jimmy Cliff untuk iklan TV/radio untuk perusahaan bir Lion di Sri Lanka, yang sangat diminati di negara itu, uniknya lagu itu dinyanyikan dengan lirik dalam bahasa Sinhala dengan sentuhan hard rock/metal. Dia ikut Avalon, band melodic power/progressive asal Jerman sebagai penyanyi utama. Bekerjasama dengan lainnya, Avalon diproduseri oleh Charlie Bauerfeind (yang juga memproduseri band-band lain seperti Helloween, Gamma Ray, Blind Guardian, Saxon, dll). Album ketiga Avalon, Vision Eden, meneriman tanggapan bagus oleh media internasional dan Vision Eden membuat Avalon menjadi aksi pendukung bagi band-band seperti HammerFall, Uriah Heep, Metallica, Motorhead, Royal Hunt, Pink Cream 69, dan banyak lagi.


Selama musim panas 2000, dia berpartisipasi di album keempat Avalon, eurasia, dibawah kendali Sascha Paeth, yang dikenal dengan karyanya dengan Rhapsody, Kamelot, Heaven's Gate, Angra dan lain-lain. Di Eurasia dapat didengar pengaruh musik Asia dari negara asalnya Sri Lanka (Music of Sri Lanka). Disamping mengisi vokal, Chity dapat didengar memainkan Chapman Stick. Rilisan Eurasia diikuti dengan tur Eropa dengan Metalium. Avalon dibubarkan tak lama kemudian.


Di tahun 2002, dia berkontribusi di "Greenland's Theme" untuk the Isipathana International Rugby Championship di Sri Lanka dengan Frank Rohles, yang menjadi gitaris band tribute untuk Queen asal Jerman, Innuendo. Setelah sesi ini, dia membentuk band melodic rock bersama Frank Rohles, bernama Faro. Band ini merilis Dawn of Forever melalui MTM Music di musim panas 2003, dan tahun itu juga dia menyelesaikan album Echoes of a Nightmare dengan band Symphonic Metal asal Swedia. Juga di tahun 2002, dia berkontribusi vokal untuk beberapa lagu di album Metanoia, sebuah proyek musik independen oleh WOLFF. Sekali lagi, kemampuannya bermain Chapman Stick juga digunakan di lagu "Rut System" (Metanoia).


Pada akhir tahun 2003, dia diaudisi oleh virtuoso gitar asal Yunani Gus G untuk ikut Firewind untuk tur di bulan Januari 2004 di Jepang. Setelah tur yang sukses itu, Gus G meminta Chity untuk ikut band sebagai anggota permamen, dan mereka memulai berbagi ide untuk album ketiga Firewind. Hasil dari kolaborasi mereka, Forged by Fire masuk ke Japanese Top 100 dan menerima tanggapan yang hebat dari seluruh dunia. Setelah melakukan tur dengan HammerFall selama Ice Breaker Festivals Mereka Chity memutuskan untuk meninggalkan band di tahun 2005.


Di tahun 2006, dia mendirikan band Civilization One, yang merilis album Revolution Rising di tahun 2007. Civilization One dibubarkan di tahun 2010.

Dia saat ini melakukan rekaman dan manggung dengan band Jerman Red Circuit dan band classic rock/metal Inggris Rekuiem, salah satu anggota pendiri dari gerakan New Wave of British Heavy Metal di tahun 1980an.


Di bulan Mei 2010, Chity ikut band power metal Inggris Power Quest. Setelah 17 bulan dan merilis sebuah album (Blood Aliance) dengan Power Quest, Chity meninggalkan band dengan sejumlah syarat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...