Laman

Jumat, 11 Desember 2015

BRUCE KULICK



Gitaris berkebangsaan Amerika bernama lengkap Bruce Howard Kulick ini dilahirkan pada 12 Desember 1953 di Brooklyn, New York. Dia merupakan anggota band Grand Funk Railroad, sejak tahun 2000. Sebelumnya, Kulick telah menjadi anggota lama dari band Kiss (1984- 1996). Dia juga anggota dari Union dengan John Corabi dari tahun 1997-200. Selain itu, ia juga dikenal sebagai mantan anggota band Blackjack dengan Michael Bolton, dan juga bermain di beberapa album solo Michael Bolton. (Bolton kemudian ikut menulis lagu Kiss "Forever", dari Hot in the Shade).

 
"Stay", sebuah lagu Blackjack yang juga ditulis oleh Kulick dan Bolton, itu sampelnya dipakai oleh rapper Jay Z untuk lagu "A Dream" dari album 2002-nya The Blueprint 2: The Gift & the Curse yang mencapai # 1 di Billboard chart. 


Kulick terkenal karena menjadi mantan gitaris untuk band rock Kiss dari September 1984 sampai Agustus 1996. Kulick tidak pernah mengenakan rias wajah Kiss di panggung, yang mereka hapus pada tahun 1983. Dia adalah salah satu dari dua anggota Kiss (yang lainnya adalah gitaris Mark St. John, yang Kulick gantikan pada tahun 1984) yang tidak pernah memakai tat arias wajah dalam band. Kulick adalah anggota pertama Kiss akan ditulis dengan nama lahir yang sebenarnya dan, sampai saat ini, bersama dengan Tommy Thayer,adalah salah satu dari dua anggota yang pernah melakukannya. Semua anggota masa lalu dan sekarang lainnya telah ditulis dengan nama panggung, merubah nama secara hukum, nama panggilan atau nama dimodifikasi. 


Awalnya dibawa sebagai anggota tur setelah St. John didiagnosis dengan Reiter’s Syndrome, Kulick bermainkan di lima album studio Kiss: Asylum, Crazy Nights, Hot in the Shade, Revenge dan Carnival of Souls: The Final Sessions; ia juga muncul di Alive III dan Kiss Unplugged. Lagu "I Walk Alone", dari Carnival of Souls: The Final Sessions, adalah satu-satunya lagu Kiss yang menampilkan  Kulick sebagai vokalis. Hingga hari ini, Kulick sudah tampil di lebih dari 20 rilisan Kiss. 


Ketika anggota asli band bergabung kembali, dimulai pada tahun 1995 dengan MTV Unplugged special yang membawa kembali make-up dan kostum mereka untuk Alive/Worldwide Tour pada tahun 1996, Kulick dan Eric Singer dibayar mingguan selama tur; sementara "absen" dari Kiss, keduanya diizinkan untuk melakukan proyek-proyek lain selama Simmons dan Stanley mengijinkan mereka. Kulick resmi meninggalkan Kiss pada bulan Desember 1996. Kulick adalah anggota band terlama daripada anggota aslinya dan drummer Eric Singer. (Singer telah melakukan tiga kali menjalankan tugas terputus dengan band, setiap tugas itu jauh lebih pendek dari Kulick ini.)  Ketika Ace Frehley meninggalkan lagi Kiss (pada tahun 2002, setelah Farewell Tour-nya Kiss), Kulick tidak diminta untuk bergabung kembali, saat Simmons dan Stanley berpikir Tommy Thayer (mantan gitaris Black ‘n Blue dan manajer tur Kiss) bisa menangkap persona Frehley lebih baik daripada Kulick; Namun, Kulick terus bekerja dengan Kiss setelah kepergiannya, berkontribusi kerja gitar uncredited ke album You Wanted the Best, You Got the Beest!! dan Psycho Circus.



Kakak Bruce Kulick, Bob Kulick juga bermain dengan Kiss sebagai gitaris sesi, dan di samping itu muncul bersama di album solo Paul Stanley tahun 1978. Bob Kulick juga anggota dari tur band Stanley untuk tur klubnya di tahun 1989.

Union dibentuk oleh Bruce Kulick, John Corabi, Brent Fitz, dan Jamie Hunting pada tahun 1996. Corabi dan Kulick menulis lagu yang akan menjadi yang pertama self-titled Union (1998) dan dilanjutkan dengan tur akustik nasional, untuk mempromosikan album, menampilkan hanya Corabi dan Kulick (keduanya pada gitar). Segera band utuh melanjutkan tur dunia menjadi penampil utama di tempat kecil untuk mendukung album Union. Album kedua "Live in the Galaxy" adalah rekaman live dengan 2 lagu akustik yang direkam di sebuah mobile studio pada tahun 1999. Album Union ketiga dan terakhir, The Blue Room (2000), memiliki suara yang lebih halus daripada CD studio pertama. Union tidak pernah secara resmi menyatakan bubar (tetap manggung namun jarang dengan drummer dan pemain bass tamu), tetapi dengan Kulick bermain bersama dengan Grand Funk Railroad, Corabi bermain dengan banyak band, terutama Ratt, dan kedua anggota yang terikat dalam proyek solo, Unionmungkin tidak akan pernah kembali untuk menulis materi studio baru.


Kulick adalah gitaris untuk Grand Funk Railroad, dengan siapa ia telah bermain sejak tahun 2001. 

Kulick telah merilis tiga album solo, Audio Dog pada tahun 2001, Transformer pada tahun 2003, dan yang paling baru BK3, yang dirilis pada tanggal 2 Februari 2010.


Pada akhir tahun 1970, setelah merilis album pertama Meat Loaf Bat Out of Hell, Kulick bermain gitar pada tur dengan band Meat Loaf ini. 

Sebelum bergabung dengan Meat Loaf, Bruce Kulick tur selama beberapa bulan sebagai gitaris utama dari Andrea True Connection. 


Kulick juga tampil di semua rilisan album oleh proyek solo Eric Singer, ESP (Eric Singer Project): Lost and Spaced (1998), ESP (1999), dan Eric Singer Project: Live in Tokyo (2006). Kulick juga muncul di DVD Eric Singer Project: Live in the Marquee (2006), yang difilmkan langsung di Australia. 

Kulick muncul di album Lordi pada Maret 2006, The Arockalypse, bermain gitar pada lagu "It Snows in Hell".
 
Kulick muncul di album solo Paul Stanley tahun 2006, Live to Win, bermain bass. 

Pada tahun 2006, Kulick tampil pada kompilasi Butchering the Beatles, bermain gitar utama pada lagu "Drive My Car". 


Kulick menjadi tamu solo gitar untuk lagu "The Edge of Razor" (ditampilkan di album Emotional Coma) oleh kelompok metal asal Swedia, Lion’s Share. Lion’s Share tengah merekam di studio milik mantan presiden Kiss Army Swedia, yang tahu bahwa Kulick tiba di Stockholm untuk menghadiri Kiss Expo. Pemilik studio menyarankan bahwa Lion’s Share mengundang Kulick ke studio . Kulick menerima undangan dan pergi ke studio, di mana ia memainkan solo gitar. Kulick awalnya bermain solo blues yang mirip dengan Union, sehingga gitaris Lion’s Share Lars Chriss mengatakan; "Kembalilah, dan lakukan beberapa hal yang lebih mencolok". Chriss menjelaskan solo itu sebagai "sangat berdasarkan balas dendam", dan bahwa Kulick "menggunakan whammy bar untuk menunjukkannya". Selain itu, Chriss berkomentar bahwa solo itu "hebat", memiliki "banyak emosi", dan bahwa "memiliki beberapa elemen mencolok". Setelah itu, Kulick menandatangani beberapa album Kiss untuk grup. 


Kulick adalah bintang tamu bersama dengan Paul Stanley di Rock 'n Roll Fantasy Camp di New York City (31 Agustus-3 September 2003). 

Dalam wawancara yang ditampilkannya di tahun 2004 dengan Paul Stanley, Kulick membahas proyek rekaman pertamanya dari tahun 1974, adalah KKB. Proyek ini menampilkan teman-teman masa kecilnya Mike Katz dan Guy Bois (huruf K dan B dari KKB) dan memiliki sound mirip dengan Cream. Kulick baru saja menemukan master tape dari sesi tersebut dan mengeluarkan melalui CD edisi terbatas, tersedia selama penampilannya di Kiss Expos dan melalui website-nya. Dalam sebuah wawancara tindak lanjut dengan Paul Stanley, Kulick juga membahas cinta seumur hidupnya akan Star Wars dan persamaan sejarahnya untuk Kiss.

Kulick adalah salah satu karakter dalam buku Sex Tips from Rock Stars oleh Paul Miles, diterbitkan oleh Omnibus Press pada bulan Juli 2010.

Bruce Kulick juga menjadi gitaris tamu di proyek-proyek/artis lain seperti: Rosetta, Billy Squier, The Good Rats, Avantasia, Graham Bonnet dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...