Laman

Jumat, 01 Januari 2016

GLEN BUXTON




Dilahirkan dengan nama Glen Edward Buxton pada 10 November 1947 di Akron, Ohio, AS, adalah seorang musisi berkebangsaan Amerika, dan gitaris untuk band orisinil Alice Cooper. Pada tahun 2003, Rolling Stone menempatkan Buxton di rangking No. 90 dalam daftarnya the 100 greatest guitarists of all time. Pada tahun 2011, dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota dari band Alice Cooper.


Buxton pindah ke Phoenix, Arizona dan pada tahun 1964, saat belajar di Cortez High School, membuat debutnya di sebuah band rock bernama The Earwigs. Band itu terdiri dari sesama murid SMA itu yakni Dennis Dunaway dan Vincent Furnier. Mereka terkenal, dan merubah nama mereka menjadi The Spiders pada tahun 1965 dan kemudian The Nazz pada tahun 1967. Pada tahun 1968, untuk menghindari masalah hukum dengan The Nazz pimpinan Todd Rundgren, band Buxton merubah nama mereka menjadi Alice Cooper.


Buxton adalah penulis bersama dari lagu-lagu hit seperti "School's Out, "I'm Eighteen", "Elected," dan "10 Minutes Before the Worm". Dia diberi kredit sebagai gitaris utama pada tujuh album Alice Cooper, termasuk album dengan pencapaian tertinggi di chart Billion Dollar Babies. Album terakhirnya dengan Alice Cooper adalah Muscle of Love tahun 1973.

Selama akhir 1970an dan 1980an, Buxton tetap menjaga dirinya sebagai pribadi yang rendah hati, bermain hanya sesekali di pertunjukan panggung dengan band-band seperti Shrapnel dan Virgin. Pada akhir 1990an, Buxton berdomisili di Clarion, Iowa, tampil dengan artis-artis lokal.


Beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke 50, dia meninggal karena komplikasi dari pneumonia di sebuah rumah sakit dekat Mason City. Dia baru saja menghabiskan waktunya dengan rekan seband lama Michael Bruce dan Neal Smith. Buxton dimakamkan di pemakaman Evergreen di Clarion, Iowa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...