Laman

Jumat, 01 April 2016

JEFF PORCARO




Lahir pada 1 April 1954 di South Windsor, Hartford, Connecticut, AS dengan nama Jeffrey Thomas Porcaro. Putra tertua dari perkusionis asal Los Angeles Joe Porcaro dan istrinya, Eileen. Adik-adiknya, Mike dan Steve juga merupakan musisi studio yang sukses dan  juga anggota band Toto. Jeff dibesarkan di San Fernando Valley, Los Angeles dan menempuh pendidikan di Ulysses S. Grant High School.

Dia adalah pemain dram, penulis lagu dan produser yang dikenal sebagai pemain dram dari band rock TOTO.  Jeff adalah satu dari sekian banyak musisi rekaman dalam sejarah, yang bekerja di ratusan album dan ribuan sesi. Allmusic mengkarakteristikan dia sebagai “pemain dram studio yang mempunyai jam terbang paling tinggi dalam dunia musik rock dari pertengahan 70-an hingga awal 80-an”, lebih jauh menyebutkan “Tidak dapat dibantah lagi bahwa suara dram dari musik pop/rock pada 1980-an, sebagian besar, adalah suara dram Jeff Porcaro”.


Jeff mulai belajar bermain dram pada usia tujuh tahun. Pelajaran pertama datang dari sang ayah, Joe Porcaro, yang diikuti lebih jauh oleh Bob Zimmitti dan Richie Lepore. Pada 22 Oktober 1983 Jeff menikah dengan Susan Norris, seorang penyiar televisi Los Angeles. Mereka mempunyai tiga orang putra, Christopher Joseph (1984), Miles Edwin Crawford (1986), dan Nico Hendrix (1991).


Saat dia berusia 17 tahun, Porcaro mendapatkan gig profesional pertamanya bermain di band tur Sonny and Cher. Dia kemudian dipanggil oleh Jim Keltner dan Jim Gordon idolanya pada saat itu. Selama usia 20an-nya, dia bermain di ratusan album, termasuk beberapa album untuk Steely Dan. Dia melakukan tur dengan Boz Scaggs sebelum ikut mendirikan Toto dengan adiknya Steve dan teman masa kecil Steve Lukather dan David Paich. Jeff Porcaro dikenal diantara sekian banyak drummer untuk alur drum di lagu Toto pemenang Grammy Award “Rosanna”, dari album Toto IV. Alur drum itu disebut the Half-Time Shuffle Groove, awalnya dicipatakan oleh drummer legendaris Bernard Purdie yang menamainya “Purdie Shuffle.” Jeff menciptakan versinya sendiri atau groove ini dan merubah alur bass drum untuk lebih cocok dengan lagunya. Jeff mendeskripsikan groove ini secara rinci di video Star Licks (kini DVD) yang dia ciptakan tidak lama setelah Rosanna menjadi terkenal.


Disamping bekerja dengan Toto, dia juga dianggap sebagai musisi sesi kelas atas. Dia berkolaborasi dengan banyak nama-nama besar dalam musik, antaranya Boz Scaggs, Paul McCartney, Dire Straits, Donald Fagen, Steely Dan, Rickie Lee Jones, Michael Jackson, Al Jarreau, George Benson, Joe Walsh, Joe Cocker, Stan Getz, Sérgio Mendes, Lee Ritenour, Christopher Cross, James Newton-Howard, Jim Messina, Barbra Streisand, Donna Summer, Diana Ross, Eric Carmen, Eric Clapton, Miles Davis, Bruce Springsteen, Elton John, Larry Carlton, Michael McDonald, Seals & Crofts, dan David Gilmour. Porcaro telah berkontribusi drum untuk empat lagu di Thriller-nya Michael Jackson, juga bermain di hit album Dangerous “Heal the World”. Dia juga bermain di …Meanwhile-nya 10cc (1992). Pada album 1993 10cc Alive, direkam setelah kematiannya, band mendedikasikan “The Night That Stars Didn’t Show” padanya.


Richard Marx mendedikasikan lagu “One Man” padanya dan mengatakan Porcaro adalah drummer terbaik yang pernah dia ajak kerjasama. Michael Jackson membuat sebuah dedikasi untuk Porcaro di catatan album tahun 1995nya HIStory: Past, Present and Future, Book I.


Jeff meninggal pada 5 Agustus 1992 pada usia 38 tahun. Bintang rock tersebut jatuh sakit setelah meyemprotkan insektisida di halaman rumahnya di Hidden Hills dan meninggal malam itu di Humana Hospital di West Hills. Menurut salah satu laporan Los Angeles Times, Kantor koroner daerah Los Angeles menyebutkan sebab kematian adalah serangan jantung dari penyempitan pembuluh darah akibat penggunaan kokain, bukan dari reaksi alergi pestisida seperti yang diduga setelah kematiannya dan dinyatakan oleh Toto di sejarah resmi band.

Pemakaman Jeff dilakukan pada 10 Agustus di Forest Lawn – Hollywood Hills Cemetary, dimana dia dimakamkan di Lincoln Terrace, deret 120. The Jeff Porcaro Memorial Fund didirikan untuk menyumbang departemen musik dan seni Grant High School di Los Angeles, dimana dia adalah murid pada awal 1970-an. Konser memorial berlangsung di Universal Amphiteater di Los Angeles pada 14 Desember 1992 dengan para bintang pengisi seperti Boz Scaggs, Donald Fagen, Don Henley, Michael McDonald, David Crosby, Eddie Van Halen, dan para anggota Toto. Hasil dari konser tersebut diperguakan untuk dana pendidikan bagi para putra Jeff.

Kuburan Porcaro diberi batu nisan, tertulis lirik dari lagu album Kingdom of Desire “Wings of Time”: “Our Love doesn’t end here; it lives forever, on the Wings of Time.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...