Laman

Minggu, 10 April 2016

BRIAN SETZER




Lahir dengan nama Brian Robert Setzer pada 10 April 1959 di Massapequa, New York. Dimuali pada Januari 1979, dia mengomandani band The Tomcats sebelum merubah mereka menjadi Stray Cats yang sukses kemudian.

Setelah tampil secara lokal dari New York ke Philadelphia dibawah beragam nama dengan tanpa sukses nyata, penyanyi dan gitaris utama Setzer, drummer Slim Jim Phantom (lahir James McDonell) dan bassis Lee Rocker (lahir Leon Drucker) memutuskan pada Juni 1980 untuk pergi ke London, Inggris dimana mereka percaya orang akan lebih mengapresiasi suara dan gaya mereka.


Untuk memperoleh uang untuk tiket pesawat mereka, Setzer, Rocker dan Phantom pergi ke Sam Ash Music di 48th Strett untuk menjual alat musik dan perlengkapan mereka ke toko, untuk uang yang cukup untuk tiket pesawat. Saat kedatangan mereka, mereka memutuskan untuk menyebut diri mereka “Stray Cats”, sebuah nama yang disarankan oleh Rocker karena status mereka sebagai ‘strays’. Setelah tampil hanya untuk beberapa bulan mereka menarik perhatian produser rekaman Inggris Dave Edmunds, dan merilis serangkaian single sukses di UK, yang menyaingi kancah punk yang telah ramai di London.

Setelah merilis beberapa single dan dua album di Inggris, Stray Cats mendapatkan perhatian Amerika dengan album 1982, Built for Speed, yang menyertakan dua hit Top Ten, “Rock This Town” (#9) dan “Stray Cat Strut” (#3). Album ini pada dasarnya sebuah rilisan ulang dari banyak lagu dari dua album terdahulu, self-title Stray Cats dan Gonna Ball, yang tidak pernah dirilis di Amerika. Album tindak lanjut mereka di 1983 Rat ‘N Rave with the Stray Cats menyertakan dua single sukses: “(She’s) Sexy + 17” (#5), dan “I Won’t Stand in Your Way’ (#35).

Setelah hanya 4 tahun, Stray Cats berpisah pada 1984, tapi bereuni secara singkat untuk merekam album dan tur beberapa kali selama awal 1990an. Dari 1985 hingga awal 1986, Setzer adalah gitaris utama untuk versi tur dari band ensemble-nya Robert Plant, The Honeydrippers.


Pada musim panas 1986, Setzer merilis album solo pertamanya, The Knife Feels Like Justice, yang menandakan perubahan besar dari sound ciri khasnya dan lebih ke suara ‘rock-roots’ mainstream, yang dipopulerkan pada saat itu oleh para artis seperti John Cougar Mellencamp dan Bruce Springsteen. Album ini hanya dipromosikan secara kecil oleh labelnya dan sebagai akibatnya hanya mendapatkan sedikit kesuksesan, hanya mencapai nomor 45 di tangga album Billboard 200 AS. Album ini menjadu kesukaan yang dikultyskan diantara mereka yang mengerti pesan Setzer berusaha untuk menanggapai, seperti masalah limbah nuklir dan imigrasi, pengertian agama dan ‘working man’s blues’, seperti pengangguran, kesendirian, dll. Pada 1988 album solo keduanya “Live Nude Guitars” adalah persilangan antara album solo pertamanya dan rekaman Stray Cats dan sekali lagi menjadi kesukaan kultus termasuk pada banyak daftar top 10 kritik pada tahun itu.


Pada 1987, Setzer memainkan bagian dari Eddie Cochran di filem biografikal dalam kehidupan Ritchie Valens, La Bamba.

Pada pertengahan 1990an Setzer sekali lagi membangkitkan format lama dari musik orientasi masa muda, musik swing dan jump blues saat dia membentuk The Brian Setzer Orchestra, sebuah proyek ensemble 17 musisi, yang merilis 4 album studio, sebuah album Natal dan beberapa rilisan live antara 1994 dan 2002. Kesuksesan terbesar grupnya (dan diluar Stray Cats) datang pada 1998 dengan rilisan album The Dirty Boogie yang masuk ke top 10 di tangga album AS dan menampilkan sebuah single hit, sebuah cover dari Louis Prima, “Jump, Jive an’ Wail”.


Setzer terus merilis album solo secara sporadic, termasuk sebuah rekaman live solo, Rockin’ By Myself pada 1998. Pada 2001 dia merilis sebuah album berjudul Ignition dengan trio barunya diberi nama the ’68 Comeback Special. Pada 2003 dia merilis Nitro Burnin’ Funny Daddy. Sebuah album penghargaan berjudul Rockabilly Riot Vol. 1: A Tribute To Sun Records dirilis pada 26 Juli 2005, di AS. Sebuah album berjudul 13 dirilis pada Oktober 2006.

Pada 25 September 2007, the Brian Setzer Orchestra merilis Wolfgang’s Big Night Out yang menampilkan Setzer menampilkan musik klasik, seperti “Symphony No. 5”-nya Beethoven dan “Fur Elise”. Wolfgang memberikan Setzer nominasi Grammy kedelepannya, kali ini untuk Best Classical Crossover album of the year.

Pada 13 Oktober 2009, the Brian Setzer Orcestra merilis album baru berjudul Songs From Lonely Avenue. Untuk pertama kalinya dalam karir Setzer, dia adalah penulis tunggal di setiap lagu. Frank Comstock, aranjer big band berusia 87 tahun dengan siapa Setzer berkolaborasi di Wolfgang’s Big Night Out, membuat orchestra di sebagia besar bagian horn untuk album.

Pada 14 Desember 2009, Setzer tidak bisa untuk menyelesaikan sebuah penampilan di Albuquerque, New Mexico, dan secara singkat masuk ke rumah sakit karena “dehidrasi, penyakit takut ketinggian dan vertigo.” Setelah Colorado Springs, Albuquerque adalah kota dengan ketinggian kedua di kota Amerika dimana lebih dari 100.000 orang dan banyak pengunjung mengalami kekurangan oksigen dan memerlukan perawatan ER.

Pada 2011, Setzer melakukan tur secara luas ke Erpa. Malam pembukaan dari The Brian Setzer Rockabilly Riot! Europe Tour 2011 adalah di ulang tahun ke 10 dari the Azkena Rock Festival pada 25 Juni, Vitoria Gasteiz, Spanyol dengan penonton lebih dari 50.000 orang.


Tur kemudian melakukan jadwal di Zurich, Swiss; Luxembourg City, Luxembourg; Weert dan Amsterdam di Belanda; Berlin, hamburg dan Cologne di Jerman; dan Peer di Belgia. Jadwal tur Skandinavia adalah di Copenhagen, Denmark, Stockholm, Swedia dan Helsinki, Finalndia berakahir di Helsinki Ice Hall.

Pertunjukan lebuh jauh diadakan di the Brixton, Academy, London dan di Dublin, Irlandia. Tur direncanakan untuk berlanjut ke Jepang pada September 2011.

The Brian Setzer Rockabilly Riot Tour! Menampilkan sebuah set khusus dengan Slim Jim Phantom, dan didukung pada pertunjukan besar oleh band punk rock Swedia The Knockouts di Jerman, Denmak, Swedia dan Finlandia.

Setzer juga memproduseri album 2014 Drake Bell, yang terinspirasi Rockabilly, Ready Steady Go! Melalui Surfdog Records, yang dirilis pada 22 April. Dia juga memainkan gitar pada dua lagu, “I Won’t Stand In Your Way” dan “Bitchcraft”.

Setzer dianugerahi the Orville H. Gibson Lifetime Achievement Award di the 1999 Gibson Awards. Hingga 1999, penerima sebelumnya dari anugerah ini adalah B.B. King, Emmylou Harris, Vince Gill dan John Fogerty.

Sejak 2000, Setser telah memperoleh 3 Grammy Awards: Best Pop Performance Duo/Group untuk “Jump Jive An’ Wail”, dan dua penghargaan Best Pop Instrumental Performance untuk “Sleep Walk” dan “Caravan”. Pada Desember 2006 dia menerima nominasi Grammy ketujuhnya untuk versinya dari “My Favorite Things”, lagi dalam kategori Best Pop Instrumental Performance.

Pada 29 Nopember 2015 Setzer dilantik ke dalam the Long Island Music Hall of Fame.

Setzer telah menikah tiga kali, yang terakhir adalah pada 2015 dengan Julie Reiten, mantan penyani dari the Dustbunnies. Setzer dan Reiten tinggal di Minneapolis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...