Laman

Kamis, 28 April 2016

EDDIE JOBSON




Lahir dengan nama Edwin Jobson pada 28 April 1955 di Billingham, Stockton-on-Tees, Inggris. Dia mulai bermain piano pada usia 7 tahun dan menambah dengan violin pada tahun berikutnya. Kemudian dia mengambil pendidikan di Bede Hall Grammar School, lulus pada usia 16 tahun. Adalah harapannya untuk melanjutkan ke Royal Academy Music; saat dia mendaftar dan harus memenuhi kualifikasi untuk akademi tersebut, dia tidak diterima karena dia baru berusia 16 tahun. Akademi tersebut menerima murid yang berusia 17 tahun, maka disarankan bahwa Jobson baru bisa masuk tahun depan dan bekerja di toko kaset hingga saat itu tiba. Dia bermain piano di kelas balet, dan juga musik untuk teater. Saat inilah dia makin memantapkan untuk mengeksplorasi alat musik baru, terutama synthesizer, dan juga bertransisi ke genre musik lainnya.


Jobson, bersama dengan grup lokal dari lulusan universitas, memulai sebuah band, Fat Grapple, yang memainkan musik asli dan cover version dari grup terkenal 1970-an, Curved Air dan Fairport Convention. Satu pertunjukan lokal di the Redcar Jazz Club menampilkan Fat Grapple sebagai aksi pembuka untuk Curved Air, dan disini Jobson memainkan violin listrik, dimana dia membawakan lagu terkenal "Jig-a=Jig yang membuatnya dikenal bisa memainkan musik yang beragam. Tak lama setelah Curved Air kehilangan anggota kunci Francis Monkman dan Darryl Way, Jobson diminta untuk menggantikan mereka berdua. Saat itu, Jobson berusia 17 tahun, tapi Royal Academy sudah bukan lagi rencana Jobson.


Grup ini mempunyai beberapa kesuksesan regional dengan rilisan 1973 mereka, Air Cut. Melakukan tur di Eropa, tapi mereka bubar tak lama kemudian. Pada 2009, rekaman yang sebelumnya dirilis sebagai album Lovechild, terdapat 2 buah komposisi milik Jobson.

Saat masih di Curved Air, Jobson menjadi akrab dengan frontman Roxy Music Bryan Ferry karena adik-adik perempuan mereka berbagi kamar saat di bangku kuliah. Saat mendengar penampilan Curved Air, Ferry meminta Jobson untuk memainkan kibord dan synthesizer untuk album solonya, These Foolish Things (1973). Sebelum rekaman itu selesai, dia tidak hanya memainkan alat musik yang diminta, tapi juga berkontribusi sebagai composer, aranjer, dan memainkan alat musik gesek untuk band.


Pada 1973 Jobson menggantikan Brian Eno di Roxy Music, dimana dia memainkan 3 peran: menggantikan Eno, menggantikan Ferry (yang beralih menjadi frontman setelah sebelumnya memainkan piano), dan dia sendiri. Jobson bertahan dengan band untuk tiga album studio dan berbagai tur sebelum band melakukan hiatus panjang pada 1976.

Selama 1970an, Jobson terus memainkan kibord dan violin untuk beragam artis rekaman, seperti King Crimson, Phil Manzanera, Andy Mackay, John Entwistle, Bill Bruford dan lainnya.


Saat melakukan tur pada akhir 1975, Roxy Music membuka untuk band Frank Zappa di Milwaukee, WI; di penampilan inilah Jobson dan Zappa pertama bertemu. Setelah tur Roxy berakhir, Jobson kemudian menghabiskan satu minggu di awal 1976 pergi dengan band Zappa di Canada, selama waktu ini Jobson dan Zappa menampilkan beragam musik di kamar hotel dan belakang panggung di tempat konser. Jobson akhirnya dibawa naik panggung di menit akhir untuk tampil yang pada dasarnya sebuah audisi di hadapan ribuan penggemar Zappa.

Saat Roxy Music hiatus pada 1976, Jobson menjadi musisi yang paling diminati. Dia mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan Procol Harum, tapi akhirnya memutuskan untuk menjadi anggota band Frank Zappa. Walaupun Jobson muncul di sampul dari album Zoot Allures (1976), dia tidak tampil satupun di album ini. Dalam sebuah wawancara tahun 1995 dengan Art Rock Magazine, Jobson menjelaskan bahwa Zappa selalu merekam segalanya dan siapapun yang ada di band pada saat itu hanya tampil di sampul album. Namun Jobson tampil di album live 1978, Zappa in New York dan Philly ’76 dimana yang dirilis oleh label Zappa pada 2009. 

Pada 1977, Jobson membantu membentuk supergrup rock progresif UK. Awalnya, band ini juga menyertakan para mantan anggota King Crimson, Bill Bruford (drum) dan John Wetton (bass dan vokal utama) bersama dengan penambahan gitaris Allan Holdsworth. Namun, setelah album debut mereka UK (1978) dan tur tindak lanjut, Bruford dan Holdsworth pergi untuk melakukan arah musik yang lain.


Drumer Terry Bozzio, yang mengenal Jobson saat mereka bersama di band Zappa, bersedia dan dengan demikian didaftarkan untuk bergabung dengan UK. Trio ini merilis dua album lagi: (Danger Money (1979) dan menghasilkan konser live, Night After Night (1979), dan melakukan tur suskes sebelum UK dibubarkan pada 1980.


Jobson diminta untuk berpartisipasi di album solo frontman Jethro Tull Ian Anderson, yang kemudian dirilis oleh Chrysalis Records pada 1980 sebagai album penuh milik Tull, A. Jobson dikreditkan sebagai ‘tamu khusus’, memainkan kibord, violin listrik, dan disebutkan di catatan album sebagai penyedia materi tambahan. Dia bertahan dengan band untuk tur dunia mereka pada 1980, dan yang berakhir pada Februari 1981 di Perancis. Namun, Jobson bereuni dengan band diatas panggung untuk beberapa lagu di Internatioanl Congress Centrum di Berlin, Jerman pada 16 Maret 1985 untuk merayakan ulang tahun ke 300 Johann Sebastian Bach. Jobson bermain di penampilan band dari “Double Violin Concerto” milik Bach.


Jobson adalah anggota band singkat dari Yes pada 1983 setelah kepergian kibordis Tony Kaye. Jobson tidak pernah rekaman atau tampil live dengan Yes. Penampilan resmi satu-satunya dengan band adalah di foto promosi, dan di video untuk “Owner of a Lonely Heart”. Tapi video itu dirilis setelah Kaye bergabung kembali dan Jobson telah pergi. Ini menghasilkan Jobson tampil di versi asli dari video lagu itu (walaupun di edit sebisa mungkin). Jobson mengatakan di situsnya bahwa dia diminta untuk menggantikan Kaye, dan ragu-ragu untuk melakukannya hingga setelah mendengar rilisan baru band, dan kemudian berlatih dengan band di London. Dia kembali ke rumahnya di AS sebagai anggota penuh Yes, dan mulai mempelajari lagu-lagu band. Namun, beberapa minggu kemudian dia menerima panggilan dari manajemen band yang memberitahukan bahwa Kaye kembali ke grup dan keduanya akan berbagi tugas kibord. Jobson menolak, dan meninggalkan band.

Pada 1983 Capitol Records/EMI merilis album solo Jobson, Zinc – The Green Album. Album dari komposisi asli yang dibawakan dalam format gaya band menggunakan musisi sesi pada drum, bass, dan gitar. Vokal, kibord, dan violin litsrik dimainkan oleh Jobson.

Dua tahun kemudian, Jobson membuat sebuah genre signifikan yang beralih dari musik rock progresif ke gaya new age dengan Theme of Secrets. Rilisan 1985 ini oleh label rekaman new-age Private Music, direkam sendiri menggunakan Synclavier dan sample. Tahun yang sama itu dia juga membuat dan menampilkan3 komposisi piano di album kompilasi label itu, Piano One.

Selama 1980-an dan 1990-an Jobson juga mempunyai karir yang sukses sebagai komposer untuk soundtrack TV  dan film. Dia membuat musik hampir 100 episode dari seri TV Nash Bridges. Dia membuat musik untuk 2 rilisan Walt Disney Pictures pada 2003, The Haunted Mansion dan Brother Bear.

Jobson juga menggubah musik untuk dunia periklanan, yang paling menonjol iklan Amtrak “California Zephyr” yang menampilkan Richie Havens menyanyikan “There’s Something About a Train That’s Magic”. Untuk pembuatan musik dan arah musik untuk bidang ini, Jobson memenangkan Clio Award untuk musik asli pada 1988. Dia terus menerima Clio Award sebahai pemenang atau finalis selama beberapa tahun berikutnya.

Pada 2000, Jobson memulai label miliknya sendiri, Globe Music Media Arts, dimana dia memproduseri/mendistribusikan ragam dari apa yang dia sebut “ sebuah gabungan dari gaya musik yang lebih berbudaya”, yang menonjol adalah album tahun 2000 dari kor wanita Bulgaria Voices of Life. Disamping menjadi produser, dia juga berkontribusi 3 komposisi baru (awalnya ditujukan untuk proyek reuni UK yang sedang dalam perkembangan berjudul Legacy), dan memainkan violin pada dua lagu baru. Sebuah label kedua, Glo Digital, mendukung label asli pada 2009, saat Jobson bergerak kea rah label musik yang bisa diunduh. Pada 2010 dia meluncurkan Zealots Lounge, pemasaran alternative berdasarkan pesanan ke penjualan musi eceran tradisional. Jobson telah menyebut yang berpartisipasi di program ini sebagai “modern-day patron of the arts”.

The Creation of Peace Festival di Kazan, Tatarstan pada 30 Agustus 2008 terlihat Jobson kembali ke panggung setelah lebih dari dua dekade. Dia memainkan piano pada satu lagu dengan grup Patti Smith, satu lagu dengan Fairport Convention, dan dua lagu (“Red” dan bagian dua dari “Larks’ Tongues in Aspic”) dengan King Crimson Project. Band ini menampilkan Adrian Belwe, Tony Levin, Pat Mastelotto, Eric Slick dan Julie Slick; diciptakan secara khusus untuk festival ini, dan satu penampilan tambahan, beberapa hari kemudian pada 3 September 2008 di B1 Club di Moscow. Selain bergabung dengan para musisi ini, Jobson juga menampilkan solo piano dan violin di the B1.


Pada Oktober 2007, Jobson mengumumkan formasi dari sebuah band baru, UKZ, dengan Trey Gunn, Marco Minnemann, Alex Machacek, dan Aaron Lippert. EP merekam, Radiation, tersedia dari toko online Globe Music pada Januari 2009, dan rilisan resminya di Glo Digital pada Maret 2009; sebuah sebuah dengan durasi 7:48 dari trek judul dirilis lebih awal, muncul di YouTube pada Januari 2009. Penampilan live pertama band dilakukan di Town Hall di New York City pada 24 januari 2009. Beberapa bulan kemudian pada Juni, UKZ juga melakukan 4 jadwal di Jepang di kota-kota Tokyo, Nagoya, dan Osaka. Selain itu, 9 Agustus 2009, Jobson melakukan sebuah gig reuni dengan Curved Air di Chislehurst, Kent.

November 2009 menandai reuni antara Jobson dan Wetton dengan 3 penampilan di Polandia (di kota Krakow, Warsaw, dan Bydgoszcz) terlihat Jobson bereuni dengan mantan rekan band Roxy Music dan UK, John Wetton, untuk apa yang disebut “The 30th Anniversary of U.K.”

Selama 2009 Jobson juga menciptakan sebuah grup, ‘U-Z Project’, yang menampilkan lineup yang berubah-ubah dari para musisi tamu; gabungan ini terus tampil di konser live menempuh Amerika Utara dan Tengah, Eropa, dan Jepang. Musisi yang berpartisipasi antaranya John Wetton, Alex Machacek, Marc Bonilla, dan para drummer Marco Minnemann, Mike Mangini, Virgis Donati, Gary Husband, dan Simon Phillips.

Pada Januari 2010 Jobson ditunjuk sebagai dewan penasehat teknis dari perusahaan kibord berbasis Austin, Texas, Infinite Response. Dia terlibat dalam pengembangan VAX77 folding MIDI keyboard controller perusahaan itu, dimana Hobson muncul pada NAMM Show Januari 2010 di Anaheim, California. Proyek U-Z milik Jobson menjadi penampil utama NEARfest di Bethlehem, Pennsylvania pada 20 Juni 2010. Sebuah CD kompilasi dari berbagai penampilan U-Z pada 2009 dirilis sebagai Ultimate Zero – The Best of the U-Z Project Live di Jepang pada November 2010.

Pada Januari 2011, Jobson memberikan serangkaian “master class” di Jepang, membawakan komposisi selama karirnya dan diskusi bergaya kuliah dari musiknya. Pada April tahun iyu, tur reuni “U.K.” dari Jobson-Wetton tampil di Jepang dan AS, dengan Alex Machacek (gitar) dan Marco Minnemann (drum) melengkapi lineup 4 orang. Jobson tampil utama di festival Zappanale tahun 2011 pada 21 Agustus di Bad Doberan, Jerman, dan memainkan gid lebih awal di Zoetermeer pada 19 Agustus, dengan lineup proyek U-Z dari Marc Bonilla (vokal/bass), Alex Machacek (gitar) dan Marco Minnemann (drum).

Pada awal 2012, Jobson menegaskan bahwa dia membentuk kembali lineup trio UK – Jobson, John Wetton, dan Terry Bozzio – untuk sebuah tur dunia satu kali, yang berlangsung dari Mei-Juni 2012, dengan trio ini memainkan jadwal di Amerika Utara dan Jepang. Namun, Bozzio tidak bergabung di jadwal konser musim panas tambahan di Eropa, dimana drummer Gary Husband mengambil peran itu. Alex Machacek (gitar) juga ditambahkan ke lineup band. Jobson, Wetton, Machacek, dan Husband juga tampil utama di NEARFest Apocalypse di Bethlehem, Pennsylvania. Selain itu, trio Jobson, Wetton, Bozzio menambah penampilan mereka pada Maret 2013 di perjalanan dari perjalan rock peogresif Cruise to the Edge, dimana mereka tampil bersama Yes dan Steve Hackett.

Jobson menandai ulang tahun ke 40 sejak awal karir musik profesionalnya dengan tur singkat di Jepang selama November 2013. Bergabung dengannya di panggung adalah gabungan para musisi dari masa lalu dan masa kininya, antara lain John Wetton, Sonja Kristina, Alex Machacek, Marco Minnemann, Aaron Lippert, dan Ric Fierabracci. Dia menampilkan lagu yang terentang selama 4 dekade termasuk musik dari Curved Air, Roxy Music, UK, UKZ, juga album solonya, ke gedung pertunjukan di Tokyo dan Osaka yang tiketnya ludes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...