Laman

Minggu, 10 April 2016

JOHN CORABI




Lahir pada 26 April 1958 di Philadelphia, Pennyslvania, AS. Dia adalah penyanyi dan gitaris heavy metal yang pernah bekerja dengan band-band seperti Angora, The Scream, Motley Crue, Union dan ESP (keduanya dengan mantan gitaris utama Kiss Bruce Kulick), Ratt (sebagai gitaris), Twenty 4 Seven (dengan rekan sebandnya di Ratt, Bobby Blotzer), Zen Lunatic, Brides of Destruction, dan Angel City (dengan rekan sebandnya di Ratt Robbie Crane dan Boby Blotzer, dan mantan gitaris Ratt Keri Kelli, yang dia gantikan di Ratt). Dia saat ini adalah penyanyi utama untuk The Dead Daisies.

Setelah Motley Crue berpisah dengan penyanyi utama Vince Neil pada Februari 1992, Corabi dipekerjakan sebagai penggantinya. Bassis Nikki Sixx dan drummer Tommy Lee menyatakan bahwa band akan diuntungkan dari penambahan suara Corabi dan kontribusi musisi lain pada penulisan lagu. Corabi merekam album self-title Motley Crue pada 1994 dan EP Quaternary. Walaupun musiknya lebih berat dan lebih luas dibandingkan catalog Motley Crue lainnya, album itu tidak terjual sebaik rilisan terdahulu dari band. Selama tahap awal penulisan album baru yang akan menjadi Generation Swine, label rekaman Motley Crue menolak untuk menyediakan dana untuk merekam album kecuali Vince Neil kembali ke dalam band. Dari pada mencari label lain, Motley Crue memenuhi permintaan itu dan pada 1997 Corabi digantikan oleh kembalinya Vince Neil. Banyak lagu dari sesi penulisan awal digunakan pada album dan Corabi dikreditkan di catatan untuk ikut menulis beberapa lagu.


Corabi dan anggota Motley Crue lainnya muncul secara pribadi di Hard Rock Café, London di pesta pribadi pada Februari 1994 mempromosikan album Motley Crue self-title mereka. Malam itu juga dihadiri oleh banyak pemenang kompetisi Motley Crue yang diundang ke wilayah VIP untuk berbicara dengan Corabi, juga ketiga anggota band lainnya. Pada Juli 2015, Corabi dan bandnya tampil di sebuah bar dan memainkan semua lagu dari album Motley Crue. Beberapa minggu setelah penampilan itu, Corabi menyatakan “album ini akan berhasil jika menggunakan nama band yang berbeda”.


Union dibentuk oleh para musisi yang terdiri dari Bruce Kulick dari Kiss, John Corabi, Brent Fitz, dan Jamie Hunting. John dan Bruce menulis yang nantinya akan menjadi album Union pertama (self-title) dan menindaklanjutinya dengan tur akustik, untuk mempromosikan album itu, hanya menampilkan Corabi dan Kulick (keduanya pada gitar). Kemudian band penuh melakukan tur dunia bermai di gedung-gedung kecil untuk mendukung album Union. Album kedua “Live in the Galaxy” adalah rekaman live dengan 2 lagu akustik yang direkam di sebuah studio mobil. Album ketiga dan final Union, The Blue Room, adalah suara yang lebih halus dibandingkan CD studio pertama. Union tidak pernah bubar secara resmi (sering memainkan pertunjukan dengan para drummer dan pemain bass tamu), tapi dengan Kulick bersama Grand Funk Railroad, Corabi bermain dengan banyak band, terutama Ratt, dan kedua anggota terikta dengan proyek solo, Union mungkin tidak pernah kembali untuk menulis materi studio baru.


ESP juga menampilkan gitaris Bruce Kulick, bassis Karl Cochran, dan drummer Eric Singer. Ace Frehley membuat sebuah pemunculaan khusus di cover Jimi Hendrix, Foxy Lady.

Twenty 4 Seven, sebuah kolaborasi dengan Corabi, drummer Bobby Blotzer (ratt, Contraband), dan gitaris Rob Marcello (Ironhorse, Obsession, Danger Danger) merekam 10 trek hard rock berjudul Destination Everywhere (AS, 2002).


Corabi tampil sebagai gitaris kedua di album Bride of Desruction tahun 2004, Here Comes The Brides. Dia memiliki alasan beragam untuk meninggalkan band. Satu adalah fakta bahwa dia diberitahu itu akan menjadi sebuah usaha seperti album “Motley Crue”. Kedua, dia sangat tidak bisa bekerja sama dengan Tracii Guns. Dia juga mengatakan salam sebuah wawancara bahwa “saat Nikki mengatakan pada saya tentang band, saya sangat suka dengan ide penulisan lagu CD lain denga  suara yang berat dari album Motley Crue, tapi saat kami makin dalam dalam rekaman, kami mendengar drummer kami menyanyi apa yang akan menjadi lagu terbaik di CD itu, saat Nikki dan Tracii mengatakan bahwa penyanyi kami adalah yang terbaik, hal itu tidak masuk akal bagi saya.”

Corabi menampilkan lagu di album solo Karl Cochran, Voodooland – Give Me Air yang dirilis pada 2005.


Tahun 20015 juga terlihat perilisan dari DVD Union pertama, Do Your Own Thing Live, berisi dua konser penuh.

Union tampil di Tokyo, Jepang pada Jamuari 2005 dan tur ke Eropa pada Nopember dan Desember 2005.


Corabi tur ke Eropa dengan ESP pada Mei 2005 dan USA dengan Ratt pada musim panas 2005.

Pada Februari 2006, Corabi kembali ke Jepang dengan ESP untuk penampilan live dan tatap muka dengan penggemar. ESP juga tampil di Australia pada April 2006 untuk pertunjukan di Sydnes dan Melbourne.

Pada akhir 2006, Corabi memainkan pertunjukan terakhir dengan Ratt yang divokalisi oleh Jizzy Pearl di Guadalajara, Meksiko sebelum band bereuni dengan vokalis asli Stephen Pearcy.


Corabi berkontribusi vokal pada sebuah lagu untuk Liberty N’ Justice (sebuah grup Christian rock yang membuat album rock all-star) berjudul “Doubting Thomas.” Lagu itu dirilis pada 2007 di album “Independence Day”.

Pada November 2007 John memainkan 4 pertunjukan di Jepang dan 2 pertunjukan di Australia dengan Ratt sambil tur dengan Winger.

Pada Desember 2007, John kembali ke Mexico City denga ESP (Eric Singer Project) untuk satu pertunjukan dan tatap muka dengan penggemar. Lagu-lagunya diambil dari Motorhead, Led Zeppelin, Kiss dan favorit lain.

Awal 2008, John Corabi menghadiri the Motley Cruise, sebuah pelayaran 4 hari di Karibia (Miami, Key West dan Cozumel, MX) termasuk penampilan seperti Vince Neil, Skid Row, Ratt, Slaughter, Endeverafter dan Lynam. Pada pelayaran ini, Corabi bergabung dengan Vince Neil di panggung membawakan “Highway to Hell” oleh AC/DC. Penampilan ini suatu yang unik saat para penggemar menyaksikan dua vokalis Motley Crue berbagi mikrofone yang sama. Pada Agustus 2008, Corabi telah berpisah dengan Ratt untuk mengejar karir solonya.

Corabi membuat pemunculan vokal pada rilisan 2010 Bruce Kulick “BK3”. Dia meng-cover “Life” oleh Siam Shade untuk album penghormatan 2010, Siam Shade Tribute.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...