Laman

Sabtu, 16 April 2016

T LAVITZ




Lahir dengan nama Terrence Lavitz pada 16 April 1956 serta tumbuh di New Jersey, AS. Dia terkenal akan karyanya dengan the Dixie Dregs dan Jazz Is Dead.


Dia mulai mengambil pelajaran piano pada usia 7 tahun dan diberi tawaran beasiswa di Interlochen Arts Academy di Michigan dimana dia belajar kibord dan saksofon. Setelah SMA dia berkuliah di University of Miami’s School of Music. Di tahun seniornya di UM dia diminta untuk bergabung dengan Dixie Dregs. Dia menerima undangan itu dan memainkan pertunjukan pertamanya pada januari 1980. ‘Dregs of The Earth’, dirilis pada 1980, adalah album Dregs pertama dimana dia dapat didengar. Pada 1981 dia memenangkan kategori ‘Best New Talent’ dari angket pembaca tahunan Keyboard Magazine.


The Dregs bubar pada Januari1983 dan T Lavitz, Rod Morgenstein dan Andy West melakukan tur dengan mantan gitaris/penyanyi Little Feat Paul Barrere. ‘Extended Play’, sebuah EP lima lagu, dirilis pada 1984. Album juga menampilkan pemain bass masa depan dari Dregs dan Steve Morse Band Dave LaRue. Pada 1985 Lavitz bergabung dengan the Bluesbusters, sebuah kuintet blues rock yang juga menampilkan Paul Barrere, gitaris/penyanyi Catfish Hodge, pemain bass Freebo (Bonnie Raitt) dan drummer Larry Zack. Mereka merilis dua album dan tur secara luas. Album solo pertamanya ‘Storytime’ dirilis pada 1986. Album ‘Players’ yang mendapatkan pengakuan dengan Jeff Berlin, Steve Smith dan Scott Henderson dirilis pada 1987.


The Dregs reuni pada 1988 untuk merekam dua lagu sebagai sebuah CD demonstrasi untuk perusahann Ensoniq. Sebuah tur singkat menyusul dengan Dave LaRue menggantikan Andy West. Kemudian tahun itu T Lavitz bergabung dengan Mother’s Finest yang terbentuk kembali dalam tur. Tur dengan Bill Bruford dan Billy Cobham Trio menyusulnya.


Pada 1991 T Lavitz diundang untuk bergabung dengan Widespread Panic setelah memainkan kibord di album pertama mereka untuk pembukaan label Capricorn Records. Lavitz melakukan tur dengan Widespread Panic dari April 1991 hingga akhir tahun itu, tapi meninggalkan band saat Dixie Dregs bereuni dan teken kontrak ulang dengan Capricorn Records pada 1992. Dixie Dregs reformasi mengadakan pertunjukan bersama Widespread Panic di dua pertunjukan pada Februari 1992 dengan Lavitz tampil dengan kedua band; ini adalah dua penampilan terakhirnya sebagai kibordis untuk Widespread Panic. The Dixie Dregs merekam ‘Bring ‘Em Back Alive’ selama tur di bulan Februari. Violinis Allen Sloan, yang telah menjadi anestesiologis, tidak bisa melanjutkan tur dan digantikan oleh mantan violinis Mahavishnu Orchestra, Jerry Goodman. Tahun itu T Lavitz memenangkan kategori ‘Jazz Keyboardist of the Year’ dari angket pembaca tahunan Keyboard Magazine. ‘Full Circle’, album studio Dregs pertama dalam 12 tahun, dirilis pada 1994. Album solo lainnya ‘Gossip’ direkam sebelum Lavitz bergabung dengan Jefferson Starship pada 1996. Jazz Is Dead dibentuk pada akhir 1997 dengan T Lavitz, Jimmy Herring, Alphonso Johnson dan Billy Cobham membawakan musik the Grateful Dead dalam instrumental jazz. “Blue Light Rain” direkam selama tur pertama pada 1988. Billy Cobham digantikan oleh Rod Morgenstein dan Jeff Spide pada saat album kedua ‘Laughing Water’ dirilis.


The Dixie Dregs melakukan sebuah tur singkat pada akhir Agustus 1999. Band ini dikawal oleh anggota asli Andy West dan Allen Sloan. Lavitz melakukan tur dengan Jazz Is Dead dan juga dengan Dixie Dregs kapanpun.


Di bagian pertama dari millennium baru T Lavitz ambil bagian di beberapa proyek. ‘Endangered Species’, dengan Jimmy Heering, Richie Hayward dan Kenny Gradney dirilis pada 2001, ‘Cosmic Farm’, dengan Rob Waseerman, Craig Erickson dan Jeff Sipe, dirilis pada 2005 dan ‘Boston T Party’, dengan Dennis Chambers, Jeff Berlin dan Dave Fiuczynski, dirilis pada 2006. Di musim pnasa 2006 dia mulai mengajar di Summer Performance Program di Berklee College of Music, Boston, MA.

Lavitz meninggal pada 7 Oktober 2010.

Pada 2015, sebuah CD Jazz Is Dead berjudul “Grateful Jazz” dirilis (direkam pada 2004), lima tahun setelah kematian Lavitz. CD ini juga menampilkan rekan seband Dregs Rod Morgenstein, gitaris Jeff Pevar (yang juga memproduseri proyek ini), bassis David Livolsi dan sejumlah tamu khusus, termasuk Alphonso Johnson, Bill Evans, Howard Levy, Luis Conte, Bill Holloman dan Jerry Goodman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...