Laman

Jumat, 22 April 2016

SHAVO ODADJIAN




Lahir dengan nama Shavarsh Odadjian pada 22 April 1974 di Yerevan, Armenian SSR, USSR. Dia adalah penulis lagu, sutradara/editor video, produser musik, dan artis/pelukis berkebangsaan Armenia-Amerika. Dia lebih dikenal sebagai seorang pemain bass, vokalis latar dan penulis lagu sesekali untuk band rock pemenang Grammy Award System Of A Down. 


Selama masa cuti band dari 2006 hingga 2010, Odadjian berkolaborasi dengan pendiri Wu Tang Clan RZA pada sebuah proyek bernama Achozen, yang berkontribusi dengan sejumlah lagu di film Babylon A.D. sebuah album kompilasi dirilis pada 2015. Odadjian juga dikreditkan dengan pembuatan musik filem, bersama dengan The Rza dan Hans Zimmer.

Dia pindah ke Los Angeles pada usia yang sangat muda, dan dia belajar di Alex Pilibos Elemtary School di Los Angeles, sebuah sekolah persiapan Armenia, bersama dengan rekan satu band di masa depan Daron Malakian dan Serj Tankian, walaupun mereka tidak berada dalam satu angkatan karena perbedaan usia. Selama masa remajanya, Odadjian mengatakan bahwa dia menghabiskan waktunya dengan melakukan skateboard dan mendengarkan musik punk rock dan heavy metal. Diantaranya, Dead Kennedys, KISS, Slayer, The Beatles, dan Black Sabbath sebagai band favoritnya, dan pengaruh yang paling besar dalam mengembangkan rasa musikal dan karirnya.

Saat duduk di bangku kuliah (mengambil jurusan mayor Psikologi dan minor dalam Seni) dan bekerja di sebuah bank, Odadjian mulai menjadi manajer Soil – band dimana Daron Malakian dan Serj Tankian menjadi bagiannya pada 1992. Odadjian telah bertemu mereka di sebuah studio rekaman, dimana dia melakukan rekaman dengan bandnya. Kedua anggota itu memanggilnya untuk membantu, dan dia menjadi manajer band.


Pada 1995, Odadjian menjadi bassis permanen band. Mereka menamakan diri mereka System of a Down, dari puisi yang ditulis oleh rekan band Daraon Malakian berjudul “Victims of a Down”. Odadjian tidak suka dengan nama “Victims” dan berpikir bahwa kata “System” akan menarik untuk banyak orang. Band juga mengatakan bahwa mereka juga ingin CD mereka ditempatkan di toko bersama band favorit mereka, Slayer. Pada saat inilah bahwa Odadjian melepas tanggajung jawab manajerial aslinya pada Velvet Hammer Music. Rilisan pertama mereka berjudul “Sugar.” Tidak lama kemudian Andy Khachaturian bergabung dengan band tapi digantikan pada 1997 oleh drummer saat ini John Dolmayan karena cedera tangan.

Band melakukan hiatus antara 2006 dan 2010, dengan para anggota grup memfokuskan pada proyek luar. Pada 23 November 2010, SOAD merilis pernyataan resmi menyatakan akan bermain di sejumlah festival Eropa pada 2011, dan mereka bermain di sejumlah pertunjukan di Amerika Utara juga.

Pada awal 2008, Odadjian mendirikan Ursession, sebuah bagian seni online virtual dan situs jaringan dengan mengumpulkan artis dari semua genre dan gaya di seluruh dunia. Situs ini juga didirikan oleh teman lama Odadjian dan pengacara hiburan, Narb Avedissian. Power 106’s World Famous Wake-Up Show Sway & King Tech (juga vj MTV adalah rekan di situs ini, menyediakan arsip eksklusif, cuplikan yang beleum pernah dilihat dari Eminnem, Dr. Dree, dan raper terkemuka lainnya dimana mereka pertama mulai di industry ini.

Selain itu, Odadjian adalah DJ terkenal di wilayah LA, ambil bagian di beberapa acara seperti “Rock/DJ Explosion” pada 2 Maret 2001 di The Roxy di Hollywood, CA dan berkolaborasi dengan rekan band System of A Down Serj Tankian, album kolaborasi penyanyi dengan musisi Armenia multi talenta Arto Tuncboyaciyan. Odadjian menggunakan nama DJ Tactics, dan menampilkan musik dari hip-hop, tech-house, rock klasik, dan metal.


Odadjian adalah produser eksekutif untuk Abloom, sebuah proyek sampingan dari anggota Onesidezero, Snot, dan Soulfly. Odadjian saat ini menjadi mentor band Chameleon Conductor merekam album debut mereka. Adik Odadjian, Dave memainkan bass di band ini, bersama sepupunya Harry Markarian, yang memainkan gitar.

Pada September 2009, diumumkan bahwa Odadjian akan tampil live sebagai DecompoZer di Eropa pada Oktober. Dia akan menyertai Rza. DecompoZer adalah alias Odadjian. Dia mengumumkan bahwa lagu lengkap akan dirilis pada 2010, termasuk lagu GraveDiggaz baru yang menampilkan Frukwan aka The Gatekeeper. Kolaborasi lainnya termasuk 60 Second Assassin, Killah Priest, dan lainnya.

Keterlibatan Odadjian dalam seni dimulai pada usia muda, saat dia pertama tampil di video “Big Gun” oleh AC/DC pada 1993, berdiri di samping Arnold Schwarzenegger di kerumunan dengan topi baseball terbalik dan T-shirt putih, saat Schwarzenegger menangkap dinamit. Dia juga menjadi cameo sebagao anggota Hansel’s Posse di film Zoolander.

Pada 2006, Odadjian membintangi film yang diakui kritikus “Screamers”, sebuah documenter oleh sutradara terkenal internasional Carla Garapedian. Film ini mengikuti Odadjian dan anggota lain System of a Down saat mereka tur Eropa dan AS, menitik beratkan pada horror dari pemusnahan modern yang mulai di Armenia pada 1915 selama masa Darfur.

Odadjian adalah aktifis hak asasi manusia yang mengambil peran penting dalam memprotes terhadap kekejaman pada manusia, termasuk, tapi tidak terbatas pada, pengurangan dan pencegahan pemusnahan manusia di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...