Laman

Senin, 25 April 2016

FISH




Lahir dengan nama Derek William Richard pada 25 April 1958 di Edinburgh dan tumbuh di Dalkeith, Midlothian, Skotlandia. Putra dari Robert dan Isabella, Fish belajar di King's Park primary school dan kemudian Dalkeith High School. Dia terinspirasi oleh musik dari banyak artis-artis rock pada akhir 60-an dan awal 70-an, seperti Genesis, Pink Floyd, The Moody Blues, Van der Graaf Generator, The Kinks, T.Rex, David Bowie, Argent dan The Alex Harvey Band (Fish kemudian membuat album penghormatan untuk para pengaruh ini pada album cover nya "Songs From the Mirror). Band pertama yang dia tonton saat pertunjukan adalah Yes di Usher Hall, Edinburgh, pada 1974. Seperti sukanya dia akan musik, dia juga seorang pembaca yang serius, dan inspirasi literaturnya adalah Jack Kerouac, Truman Capote, Robert Burns dan Dylan Thomas (semuanya tertulis di sampul album Marillion, Clutching at Straws).


Fish bekerja sebagai petugas pompa bensin, tukang kebun dan mulai 1977 hingga 1980 bekerja di kehutanan. Selama periode ini dia mengadopsi nama julukan Fish, yang berasal dari jumlah waktu yang pergunakan dalam bak mandi. 


Fish bergabung dengan Marillion pada 1981 dan menjadi perhatian publik saat band memperoleh popularitas dua tahun kedepan, merilis album debut mereka yang masuk Top 10, Script For a Jester's Tear pada 1983. Band mendapatkan kesuksesan lebih jauh di UK dengan single hit top 10 pada 1985 dengan "Kayleigh" dan "Lavender", dan lagi pada 1987 dengan "Incommunicado". Pada 1988, Fish meninggalkan Marillion untuk bersolo karir.


Banyak karya Fish berikutnya berisi lirik yang diucapkan dengan panjang, contoh lebih pendek dapat didengar di album Marillion awal. Fish telah berkolaborasi dengan pendiri Genesis Tony banks di album Still dan Soundtracks milik Banks, menyanyi pada lagu-lagu: Shortcut to Somewhere, Angel Face, dan ikut menulis Another Murder of a Day.

Pada 26 Agustus 2007, Fish tampil di acara 'Hobble On The Cobbles' di Market Square di Aylesbury, UK. Dia ditemani di panggung oleh mantan keempat rekan bandnya di Marillion dari lineup klasik (Mark Kelly, Steve Rothery, Ian Mosley dan Pete Trewavas) untuk satu lagu" 'Market Square Heroes'. Ini adalah pertama kalinya mereka tampil bersama selama hampir dua dekade. Di sebuah wawancara pers menyusul acara itu, Fish membantah hal ini akan menjadi reuni penuh, mengklaim bahwa "Hogarth melakukan pekerjaan hebat dengan band ... Kami menjalani arah yang berbeda selama lebih dari 19 tahun."

Album 2007 miliknya, 13th Star, dirilis pada 12 September sebagai versi paket khusus pra-rilis yang tersedia untuk dipesan di situsnya. Sebuah tur UK untuk album ini dilakukan pada Maret 2008, didukung oleh Glyder. Pada Februari 2008, Fish menegaskan akan menjadi penampil utama di Jumat malam di NEARFest X. Dia juga muncul dengan Bob Harris dari BBC radio di GMTV untuk mempromosikan Childline Rocks, sebuah konser amal.

Pada 2008, Fish mempersembahkan sebuah acara radio Jumat malam "Fish on Friday" untuk stasiun radio digital Planet Rock. Saat stasiun itu akan tutup, Malcolm Bluemel dengan bantuan dari Fish, Tony Iommi, Ian Anderson dan Gary Moore membantu menyelamatkan Planet Rock dengan membeli stasiun itu.

Pada 9 Juni 2008, Fish melakukan tur Amerika Utara penuh pertamanya dalam sebelas tahun. Pada setiap pemberhentian, dia mengadakan acara jumpa penggemar pra pertunjukan dengan para penggemarnya. Dua hari sebelumnya, dia diwawancarai oleh Vince Font dari podcat rock progresif Prog'opolis, yang diudarakan seminggu kemudian di The Dividing Line Broadcast Network (DLBN) sebagai "My Lunch With Fish".

Pada 2005, Fish memenangkan sebuah edisi Celebrity Music dari The Weakest Link, mengalahkan Eggsy dari Goldie Lookin Chain di ronde final, berbagi 18,750 pound dengan amal Eggsy dan dirinya.

Pada 20 dan 21 Oktober 2012, Fish membawakan acara Fish Covention 2012 di Leamington Spa, UK. Dia membawakan 2 lagu akustik dan 1 lagu elektrik termasuk materi dari rilisan mendatangnya, Feast of COnsequences. Dia juga membawakan B-side Marillion favorit penggemar "Grendel", dua kali.

Fish kadang-kadang dibandingkan dengan Peter Gabriel, penyanyi utama Genesis pada awal 1970an, dan suaranya bahkan digambarkan "hampir mendekati". Jurnalis musik David Hepworth menggambarkan suaranya sebagai "persilangan dari Roger Daltrey dan Peter Gabriel". Fish telah mengakui pengaruh Gabriel pada dirinya dan beberapa kesamaan vokal, tapi menolak tuduhan dari kritikus selama karirnya bahwa dia tidak memiliki sebuah keunikan suara sendiri. Peter Hammill dari Van der Graaf juga pengaruh besar pada penulisan lagu dan alur vokalnya, yang nyata di dua album pertama Marillion.

Setelah masalah hukum dengan EMI dan kontrak yang gagal dengan Polydor, Fish mendirikan the Dick Bros Record Company pada 1993. Dia merilis sejumlah album "official bootleg" untuk membiayai perusahaan itu sebelum menjualnya ke Roadrunner Records. Periode kegagalan secara keuangan lainnya menyusul sebelum dia mendirikan lagi label rekaman Chocolate Frog Records miliknya pada 2001, Fish bersepakat dengan Snapper tapi kemudian kembali ke Chocolate Frog Records.

Pada Mei 2008, acara Planet Rock milik Fish 'Fish on Fridays' memenangkan the Silver award di Music Broadcaster of the Year di UK Sony Radio Academy Awards 2008. Pada Juni 2008, di the New York Festivals Radio Broadcasting Awards, dia dan Gary Moore bersamaan menerima Gold World Medal di katergori Regularly Scheduled Music Program untuk pertunjukan mereka di Planet Rock.

Fish diberi tawaran dan menerima sebuah bagian di filem 1986 Highlander (dimana Marillion juga diberi tawaran soundtrack) tapi dia akhirnya harus membatalkannya karena komitmen turnya dengan band. Fish pertama muncul di tv terestrial dengan "The Comic Strip Presents..." episode "More Bad News" pada 1988 sebagai dirinya.

Peran akting pertamanya adalah bintang tamu di sebuah episode dari "Zorro" berjudul "The Newcomers" (mengudara pada 10 Februari 1991) tapi peran yang lebih menonjol adalah sebagai the thug "Ferguson" bersama dengan John Sessions di Jute City, sebuah drama BBC empat bagian pada 1991 berdasarkan sebuah grup Masonic ruffians.

Pada 1994, dia muncul di Chasing the Deer, sebuah film selama thr 1745 Jacobite Rebellion, sebagai "Angus Cameron". Dia juga melepas sebuah peran di Braveheart. Dia menghabiskan 2 hari dengan Mel Gibson yang terus memintanya untuk terlibat tapi dia berkomitmen dengan tur albumnya Suits.

Pada 1998 dia muncul sebagai "David Lawson" di seri 14, episode 44 dari seri ITV The Bill, berjudul 'Manhunt' dan mengudara pada 16 April.

Dia memainkan "Derek Trout", seorang produser rekaman di seri tahun 1999, The Young Person's Guide To Becoming A Rock Star.

Dia juga muncul sebagai "Barry Judd" di sebuah episode tahun 2000 dari seri tv detektif Rebus bersama John Hannah. 

Kemudian pada 2000 Fish akan berakting di acara tv detektif Skotlandia terkenal "Taggart" episode nomor 48 "Skin Deep".

Pada 2001 dia diaudisi (gagal) untuk film James Bond, Die Another Day. Dia kemudian muncul di dua episode dari Snoddy, sebuah sitkom Skotlandia pendek.

Pada 2004 Fish memainkan "Finlay Price" di film tv "Quite Ugly One Morning" bersama James Nesbitt, Eddie Marsan dan Annette Crosbie.

Fish muncul sebagai "Old Nick", sebuah gaya homoseksual di film komedi kejahatan tahun 2002, 9 Dead Gay Guys.

Pada film 2005, The Jacket, Fish muncul bersama Adrien Brody dan Keira Knightley sebagai pasien "Jimmy Fleischer" di sebuah institusi mental dan dia memainkan "Uncle Jimmy" di drama komedia tahun 2012 'Electric Man'.


Fish menikah dengan istri pertamanya, Tamara Nowy, seorang model Jerman yang muncul di video musik "Kayleigh", "Lady Nina" dan "A Gentleman's Excuse Me" pada 25 Juli 1987. Mereka memiliki seorang putri, Tara Rowena (Taz) lahir pada 1 Januari 1991, yang saat menjadi model untuk 'Colours Agency' dan pada 2012 dinominasikan untuk 'Scottish Model of the Year'. Fish dan Nowy bercera pada 2003. Setelah perceraiannya dengan Nowy, Fish berhubungan dengan penyanyi Mostly Autumn, Heather Findlay.

Pada 2008, Fish mengungkapkan bahwa dia akan akan beristirahat setidaknya enam bulan dari menyanyi karena "irregular cell growth" di tenggorokannya. Hal ini kemudian ditentukan bukan sebuah kanker.

Fish adalah penggemar seumut hidup dari klub sepakbola Edinburgh, Hibernian.

Fish memiliki ketertarikan kuat dalam ilmu pengetahun kelautan.

Secara politik, Fish dikenal sebagai memiliki "banyak kecenderungan sosial" meskipun bekerja di industri kapitalis. Fish adalah pendukung dari Scottish independence karena dia "dismayed" oleh anti Eropa dari UK dan tidak percaya sebuah "pemerintahan berbasis London" karena dia percaya hal itu akan menjadi "hypocritical" saat dia merencanakan untuk meninggalkan Skotlandia ke Jerman untuk tinggal dengan pasangannya dan putra mudanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...