Laman

Rabu, 20 April 2016

JON DETTE




Lahir dengan nama Jonathan Dette di San Diego, California, AS pada 19 April 1970, adalah seorang drummer heavy metal, dikenal untuk bermain di Evildead, Iced Earth, Slayer, Testament, Anthrax dan Heathen. Dette adalah seorang drummer kidal. Karir bermain drum telah berlangsung lebih dari dua dekade.

Dette tumbuh di kota pantai Encinitas di San Diego, CA. Pada ulang tahunnya yang ke 14, dia menerima dua drum kit. “Saya telah memainkan double bass kit sejak hari pertama. Orang tua saya bercerai dan mereka masing-masing memberi saya drum untuk ulang tahun saya. Sebuah CB700 merah lima buah dan tiga buah Ruther biru oleh Pearl. Saya memiliki kertas dinding berwarna putih dan setelah melepas semua dari bungkus, saya memiliki 7 buah perangkat yang keren.” Pada ulang tahun yang sama, Dette juga menerima album Anthrax, Fistful of Metal, yang kemudian dia anggap sebagai pengaruh dalam gaya permainannya. “Pertama kali saya mendengar album itu, saya ternganga. Saya belum pernah mendengar permainan drum bass ganda cepat seperti itu sebelumnya. Itu sangat cepat, dan bersuara berat. Saya langsung merasakan hubungan dengan gaya musik dan permainan drum itu.”


Dari 1984 hingga 1991, Dette membangun metode latihan yang unik yang meletakkan pondasi untuk gaya permainan drumnya yang cepat dan agresif. Itu juga menyiapkan dirinya untuk karir profesionalnya. Walaupun dia menerima beberapa pelajaran formal, dia lebih dominan belajar untuk memainkan drum sendiri dengan mendengar dan mempelajari album-album dari Metallica, Slayer, Anthrax dan Megadeth. “bermain drum adalah salah satu gaya teka-teki yang kompleks saat saya mendengarnya, masuk akal bagi saya. Saya dapat mendengar sebuah lagu dan mengeti hampir semua yang berlangsung dengan drum. Saya tidak bisa memainkan 90%, tapi saya mengerti. Dan dari itu, album-album menjadi buku pelajaran saya. Saya akan berlatih dan mempelajari setiap lagu di album-album Big Four hingga saya bisa memainkan semua album sendiri.”


Setelah lulus SMA pada 1988, Dette segera memulai karir dalam musik. Dia pindah ke Hollywood, CA untuk belajar di Musicians Institute. Walaupun MI adalah pengalaman belajar yang positif, Hollywood bukan. “Saya bukan penggemar Hollywood. Kancah Glam sedang terkenal saat itu dan saya benar-benar tidak cocok dengan itu.” Setelah lulus dari MI, Dette kembali ke San Diego dan kemudian memulai bandnya sendiri Apocalypse, dimana mereka bermain di klub lokal di wilayah San Diego.


Selama pertengahan 1990an, karir Dette terangkat. Dia sedikit terlibat dengan artis SPV, Evildead antara 1993-1994. Dari sana, dia kemudian bermain untuk Testament, dimana dia melakukan tur dengan band itu, muncul di video musik mereka, “Low” dan tampil di rekaman live mereka, Live at the Fillmore. Dia juga muncul dengan grup di film besar, Strange Days. Pada akhir 1995, Dette diminta untuk bergabung dengan Slayer, dimana kembali dia melakukan tur dengan band mendukung album, Undisputted Attitude. Dette muncul di video musik, “I Hate You.” Dette kemudian mulai bekerja dengan band untuk album Diabolus in Musica tapi digantikan oleh Paul Bostaph sebelum rekaman pada 1997. Dette kemudian kembali ke Testament untuk mulai tur dunia mereka mendukung album, ”Demonic” hingga awal 1998.


Selama 2000an, Dette relative agak diam dalam industry musik. Dia memulai band Pushed dengan mantan bassis Testament Greg Christian. Pushed merekam dua demo dan bermain di kancah klub di San Diego dan Los Angeles. Dette juga berkolaborasi dengan drummer Stewart Copeland untuk sebuah cuplikan musik filem berjudul, Stewart Copeland’s Fear Drum.


Dari 2011 hingga kini, kontribusi Dette meningkat, merekam tiga album penuh dan bekerja dengan beberapa band seperti: Slayer, Anthrax, Iced Earth, Animetal USA dan Impellitteri, dimana dia bergabung pada 2015 yaang juga menampilkan sesama anggota Animetal USA dan pimpinan band Chris Impellitteri. Pada 2013, di festival Soundwave Australia, Dette melakukan tur dan tampil dengan Slayer dan Anthrax bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...