Laman

Jumat, 22 April 2016

PETER FRAMPTON


Lahir dengan nama lengkap Peter Kenneth Frampton pada 22 April 1950, di Beckenham, Inggris. Tumbuh di keluarga kelas menengah yang konvensional, Frampton adalah anak ajaib dalam musik, belajar sendiri untuk bermain gitar pada usia 7 tahun. Dalam beberapa tahun berikutnya, dia ahli dalam riff jazz, blues dan rock yang rumit.


Frampton menghabiskan tahun pra remajanya dengan band-band seperti The Little Ravens, The Trubeats dan George & The Dragons (sebua grup yang menyertakan sesama musisi David Bowie). Kemudian, Frampton mendapatkan perhatian dari manajar The Preachers, Bill Wyman (dari The Rolling Stones), yang merekrutnya untuk bergabung dengan The Preachers, sebuah band Inggris yang komersil.


Pada 1967, dibawah arahan Wyman, Frampton yang berusia 16 tahun menjadi gitaris utama dan penyanyi untuk grup berorientasi pop The Herd. Pada 1969, setelah menerima pujian dari penggemar muda dengan single hit seperti “From the Underworld” dan “I Don’t Want Our Loving to Die,” Frampton memilih untuk meninggalkan The Herd. Kemudian pada tahun itu, dia dan Steve Marriott mengomandani band rock berbasis blues Humble Pie. Pada 1971, meskipun mendapatkan tanggapan positif untuk album-album Town and Country (1969) dan Rock On (1970), Frampton memutuskan untuk berjalan sendiri.


Frampton berkontribusi pada All Things Must Pass milik George Harrison dan Son of Schmilsson milik Nilsson, sebelum meluncurkan karir solonya dengan album debut Wind of Change (1972). Dia melakukan tur secara luas pada beberapa tahun berikutnya, mempromosikan album-album Frampton’s Camel (1973), Something’s Happening (1974) dan Frampton (1975).

Ketenaran album-album ini digandakan dengan penampilan live yang menarik dari Frampton berpuncak di rekaman live ganda 1976, Frampton Comes Alive!, yang terjual lebih dari 10 juta buah. LP ini menjadi salah satu album rock live yang terlaris dalam sejarah, sedangkan single “Baby I Love Your Way,” “Do You Feel Like I Do?” dan “Show Me the Way” mendominasi tangga lagu Amerika. Dianggap sebagai pencapaian tertinggi dalam karir Frampton, album ini mempengaruhi majalah Billboard dan Rolling Stone untuk menyebutnya Artist of the Year.


Pada akhir 1970an, status Frampton mulai menurun. Dengan bakat-bakat musik seperti the BeeGees, Aerosmith dan Earth, Wind & Fire, dia membuat debut sinematiknya sebagai Billy Shears di musikal rock besar Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1978). Setelah sebuah kecelakaan yang nyaris fatal, Frampton terpaksa untuk sementara mengistirahtakan karir musiknya. Dia melakukan rekaman secara sporadic selama 1980an, terutama merilis Breaking All The Rules (1981), The Art of Control (1982) dan Premonition (1986). Tahun berikutnya, dia kembali memasuki sorotan publik dan mulai melakukan tur sebagai gitaris utama dengan teman lama David Bowie.

Dengan kesuksesan rilisan tahun 1994 dengan album self-title yang diikuti dengan Frampton Comes Alive II (1995), dia kembali mendapatkan para penggemar lamanya juga menarik generasi baru dari penggemar rock. Pada 2001, rekaman ulang tahun ke 15 dari Frampton Comes Alive! yang legendaris merayakan penjualannya yang ke 16 juta. Sejak itu dia merilis sejumlah album antaranya Now (2003), Fingerprints (2006) dan Thank You Mr. Churchill (2010).


Frampton telah menikah 3 kali. Dia bertemu istri pertamanya, mantan model Mary Lovett, pada 1970. Pasangan bersama selama 3 tahun kemudian bercerai pada 1973. Dia menikahi Barbara Gold pada 1983, dan setelah pernikahan selama 1 dekade mereka juga bercerai. Frampton dan Gold memiliki 2 anak bersama. Frampton menikah sekali lagi pada 1996 dengan Christina Elfers. Walaupun hubungan itu berlangsung hampir 15 tahun, Frampton mengajukan perceraian pada 2011. Pada saat perceraian mereka, pasangan itu bernegosiasi hak asuk pada putri mereka yang berusia 15 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...