Laman

Minggu, 24 April 2016

JACK BLADES



Lahir dengan nama Jack Martin Baldes pada 24 April 1954 di Palm Desert, California. Dia mulai bermain gitar pada usia 8 tahun saat orangtuanya memberinya sebuah ukulele plastik. Jack bersekolah di Arcadia High Scholl 1968/68 di Scottsdale Ariz, kemudian lulus dari Indio High School pada 1972 dimana dia adalah presiden kelas senior. Saat belajar di College of the Deser di Palm Desert dia bertemu dan bermain dengan Pat Rizzo (yang nantinya menjadi pemain saksofon untuk Sly and the Family Stone) yang memperkenalkannya pada Jerry Martini (pemain saksofon asli untuk Sly). Jack pergi belajar ke San Diego State University saat masih menjadi murid pra-pertengahan, tapi absen pada 1975 untuk pindah ke San Fransisco.

Jack telah merilis dua CD solo dan menulis atau menulis bersama untuk Aerosmith, Cher, Ozzy Osbourne, Alice Cooper, Roger Daltrey, dan banyak artis lain. Jack juga memproduseri atau ikut memproduseri CD untuk Night Ranger, Shaw/Blades dan untuk beberapa artis lain termasuk Great White, Ted Nugent, dan Samantha 7. Blades muncul di album Dr. Feelgood milik Motley Crue, yang dirilis pada 1989. Di tahun 1990an, Jack ikut menulis empat lagu Aerosmith dengan Steven Tyler, Joe Perry, dan Tommy Shaw: "Shut Up and Dance" (1993), "Can't Stop Messin'" (1993), "Walk on Water" (1994), "What Kind of Love Are You On" (1998). Pada 1998 Jack diminta oleh Ringo Starr untuk bermain bass di Ringo Starr VH1 Storytellers dengan Joe Walsh dan Simon Kirke. Pada 2006 Jack memainkan peran dari pemilik klub Sunset Strip 80an di versi Las Vegas dari acara musikal Broadway "Rock of Ages."

Mantan saksofonis Sly and the Family Stone Jerry Martini membentuk band funk Rubicon dengan Jack sebagai pemain bass dan sesama anggota Night Ranger masa depan Brad Gillis. Rubicon merekam dua album di 20th Century Fox Records - Rubicon dan American Dreams. Mereka memiliki satu single hit berjudul "I'm Gonna Take Care of Everything." Rubicon memainkan Cal Jam 2, diadakan di motor speedway di California dihadapan 250.000 orang. Rubicon bubar pada 1979 dan Jack membentuk band klub singkat Stereo dengan Brad Gillis dan drumer Kelly Keagy, dimana Keagy pernah bergabung sebagai drumer tur untuk Rubicon.


Rekan sekamar Jack di awal 80an adalah Alan "Fitz" Fitzgerald, pemain bass untuk Montrose dan Gamma dan pemain kibord untuk Sammy Hagar. Dia menyarankan mereka membentuk sebuah band. Fitz mengenal pemain gitar lain di Sacramento (Jeff Watson) dan Ranger terbentuk pada 1980. Band merekam demo dan memainkan pertunjukan di sekitar wilayah Bay untuk 2 tahun. Mereka bersepakat dengan Boardwalk Records dan merilis album pertama mereka, "Dawn Patrol" pada 1982. Sebelum perilisan diketahui bahwa ada sebuah band country dengan nama The Rangers. Jack telah menulis lagu "Night Ranger" untuk album maka band merubah nama mereka menjadi Night ranger umtuk menghindari masalah potensial. Night Ranger melalui 80an dengan merilsi album-album yang terjual jutaan, juga beberapa single hit. Band melakukan tur secara rutin baik di AS dan di Jepang dimana tetap terkenal hingga kini. Pada 1989 Jack meninggalkan Night ranger dan membentuk Damn Yankees. Jack mereformasi Night Ranger dengan para anggota asli pada 1996. Mereka merekam tiga CD - Neverland pada 1997, Seven pada 1998, dan Hole In The Sun pada 2008. Night Ranger terus melakukan tur hingga kini.


Damn Yankees dibentuk oleh Jack pada awal 1990an bersama dengan Ted Nugent dan gitaris Styx Tommy Shaw. Damn Yankees memiliki sukses multi platinum dengan dua album "Damn Yankees", "Don't Tread" dan single yang terjual emas "High Enough." Damn Yankees merekam dan tur non-stop untuk empat tahun. Pada 1994 Damn Yankees mengambil istirahat - hingga saat ini...


Setelah Damn Yankees memutuskan untuk mengambil istirahat pada 1994, Jack dan Tommy memutuskan untuk rekaman bersama dibawah nama Shaw/Blades. Mereka menulis dan merekam CD Shaw/Blades pertama bersama - "Hallucination" dirilis pada 1995. Pada 2007 Shaw/Blades merilis "Influence" (Vh1 Classic Records) yang merupakan koleksi dari lagu-lagu cover yang mempengaruhi Jack dan Tommy. Shaw/Blades melakukan tur secara akustik menempuh AS. Mereka saat ini merekam "Influence II" dengan rencana perilisan musim semi 2010.


Pada 2004 Jack merekam sebuah CD dan tur Jepang dengan TMG (Tak Matsumoto Group) dibentuk oleh gitaris Tak Matsumoto dari grup besar Jepang B'z. TMG mencatatkan sebuah single #1 ("Oh Japan, Our Time Is Now') dan sebuah CD #1 ("TMG I") di tangga album domestik Jepang Billboard. Dengan TMG, Jack menampilkan "Never Good-bye" tema kredit akhir untuk film 2004 Ultraman (aka Ultraman: The Next). Lagu ini muncul di album soundtrack 2005 untuk film itu dan pada TMG I, album 2004 oleh Tak Matsumoto Group.

Jack merilis album solo pertamanya pada 2004 - Jack Blades. Album solo keduanya, Rock n' Roll Ride, menyusul di awal 2012.

Jack terus melakukan tur dengan Night ranger. Dia juga bermain di the Republican National Convention pada 29 Agustus 2012. Dia juga anggota dari Revolution Saints dengan Doug Aldrich (Whitesnake/Lion/Dio) dan Deen Castronovo (Journey/Bad English).


Jack memiliki acara Radio mingguan - "Backstage Pass with Jack Blades" - di Denver Co. (103.5 the Fox) dan Phoenix, AZ (93.3 KDKB).

Salah satu putranya, Colin Blades, ikut menulis dan membawakan lagu dengan ayahnya dan juga merilis materi solo miliknya. Jack juga memiliki putra lain, James. Istri Jack bernama Mollie Menzies McIntosh, seorang penata artistik, yang dinikahi sejak 1977.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...