Laman

Kamis, 14 April 2016

MARTA JANDOVA




Lahir pada 13 April 1974 di Praha, Cekoslowakia, adalah musisi dan aktris asal Ceko, dikenal sebagai penyanyi utama dari band rock alternative asal Jerman, Die Happy. Dia mewakili Republik Ceko di Eurovision Song Contest 2015 bersama dengan Vaclav Noid Barta dengan lagu “Hope Never Dies”.


Marta Jandova adalah putri dari musisi Ceko, Petr Janda, gitaris solo dan penyanyi band Olympic, yang merupakan salah satu band rock pertama dan paling terkenal di Republik Ceko.

Pada September 1993, Jandova pindah ke Ulm, Jerman. Segera setelah kedatangannya, meskipun hanya bisa sedikit berbahasa Jerman, dia diminta oleh gitaris Jerman Thorsten Mewes untuk menyanyi di sebuah band baru. Beberapa bulan kemudian, mereka mendapatkan gig pertama mereka sebagai Die Happy dan dia menjadi penyanyi utama band sejak itu.


Dari 2003 hingga 2008 dia berhubungan dengan penyanyi pop Jerman, Sasha.

Pada 2005, Jandova tampil dengan band metal Finlandia Apocalyptica dan mewakili Baden-Wurttemberg di Bundesvision Song Contest 2005 dengan lagu “Wie weit”, menempati posisi kelima dengan 77 poin. Jandova kembali ke Bundesvision Song Contest pada 2007 tampil dengan band Neue Deutsche Harte, Oomph! Mewakili Lower Saxony dengan lagu “Traumst Du?”, memenangkan kontes dengan 147 poin. Lagunya mencapai top 10 di tangga lagu German Media Control.

Disamping merilis 14 album dengan Die Happy dan pemunculannya di Bundesvision Song Contest, dia juga dikenal untuk kerjasamanya dengan band-band Jerman seperti Letzte Instanz, In Extremo, BAP, dll.

Bersama dengan Revolverheld, dia merilis single Halt dich an mir fest, yang mencapai status platinum di Jerman dan menjadi salah satu lagu paling sukses pada 2010 di negara yang berbahasa Jerman.

Dia kembali ke kota asalnya Praha pada 2008 dimana dia menyanyi dalam musikal Mona Lisa, tapi dia masih memiliki hubungan yang kuat dengan Jerman, saat dia menjadi pembawa acara TV Jerman neoMusic pada 2009 dan menjadi hakim di musik ke sembilan dari Popstars di Jerman pada 2010.

Marta Jandova tinggal dengan gynekologis Ceko Miroslav Verner dan melahirkan putri mereka Marie pada 7 Agustus 2013.

Pada 2015, untuk mengemablikan Republik Ceko ke Eurovision Song Contest, Marta Jandova diminta untuk mewakili negara asalnya di Wina. Bersama dengan Vaclav NOid Barta dan lagu “Hope Never Dies” mereka mencapai tempat ke 13 di semi final kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...