Laman

Kamis, 21 April 2016

ROBERT SMITH




Lahir pada 21 April 1959 di Blackpool, Lanchasire, Inggris. Dia merupakan penyanyi utama, gitaris, penulis lirik dan penulis lagu utama dari band rock The Cure, dan anggota yang tidak pernah tergantikan sejak formasi awal pada 1976. Gaya permainan gitar Smith dan penggunaan flanger, chorus dan efek phasing menempatkan dia satu diantara sekian banyak pimpinan terkemuka dari band dengan genre gothic rock dan new wave.

Dia juga bermain gitar di band Siouxsie and the Banshees. Dia juga membentuk proyek sampingan Cult Hero, The Stranglers and Friends, dia juga menjadi produser dan mendirikan label Dance Fools Dance. Smith adalah seorang multi-instrumentalis, dikenal dengan penampilan panggung yang unik, seperti rambaut acak-acakan, makeup menor, dan suaranya yang berat.

Robert merupakan anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan James Alexandra dan Rita Mary (Emmott) Smith. Smith berasal dari keluarga musik - ayahnya bernyanyi dan ibunya bermain piano.


Tumbuh secara Katolik, dia kemudian menjadi seorang atheist. Saat berusia 3 tahun, pada Desember 1962 keluarganya pindah ke Horley, Surrey, dimana kemudian di belajar di St. Francis Primary School, sebelum keluarganya pindah ke Crawley, West Sussex pada Maret 1966, dimana Smith belajar di St. Francis Junior Schhol. Dia kemudian belajar di Notre Dame Middle School (1970-1972) dan St. Wilfrid's Comprehensive School, Crawley (1972-1977).

Dia bermain di tim sepakbola junior – Wasps (Three Bridges) pada usia 15 tahun.

Robert Smith menyebut bahwa kakak tertuanya Richard dan Margareth yang 
memperkenalkannya kepada musik rock seperti The Beatles dan Rolling Stones saat dia berusia 6 tahun. Saat Robert berusia 8 tahun pada 1967, Richard memainkan untuknya lagu Purple Haze oleh Jimi Hendrix, yang menjadi pengaruh terbesar.

Pada usia 14 tahun dia memiliki sebuah band yang terdiri dari kakaknya Richard, beberapa temannya dan adiknya Janet. Band itu bernama The Crawley Goat Band. Namun, saat The Crawley Goat Band menjadi grup rutin Smith, dia baru berusia 13 tahun saat dia dan teman sekolahnya di Notre Dame memberinya penampilan pertamanya bersama sebagai The Obelisk; sebuah inkarnasi awal yang nantinya menjadi The Cure. The Obelisk menampilkan Robert Smith (masih bermain piano pada saat ini), bersama Marc Ceccagno (gitar utama), Michael Dempsey (gitar), Alan Hill (bass) dan Laurence “Lol” Tolhurst (perkusi) dan, menurut biografi resmi The Cure, Ten Imaginary Years, melakukan satu-satunya penampilan mereka di sekolah pada April 1972. Namun, Jeff Apter memberi jadwal penampilan pada April 1973, yang berbeda dengan Smith dan teman bandnya yang telah meninggalkan Notre Dame Middle School pada saat ini.

Selama bagian akhir 1972, Smith, Ceccagno, Dempsey dan Tolhurst telah menjadi murid sekolah kedua bersama di St Wilfrid’s Comprehensive, dimana mereka dan pertemanan mereka terus memainkan musik bersama. Smith mengatakan bahwa mereka dikenal sebagai “the Group” “karena mereka satu-satu grup yang tidak memiliki nama”. Dempsey, yang akhirnya beralih dari gitar ke bas untuk “the group”, mengatakan bahwa nama lain yang mereka rencanakan adalah the Brat’s Club – merujuk pada A Handful of Dust milik Evelyn Waugh. Smith mengatakan bahwa “the group” akhirnya menjadi Malice, “grup sub-metal punk singjat- dengan Michael Dempsey, Laurence dan dua orang lainnya.” Menurut biografi band Ten Imaginray Years, antara Januari dan Desember 1976, lineup yang berganti untuk Malice menampilkan beberapa “orang lain”, dengan gitaris pendiri Marc Ceccagno digantikan oleh Porl Thomposon, seorang drummer awal yang dikenal hanya sebagai “Graham” digantikan oleh Lol Tolhurst, dan “adik Graham” digantikan oleh Martin Creasy. Pada 1977, Malice telah berubah menjadi Easy Cure.

Smith juga menjadi bintang tamu di sejumlah rekaman artis-artis lain seperti: The Smashing Pumpkins, Cris Vrenna, Placebo, Faithless dan lainnya.

Smith menikah dengan Mary Theresa Poole (lahir 3 Oktober 1958), yang dia jumpai di sebuah kelas drama di St Wilfrid’s saat dia berusia 14 tahun. Mereka tidak memiliki anak, saat mereka memutuskan di awal kehidupan pernikahan mereka bahwa mereka tidak menginginkan anak. Smith menambhakan bahwa dia “tidak merasa cukup bertanggung jawab untuk membawa anak ke dunia”. Smith dan Polle memiliki 25 keponakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...