Laman

Jumat, 08 April 2016

GLEN BURTNIK




Lahir pada 8 April 1955 di Irvington, New Jersey, AS, yang dikenal sebagai salah seorang mantan anggota Styx. Burtnik tinggal di North Brunswick, New Jersey sejak kelahirannya. Burtnik telah menulis lagu-lagu hit untuk Randy Travis, Patty Smyth dan Don Henley. Pengucapan namanya telah berubah beberapa kali selama bertahun-tahun (lahir Glenn Burtnick, kemudian berubah menjadi Glen Burtnick, dan akhirnya Glen Burtnik, dibaca dengan satu N, tanpa C).

Burtnik muncul di produksi Broadway dari Beatlemania sebagai Paul McCartney, bersama Marshall Crenshaw, yang memainkan John Lennon. Dia meneruskan kecintaannya akan The Beatles hingga kini, dengan band penghormatan, Liverpool. Band ini adalah penampil rutin di The Fest For Beatles Fans, yang diadakan setiap tahun di wilayah metropolitan New YorkCity dan Chicago dengan sesekali berhenti di suatu tempat.


Dia menulis hit dengan posisi tertinggi di tangga lagu seperti “Sometimes Love Just Ain’t Enough” untuk Patty Smyth dan Don Henley, “Spirit of a Boy, Wisdom of a Man” dan “Delicious Surprise”, membawakan acara radio School Of Rock di The Hawk 105.7 FM, dan merekam/tur/berkolaborasi dengan artis-artis terkenal. Sebagai anggota Styx, dia tampil menonjol di album hit Edge of the Century, dimana dia menulis (bersama dengan rekan lama, Plinky Giglio) hit top 10 Mainstream Rock, “Love Is the Ritual” dan menulis bersama (dengan penyanyi utama Dennis DeYoung) hit Billboard Top 40 terakhir untuk band, “Love at First Sight” (#25, 1991).

Dia adalah anggota dari LaBamba and the Hubcaps yang dipimpin oleh favorit pesisir New Jersey Richie ‘LaBamba’ Rosenberg sebelum pergi untuk memulai karir solonya pada 1986. Salah satu lagu terkenal the Hubcaps adalah yang ditulis Burtnik “Here Comes Sally” yang kemudian muncul di LP solo 1987 milik Burtnik, Heroes & Zeros.

Saat kesuksesan solo secara relatif didapat, dia membuat sebuah hit minor pada 1987 dengan “Follow You,”sebuah lagu dari album Heroes & Zeros-nya, yang mencapai di #65di Billboard Hot 100. Rilisan yang mengikutinya kurang sukses.

Pada 1989, Burtnik membawakan lagu “Not So Far Away” untuk filem Bill & Ted’s Excellent Adventure.


Salah satu lagunya, “Face in the Mirror” digunakan dalam seria iklan tv untuk alat cukur listrik Philishave pada tahu 1990an. Burtnik secara resmi meninggalkan Styx pada 2003 karena dia ingin lebih dekat dengan rumah.

Pada 2006, Dennis DeYoung memintanya untuk menjadi bagian dari bandnya untuk pertunjukan terpilih untuk membantu mempromosikan CD-nya One Hundred Years From Now, yang dirilis di Kanada pada 2007 dan di AS pada 2009. Burtnik menampilkan dengan DeYoung beberapa materi yang dia tulis dengan Styx selama album Edge of The Century termasuk “Love is The Ritual” dan “Edge of the Century”.

Burtnik dan keluarganya tampil pada 16 Oktober 2006, tayang perdana musim dari episode dari acara Discovery Channell, It Takes a Thief. Selama musim kedua dari acara ini, Burtnik dan keluarganya adalah “korban” dari perampokan.


Sejak 2009 dia tampil dengan The Orchestra, menggantikan almarhum Kelly Groucutt pada bass.

Glen Burtnik’s Xmas Xtravaganza adalah konser liburan rutin yang mengadakan wilayak bank makanan amal dan acara amal lainnya. Pertunjukan ini makin tumbuh besar setiap tahunnya, merambah ke tradisi wilayah New York-New Jersey. Acara ini menampilkan pemain yang berubah dari tahun ke tahun, tapi di masa lalu menampilkan Patty Smyth, John McEnroe, Phoebe Snoe, Marshall Crenshaw, The Patti Smith Band, Fred Schneider (B-52’s), Jill Sobule, Idina Menzel, Jeffrey Gaines, Freedy Johnston, Dan Bern, John Waite, Curtis Stigers, Styx, Mary Lee Kortes, dan Willie Nile. Pertunjukan tahun 2008 menampilkan lebih dari 100 penampil. Pertunjukan tahun 2010 diadakan di Count Basie Theater di Red Band, New Jersey, dan kembali menampilkan lebih dari 100 penampil. Awalnya dimulai pada 1989, pertunjukan ini diadakan setiap tahun kecuali 1990-1991, membuat 2010 Xmas Extravaganza menjadi ulang tahun ke 20 dari acara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...