Laman

Kamis, 14 April 2016

KIRK WINDSTEIN




Lahir pada 14 April 1965, di Middlesex, Inggris. Dia adalah penyanyi dan gitaris sludge metal Amerika kelahiran Inggris untuk band asal New Orleans Crowbar, Down dan Kingdom of Sorrow.

Windstein memulai karir musiknya pada 1985 sebagai gitaris dari band cover bernama Victorian Blitz. Anggota lain termasuk Sid Montz, dengan siapa Windstein akan bermain lagi di Crowbar dan Valume Nob; Kevin Noonan, gitaris dari 1989 hingga 1993; dan bassis Danny Theriot dari Metairie, Louisiana.

Meninggalkan Victorian Blitz,Windstein bergabung dengan band hardcore punk perdana dari New Orleans Shell Shock sebagai gitaris dan vokalis mereka. Dengan Windstein dalam band mereka memulai untuk memainkan gaya yang lebuh crossover thrash daripada straightforward hardcore punk, karena hal itu lebih cocok dengan gaya vokal Windstein dan lineup dua gitaris. Saat band merekam album baru berjudul “No Tomorrow”, gitaris mereka Mike Hatch melakukan bunuh diri. Kevin Boonan menggantikan Hatch untuk pertunjukan terakhir Shell Shock pada 1988, dan band menjadi band yang kini bernama Crowbar.

Setelah bubarnya Shell Shock pada 1988 karena bunuh diri dari gitaris Mike Hatch, band mencantumkan Kevin Boonan dan berlanjut sebagai Aftershock, yang memainkan campuran dari hardcore punk dan doom metal. Dibawah nama itu mereka merilis sebuah demo di pertengahan 1989, tapi merubah nama mereka menjadi Wrequiem saat bassis Mike Savoie (yang nantinya menjadi sutradara video untuk Crowbar, Down, dan Pantera) meninggalkan band dan digantikan oleh Todd Strange. Pada 1990 mereka merubah nama mereka menjadi The Slugs, dan setelah sebuah demo di pertengahan 1990, band bubar. Windstein kemudian menjadi gitaris untuk Exhorder. Tapi Windstein dan Strange mereformasi band, dengan Craig Nunenmacher sebagai drummer, dan Kevin Noonan pada gitar. Band merubah nama mereka menjadi Crowbar pada pertengahan 1991.


Crowbar asalnya dikontrak oleh Mark Nawara ke Pavement Music dan merilis “Obedience Through Suffering” pada 1991. Teman masa kecil Windstein Phil Anselmo (yang pada saat itu di Pantera) menjadi produser album mereka berikutnya, sebuah album self-title yang dirilis pada 1993. Album  ini mendapatkan sukses internasional dengan lagu-lagu seperti “All I Had (I Gave)”, “Existence is Punishment”, dan sebuah cover dari “No Quarter” dari Led Zeppelin. MTV’s Headbangers Ball mulai memainkan video musik untuk “Existence Is Punishmeny”, yang juga tampil di Beavis and Butt-head. setelah sukses itu, band melakukan tur dengan Pantera. Bersama, berpesta di panggung, dan cuplikan dari acara ini muncul di “Home Video 3” milik Pantera dan video “Like Broken” milik Crowbar, dimana Windstein berpakaian sebagai Hulk. Pada 2001, Crowbar melakukan hiatus, karena Windstein berkonsentrasi pada band lain. Dengan kembalinya Windstein, Crowbar merilis Lifesblood for the Downtrodden pada 2005, dan dua tahun kemudian merilis sebuah DVD live berjudul “Live:With Full Force”. Band merilis Sever the Wicked hand pada 2011 dan album terbaru mereka Symmetry in Black dirilis pada 26 Maei 2014.


Down merilis album debut mereka “NOLA” di Elektra Records pada 1995 dengan Windstein pada gitar dan bass, Anselmo pada vokal, Pepper Keenan pada gitar, dan Jimmy Brower (Crowbar, Superjoint Ritual, dan Eyehategod) pada drum. Band memainkan tur 13 pertunjukan dengan Todd Strange pada bass, dan album itu disertifikasi emas oleh RIAA. Setelah tur, tiap anggota kembali ke band mereka masing-masing. Crowbar merekam 3 album sebelum Down melakukan reuni untuk merilis “Down II: A Bustle in Your Hedgerow” pada 2002. Setelah perilisan itu, Down melakukan tur di panggung kedua di Ozzfest, dan kemudian terus melakukan tur di tur “An Evening With… Down”. Setelah itu, baik Windstein dan Keenan kembali ke band utama mereka, yang membuat Kirk bisa merekam “Life’s Blood for the Downtrodden” milik Crowbar dengan Rex Brown pada bass, Craig Nunenmacher (Black Label Society dan anggota asli Crowbar) pada drum dan produser Down, Warren Riker pada musim semi 2005. Pada 2007 Down merilis album Down III: Over the Under. Down merilis Down IV Part 1 – The Purple EP pada September 2012 dan beredar rumor akan merilis tiga EP lagi pada tahun-tahun berikutnya. Pada musim gugur 2013 Windstein mengumumkan bahwa dia meninggalkan Down untuk berkonsentrasi pada Crowbar ‘penuh waktu’, saat band telah merayakan ulang tahun ke 25 mereka pada 2014.


Pada 2005 Kirk bergabung dengan James Jasta dari Hatebreed untuk membentuk sebuah band sampingan bernama Kingdom of Sorrow. Album self-title band dirilis pada 19 Februari 2008 oleh Relapse Records. Album ini melakukan debut di No 131 di tangga album Billboard AS dan terjual 6.000 rekaman di minggu pertama perilisannya. Album ini direkam di Planet Z dengan produser Zeuss, yang dikenal untuk hasil kerjanya dengan Shadows Fall dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...