Laman

Selasa, 19 April 2016

ALEXIS KORNER "Father of British Blues"




Lahir dengan nama Alexis Andrew Nicholas Koerner pada 19 April 1928 di Paris, Perancis, dari ayah Yahudi Austria dan ibu Yunani. Dia dianggap sebagai “a founding father of British Blues”. Dia menghabiskan masa anak-anaknya di Perancis, Swiss dan Afrika Utara dan tiba di London pada 1940 di awal PD II. Satu kenangan masa mudanya adalah mendengarkan rekaman oleh pianis kulit hitam Jimmy Yancey selama serangan udara Jerman. Korner berkata, “sejak saat itu yang saya inginkan adalah bermain musik blues.”


Setelah perang, Korner bermain piano dan gitar (gitar pertamanya dibuat oleh temannya yang penulis Sydney Hopkins, yang menulis Mister God, This Anna) dan pada 1949 bergabung dengan band jazz Chris Barber dimana dia bertemu pemain harmonica blues Cyril Davies. Mereka mulai bermain bersama sebagai duo, memulai di London Blues and Barrelhouse Club yang berpengaruh pada 1955 dan membuat rekaman pertama mereka pada 1957. Korner membuat rekaman resmi pertamanya di Decca Records DFE 6286 di perusahaan dari grup Ken Colyer’s Skiffle. Bakatnya meluas dengan memainkan mandolin pada salah satu lagu dari EP Inggris langka, direkam di London pada 28 Juli 1955. Korner membawa banyak artis blues Amerika, yang sebelumnya tidak dikenal di Inggris, untuk tampil.


Pada 1961, Korner dan Davies menampilkan Blues Incorporated, awalnya grup dari musisi dengan kecintaan yang sama akan musik electric blues dan R&B. Grup ini menampilkan, pada masa yang berbeda, Charlie Watts, Jack Bruce, Ginger Baker, Long John Baldry, Graham Bond, Danny Thompson dan Dick Heckstall-Smith. Band ini juga menarik jumlah yang banyak dari penggemar muda, beberapa untuk sementara perbah tampil dengan grup, antaranya Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Geoff Bradford, Rod Stewart, John Mayall dan Jimmy Page.

Satu cerita adalah bahwa the Rolling Stones menginap di rumah Korner pada suatu malam, di awal 1960an, setelah sebuah penampilan. Mereka masuk dengan cara yang tidak umum, dengan masuk melalui jendela dapur, menemukan band Muddy Waters tidur di lantai dapur.

Walaupun Cyril Davis meninggalkan grup pada akhir 1962, Blues Incorporated tetap melakukan rekaman, dengan Korner yang menjadi komandan, hingga 1966. Namun, pada saat itu lineup aslinya (dan sejumlah pengikutnya) telah pergi untuk memulai band mereka sendiri. “Saat saingannya pada suatu masa the Rolling Stones dan Cream muncul di sampul depan majalah musik di seluruh dunia, Korner memainkan peran sebagai ‘elder statesman’.”

Walaupun dia sendiri adalah blues murni, Korner mengkritik musisi blues Inggris terkenal selama meledaknya blues pada akhir 1960an untuk ketidaktahuan mereka akan Chicago blues, jika kancah musik ingin tidak menjadi bentuk lain. Dia suka berkumpul dengan para musisi jazz dan sering tampil dengan sekri alat tiup yang ditarik dari sekumpulan orang, antara lain, pemain saksofon Art Themen, Mel Collins, Dick Heckstall-Smith, Lol Coxhill, Dick Morrissey, John Surman dan pemain trombone Mike Zwerin.

Di tahun 1960an Korner memulai karir media, awalnya bekerja sebagai pewawancara bisnis pertunjukan dan kemudian Five O’Clock Club milik ITV, sebuah acara anak-anak. Korner juga menulis tentang blues untuk Koran musik, dan terus menjaga karirnya sebagai seorang artis blues, terutama di Eropa.

Pada 17 Oktober 1967, Korner mewawancarai the Jimi Hendrix Experience untuk acara radio BBC Top Gear. Beberapa lagu ini, termasuk audio dari Korner sendiri, muncul di CD ganda Hendrix BBC Sessions, termasuk Korner memainkan slide guitar di “(I’m Your) Hoochie Coochie Man”.

Saat tur di Skandinavia dia membentuk band New Church dengan gitaris dan penyanyi Peter Thorup. Mereka sering menjadi band pendukung di Rolling Stones Free Concert di Hyde Park, London, pada 5 Juli 1969. Jimmy Page dilaporkan menemukan seorang penyanyi baru, Robert Plant, yang pernah bermain dengan Korner, yang heran mengapan Plant belum diketemukan. Plant dan Korner merekam sebuah album dengan Plant pada vokal hingga Page memintanya untuk bergabung dengan “the New Yardbirds”, aka Led Zeppelin. Hanya dua lagu yang beredar dari dua rekaman ini” “Steal Away” dan “Operator”. Korner memberikan salah satu wawancara radio terakhirnya untuk BBC Midlands di Record Collectors Show dengan Mike Adams and the Late Chris Savory.

Pada 1970 Korner dan Thorup membentuk sebuah big-band ensemble, C.C.S. – singkatan dari “The Collective Consciousness Society” – yang memiliki beberapa single hit yang diproduseri oleha Mickie Most, termasuk sebuah veris dari “Whole Lotta Love”-nya Led Zeppelin, yang digunakan sebagai tema untuk Top of the Pops milik BBC antara 1971 dan 1981. Instrumental lain berjudul “Brother” digunakan sebagai tema untuk Top 20/40 milik BBC Radio 1 saat Tom Browne/Simon Bates membawakan acara ini pada 1970an. Lagu itu juga digunakan di 1990an di Radio Luxembourd untuk tangga lagu Top 20 Singles. Ini adalah periode dari kesuksesan komersil terbesar Korner di UK.

Pada 1973, dia dan Peter Thorup membentuk grup lain, Snape, dengan Boz Burrell, Mel Collins, dan Ian Wallace, yang sebelumnya bersama di King Crimson. Korner juga bermain di album In London-nya B.B. King, dan juga membuat album sendiri, album “supersesi” yang serupa; Get Off My Cloud, dengan Keith Richards, Steve Marrior, Peter Frampton, Nicky Haopkins dan para naggota dari Grease Band-nya Joe Cocker. Pada pertengahan 1970an, saat dengan tur di Jerman, Korner memantapkan sebuah hubungan kerja yang intensif dengan bassis Colin Hodgkinson yang bermain untuk mendukung band Back Door. Mereka terus berkolaborasi hingga kematian Korner.

Pada 1970an karir utama Korner adalah penyiaran. Pada 1973 dia mempersembahkan sebuah documenter unik 6 bagina di BBC Radio 1, The Rolling Stones Story, pada 1977 dia membuat sebuah acara blues dan soul malam minggu di Radio 1, Alexis Korner’s Blues and Soul Show, yang berjalan hingga 1981. Dia juga menggunakan suaranya untuk efek besar sebuah pengisi suara iklan. Pada 1978, untuk ulang tahun ke 50 Korner, sebuah konser all-star diadakan dengan menampilkan banyak teman terkenalnya, juga Eric Clapton, Paul Jones, Chris Farlowe, Zoot Money dan lain-lain, yang kemudian dirilis sebagai The Party Album, dan sebagai sebuah video.

Pada 1981, Korner bergabung dengan “supergrup” lainnya, Rocket 88, sebuah proyek yang dipimpin oleh Ian Stewart berdasarkan pemain kibord boogie-woogie, yang menampilkan seksi ritem yang terdiri dari Jack Bruce dan Charlie Watts, juga seksi alat tiup. Mereka melakukan tur Eropa dan merilis sebuah album di Atlantic Records. Dia bermain di Italia dengan Paul Jones dan pemain blues dari Blues Society of Italian, Guido Toffoletti.

Alexis Korner meninggal pada 1 Januari 1984 di Westminster, London pada usia 55 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...