Laman

Kamis, 14 April 2016

HENNING BASSE




Lahir pada 14 April 1976 di Braunschweig, Lower Saxony, Jerman. Gaya vokalnya terpengaruh oleh Ian Gillan, Klaus Meine, Udo Dirkschneider dan David Byron.

Dia adalah salah satu penyanyi terbaik dan paling sukses di kancah rock/metal. Dia telah melakukan tur dengan band-band seperti Brainstorm,Firewind dan Gamma Ray ke seluruh dunia. Bandnya Metalium adalah salah satu nama besardi kancah metal Eropa selama lebih dari 10 tahun. Dengan band barunya Sons of Seasons dia telah merilis 2 album yang sangat sukses dan melakukan tur dengan mereka dengan band-band seperti Epica, MaYan, Doro, Rage dan Kamelot menempuh Eropa. 


Basse mulai menyanyi pada usia yang sangat muda di kor anak-anak di Luneberg, kemudian di mandapatkan pelatihan profesional untuk menyanyi klasik. Dia kemudian menyadari bahwa cinta sejatinya adalah Hard Rock dan Heavy Metal, maka dia bergabung dengan berbagai band berbasis Luneberg seperti Bad Obsession, Bourbon Street dan Errantry. Pada saat yang sama dia membantu band-band lain dengan penulisan lagu, atau dia mengisi vokal latar untuk mereka di studio. Melalui penampilannya dengan band penghormatan Iron Maiden di Hamburg, dia mulai mengumpulkan kontak penting di kancah musik lokal, seperti Henjo Richter, Lars Ratz atau Kai Hansen. Bersama Iron Maiden Tribute Band, dia juga menyanyi untuk band penghormatan Rainbow ‘Catch the Rainbow’ bersama dengan musisi terkenal lainnya seperti Henjo Richter (Gamma Ray) pada gitar, Ulli Kusch (mantan Helloween, Masterplan) pada drum, Jens Becker (Grave Digger) pada bass, dan Axel Mackenrot (Masterplan) pada kibord. 

Melalui Dirk Schlachter-nya Gamma Ray  Basse mendapatkan kontak dengan Brainstorm, salah satu band metal Jerman paling penting dan tersukses. Dia kemudian bergabung dengan mereka pada tur Eropa mereka sebagai pendukung untuk Iced Earth. Lars Ratz, yang bukan hanya seorang musisi, tapi juga memiliki agen pemesanan, sangat terkesan dengan bakat menyanyi Basse dan dia memutuskan untuk mendirikan sebuah band baru dengan dia. Chris Caffery (Savatage) dan Mike Terrana (Yngwie Malmsteen) sangat tertarik dan semua tergantung pada Basse untuk memutuskan apa yang akan dia lakukan – menyanyi penuh waktu untuk Brainstorm atau berkonsentrasi 100% pada proyek baru ini. Dia memilih yang terakhir: Metalium terlahir! 


Metalium merilis album pertama mereka pada 1999, yang menjadi album debut heavy metal paling sukses pada tahun itu. Selain itu Henning Basse diberi gelar “Best German Rock Singer of the Year” oleh majalah terkenal “Rock Hard”. Semua orang membicarakan tentang Metalium dan mereka melakukan tur menempuh Eropa dan AS. 


Melalui Chris Caffery, Basse mendapatkan kontak dengan produser Paul O’Neill dan diundang ke New York untuk audisi Trans-Siberian Orchestra. O’Neill sangat terkesan dengan suara Basse dan mereka masih saling dalam kontak. Basse juga salah satu dari hanya 3 penyanyi yang diaudisi untuk menggantikan Zachary Stevens di Savatage. Pada akhirnya jarak geografis membuat kolaborasi itu sulit terwujud. 


Selama 12 tahun terakhir, Metalium memantapkan diri mereka di kancah musik Eropa. Mereka merilis 9 CD dan 2 DVD, yang mendapatkan perhatian dunia. Disamping pekerjaanya sebagai penyanyi, Basse juga bekerja sebagai pelatih vokal selama lebih dari 10 tahun dan menjalankan studio vokal miliknya di Luneberg. 

Telah bertahun-tahun hingga kini Basse melakukan tur dengan beberap band cover seperti Legends of Rock atau Rockford. Tahun 2007 adalah tahun yang sangat sibuk bagi Basse, sejak dimana dia melakukan tur dunia dengan band metal asal Yunani, Firewind (menampilkan Gus G, pemain gitar dari Ozzy Osbourne). Selama tur ini dia mulai mengenal Oliver Palotai (Kamelot) dan tak lama kemudian dia bergabung dengan band barunya Sons of Seasons pada vokal. Pada 2008 Basse untuk sementara bergabungn dengan Gamma Ray pada vokal untuk menyanyi selama tur Spanyol mereka dari Land of the Free 1995/1996, karena Kai Hanse jatuh sakit (Hansen kehilangan suaranya) dan tur hampir dibatalkan. 


Setelah masa Metalium berakhir pada 2011, Basse kini berkonsentrasi terutama pada bandnya Sons of Seasons. Album debut “gods of Vermin’ dirilis pada 2009 dan mendapatkan pujian tinggi dari kritikus dunia. Kemudian saatnya memainkan lagu-lagu itu secara live dan Sons of Seasons melakukan tur dengan band-band seperti Doro, Rage dan Epica menempuh Eropa. Magnisphyricon, album kedua Sons of Seasons dirilis pada April 2011. Kembali album itu mendapatkan pengakuan tinggi dari kritikus dunia. Beberapa minggu kemudian mereka melakukan tur dengan Kamelot dan MaYan untuk menyajikan lagu-lagu baru pada penggemar mereka.


Album debut dari band Mark Jansen, MaYan juga dirilis pada musim semi 2011, yang menampilkan Basse sebagai penyanyi tamu dan membuktikan kembali kemampuan dan keunikan suaranya. 

Dia telah melakukan tur dengan Uli John Roth (Scorpions) menempuh Eropa dan USA pada 2013. Pemunculan terbaru pada pertunjukan dan rekaman: Epysode via AFM Records, Lingua Mortis Orhestra feat. Rage via Nuclear Blast, Karmaflow, Orpheus Blade dan Spartan.

Dia juga menjadi vokalis dari Gus G, dalam mempromosikan album solo Gus G yakni I Am The Fire.  


Pada 2015 Basse menjadi vokalis resmi dari Firewind.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...