Laman

Selasa, 19 April 2016

ALAN PRICE




Lahir di Fatfield, Washington, County Durham, Inggris pada 19 April 1942, dan belajar di Jarrow Grammar School, South Tyneside. Dia adalah seorang musisi otodidak dan seorang anggota pendiri dari grup Tyneside the Alan Price Rhythm and Blues Combo, yang kemudian berubah menjadi the Animals. Permainan organnya pada lagu-lagu oleh the Animals, seperti “House of the Rising Sun”, “Don’t Let Me Misunderstood” dan “Bring It On Home To Me” adalah elemen kunci dalam kesuksesan grup.


Price membentuk the Animals pada 1962 dan meninggalkan band pada 1965 untuk membentuk the Alan Price Set, dengan lineup dari Price, Clive Burrows (saksofon baritone), Steve Gregory (saksofon tenor), John Walters (trumpet), Peter Kirtley (gitar), Rod “Boots” Slade (bass) dan “Little” Roy Mills (drum). Di tahun yang sama, dia muncul di film Don’t Look Back, yang difilmkan menampilkan Bob Dylan di tur di UK.


Selama 1966, dia menikmati kesuksesan single dengan “I Put a Spell on You”, yang mencapai No. 9 di tangga single UK,dan “Hi-Lili, Hi-Lo”, yang mencapai No. 11 di tangga lagu yang sama. Pada 1967 lagu Randy Newman “Simon Smith dan His Amazing dancing Bear”, mencapai No. 4 di tangga lagu juga lagu yang dia tulis, “The House That Jack Built”. “Don’t Stop the Carnival” menyusul pada 1968 dan mencapai hingga No, 13 di tangga single UK.

Price membawakan sebuah acara seperti acara musik Price to Play pada akhir 1960an, yang menampilkan Price menampilkan dan memperkenalkan tamu-tamu musik seperti Fleetwood Mac dan Jimi Hendrix. Album keduanya, A Price on His Head (1967), menampilkan tujuh lagu oleh Randy Newman, yang sebelumnya belum dikenal pada saat itu. Pada Agustus 1967, dia muncul dengan the Animals di the hippy love-in yang diadakan di pertanahan Woburn Abbey.

Sebuah kerjasama berikut dengan Georgie Fame menghasilkan “Rosetta”, yang menjadi hip Top 20 (1971), mencapai No. 11 di UK Singles Chart. Sebuah album mengikuti, Fame and Price, Price and Fame Together. Selama periode ini Price dan Fame mendapatkan tempat rutin di acara The Two Ronnnies yang dihasilkan oleh BBC Television dan juga muncul di Morecambe dan Wise Shoe. Dia merekam album otobiografi Between Today and Yesterday (1974) dari mana single “Jarrow Song” diambil, mengembalikan Price ke UK singles chart pada No. 6.

Price berpartisipasi di tiga reuni dari the Animals antara 1968 dan 1984. Pada Juli 1983, the Animals memulai tur dunia terakhir mereka. Penampilan solo Price dari “O Lucky Man” dimasukkan dalam daftar lagu mereka. Pada 1984, mereka bubar untuk terakhir kalinya dan album Rip It To Shreds – Greatest Hits Live dirilis, berisi rekaman dari konser mereka di Wembley Stadium di London.

Price merekam dua album dengan the Electric Blues Company menampilkan gitaris dan vokalis Bobby Tench dan kibordis Zoot Money, cover pertama direkam pada 1994. A Gigster’s Life for Me menyusul pada 1996 dan direkam sebagai bagian dari Blues Masters Series milik Sanctuary.

Price terus tampil secara rutin, membuat karya baru dan menciptakan aransemen musik. Melakukan tur di UK dengan bandnya sendiri dan lainnya termasuk the Manfreds, Maggie Bell dan Bobby Tench.

Pada 2014 Price memulai saluran YouTube, dimana dia memasang video dari karya solonya. Selain itu, Price tampil dengan bandnya, terutama di acara bulanannya di the Bull’s Head Barnes, London.

Price sangat dekat terlibat dengan karya dari sutradara filem Lindsay Anderson. Pada 1973, dia menulis musik untuk filem Anderson O Lucky Man!, yang dia tampilkan di layar filem dan muncul sebagai dirinya di satu bagian dari alur cerita. Pada 1987, dia menulis musik untuk film terakhir Anderson, The Whales of August.

Dia berakting di Alfie Darling, sebuah sekuel dari film Alfie, selama masa dia menjadi terlibat secara romantic dengan rekan main filmnya, Jill Townsend. Dia juga membuat dan menyanyikan lagu tema untuk film 1982 adaptasi dari The Plague Dogs, “Time and Tide”.

Pada 1981, dia membuat musik untuk musikal Andy Capp, berdasarkan komik. Price juga menulis lirik, bersama dengan aktor Trevor Paecock. Acara ini ditransfer dari Royal Exchange Theatre, Manchester ke Aldwych Theatre di London pada September 1982. Price kemudianmembuat tema untu adaptasi sitcom 1988 untuk Thames Televison dari Andy Capp dalam bentuk penulisan ulang “Jarrow Song”. Karya tema tv lainnya termasuk versi rekaman ulang dari single 1974 miliknya “Papers”, yang digunakan sebagai musik tema untuk komedi situasi LWT yang sukses, Hot Metal.

Pada 1992, Anderson menampilkan episode yang menyentuh di film BBC otobiografinya, Is That All There Is?, dengan sebuah perjalanan dengan sebuah kapal ke sungai Thames untuk menyebarkan abu milik Rachel Roberts dan Jill Bennett di air saat Price menemaninya dan menyanyikan lagu “Is That All There Is?”

Price memiliki dua anak dan telah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya adalah dengan Maureen Elizabeth Donneky. Pasangan ini bercerai. Price dan Donneky memiliki seorang putri, Elizabeth.

Pada 1990 Price menikahi istrinya saat ini Alison Thomas dan mereka juga memiliki seorang putri.

Price saat ini tinggal di London dengan istri dan putri-putrinya. Pada 2010 Price mendedikasikan acara November Bulls Head-nya untuk istri pertamanya Maureen Price, mengikuti pemakamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...