Laman

Senin, 25 April 2016

ALBERT KING




Lahir dengan nama Albert King Nelson pada 25 April 1923 di Indianola, Mississippi, AS. King memiliki ukuran tubuh besar - dia berbobot lebih dari 250 pound dan tinggi 6,4 kaki - dicerminkan di gaya bluesnya yang kasar, vokal yang kuat dan menggigit dan berpengaruh.


Dia membeli gitar pertamanya seharga $1.25 sekitar tahun 1931 (dia kemudian memainkan Gibson Flying V kidal), dan inspirasi pertamanya adalah T-Bone Walker. Selama jangka waktu yang agak lama dia harus bekerja diluar musik untuk tetap hidup (termasuk operator bulldozer dan mekanik), tapi di akhir '40an King berdomisili di Osceola, Arkansas, dan bekeraj di gig lokal dengan the In the Groove Boys. Dia kemudian pindah ke Utara, dimana dia bermain drum untuk Jimmy Reed dan  juga menyanyi dan memainkan gitar pada single miliknya, termasuk "Lonesome in My Bedroom" untuk label the Parrot pada 1953.


King kemudian pindah ke St. Louis dan membentuk band lain, tapi dia tidak rekaman lagi hingga 1959, saat dia bersepakat dengan label lokal Bobbib. Dia bekerja untuk beberapa perusahaan kecil di awal '60an, termasuk King Records, yang merilis hit 1961 miliknya "Don't Throw Your Love on Me Too Strong" (#14 R&B). Tapi terobosan sejati King datang pada 1966, saat dia bersepakat dengan Stax. Menggunakan nama besar label Memphis ini, dia menghasilkan beberapa karya terkenalnya, termasuk "Laundromat's Blues" (1966) dan albumnya Born Under a Bad Sign, dibuat dengan Booker T. and the MG's pada 1967. King mulai menerobos ke pendengar kulit putih: dia muncul di pertunjukan Fillmmore East pertama pada 8 maret 1968, dengan Tim Buckley dan Big Brother and the Holding Company, dan juga bermain di acara penutupan pada 27 Juni 1971. (Sebuah album live, Live Wire/Blues Power, direkam di Fillmore West.)

Pada November 1969 King bermain dengan St. Louis Symphony Orchestra, menampilkan apa yang disebut "an 87-piece blues band". Selama bertahun-tahun lagu-lagunya telah di-cover oleh Free, John Mayall, the Electric Flag, dan lainnya. 

Dia terus melakukan tur di '70an, walaupun dia meninggalkan Stax pada 1974. King bersepakat dengan Utopia pada 1976 dan dengan Tomato pada 1978, membuat beberapa single R&B minor. Pada 1990 dia membuat pemunculan tamu pada gitar di Still Got the Blues milik Gary Moore, dan dia terus tampil hingga kematiannya karena serangan jantung pada usia 69 tahun, pada 21 Desember 1992. Di pemakan King, Joe Walsh - salah satu dari sekian banyak pengikutnya - memberikan sebuah penghormatan dengann membawakan "Amazing Grace" dengan sebuah silde-guitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...