Laman

Sabtu, 16 April 2016

DAVE PIRNER




Lahir dengan nama David Anthony Pirner pada 16 April 1964 di Green Bay, Wisconsin, AS. Dia dikenal sebagai vokalis utama dan frontman untuk band alternative rock Soul Asylum.


Pada saat dia berusia 17 tahun, Pirner tinggal dan bekerja di Minneapolis. Dia belajar sendiri untuk memainkan drum. Pada usia 20 tahun, Piner memulai karir bermain drumnya dengan sebuah band punk bernama Loud Fast Rules sebagai bagian dari kancah Minneapolis, bersama dengan Karl Mueller (bass) dan Dan Murphy (gitar). Saat Pirner beralih ke menyanyi dan bermain gitar ritem, Pat Morley bergabung pada drum. Morley kemudian digantikan oleh Grant Young, dan band merubah nama mereka menjadi Soul Asylum. Setelah melakukan tur ke AS selama beberapa tahun mereka mengumpulkan penggemar setia, tapi tidak meraih pendapatan komersil. Pirner pada saat itu adalah penulis lagu band dan menjadi produser album, Coup De Grace, oleh band metal Minneapolis Coup de Frace pada 1990.


Band mendapatkan sukses komersil dan pengakuan di MTV dan VH1 dengan single 1992 “Runaway Train”, diikuti dengan lagu hit lainnya, “Black Gold”; keduanya dari album Grave Dancers Union. Saat Soul Asylum mulai terkenal, Pirner menjadi tamu pada album dari genre yang berbeda, seperti artis-artis seperti Paul Westerberg, Jason Karaban, Mike Watt, The Autumn Defense dan Victoria Williams. Penampilannya yang tidak biasa dan rambut blonde dreadlocknya membuat impresi yang tidak terbantahkan oleh penggemar dan kritikus,  membuat Pirner dengan mudah dikenal dan menggabungkan band dengan kancah grunge.

Pada 1999, Soul Asylum melakukan hiatus setelah membuat Candy from a Stranger pada 1998, yang terjual dengan jumlah dibawah dari tiga album yang telah dirilis (setelah Grave Dancer Union dan Let Your Dim Light Shine (1995), yang menghasilkan hit besar “Misery” dan “Just Like Anyone”). Setelah 4 tahun, Soul Asylum bereuni dan mulai menulis lagu di studio. Bassis karl Muller meninggal pada 17 Juni 2005, pada usia 42 tahun karena kanker esophageal. Sekitar satu tahun setelah kematiannya, Soul Asylum merilis The Silver Lining di Legacy Recordings, yang didedikasikan untuk Muller. Sekitar separuh lagu di album itu direkam dengan almarhum bassis itu, seperti “Lately”, “Slowly Rising” dan “Standing Water”. Hit pertama dari album ini adalah “Stand Up and Be Strong”. Soul Asylum melakukan tur dengan lineup baru, yang terdiri dari Pirner pada gitar dan vokal, Dan Murphy pada gitar utama, Michael Bland pada drum dan Tommy Stinston pasa bass (juga John Fields menggantikan pada bass dan piano untuk Mueller). Album Soul Asylum terbaru dirilis pada 17 Juli 2012 berjudul Delayed Reaction.

Jaret Gertzen juga menyebut Pirner sebagai “salah satu penyanyi/penulis lagu terbaik yang datang dari Minnesota sejak Prince”.

Pirner juga menjadi bagian band all-star yang dikumpulkan untuk soundtrack dari filem tahun 1994 Backbeat. Pirner juga berkontribusi untuk soundtrack filem 1997 Kevin Smith, Chasing Amy. Lagu “Can’t Even Tell” ditampilkan di Clerks-nya Smith dan Smith menggunakan “Misery” di sekuelnya, Clerks II.

Pada 2002 Pirner merilis album solo pertamanya berjudul Faces & Names di Ultimatum Music. Dia juga berkontribusi vokal tamu pada algu “Chillout Tent” di rilisan 2006 The Hold Steady, Boys and Girls in America.

Pirner tinggal di Bywater, New Orleans, Louisiana untuk sementara waktu dan masih memiliki sebuah rumah dan studio rekaman di New Orleans.

Dave Pirner muncul pada lagu Whole World Is watching oleh Within Temptation di rilisan 2014 mereka, Hydra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...