Laman

Senin, 11 April 2016

WARREN DeMARTINI




Lahir dengan nama Warren Justin DeMatini pada 10 April 1963 di Chicago, Illinois, anak bungsu dari enam bersaudara. Dia memiliki nama julukan Torch. Keluarganya kemudian pindah ke San Diego. Dia menghabiskan tahun-tahun awalnya di pinggiran kota River Forest, Illinois. Dia menjadi terarik dalam musik rock karena pengaruh dari kakak-kakaknya Bernard dan James, dimana band mereka berlatih di lantai dasar keluarga. Nenek DeMartini juga adalah musisi terdepan, memainkan piano yang mengiringi filem bisu di Preston, Minnesota.

Ibu DeMartini membelikannya sebuah gitar atas permintaannya saat dia berusia 7 tahun. Saat dia mulai berusaha untuk belajar memainkannya, dia menjadi frustasi dan membanting alat musik itu saat dia melihat Pete Townsend dari The Who melakukannya di atas panggung. Ibunya menjadi marah, menolak untuk membeli penggantinya. Pada usia 15 tahun, dia menerima cukup uang untuk Natal dan membeli sebuah gitar listrik baru. Dia mengambil pelajaran untuk mempelajari teknik gitar dasar, belajar dengan cepat, dan membentuk sebuah band bernama The Plague. Kemudian dia mementuk band lainnya dengan nama Aircraft.

Pada 1979, dia memainkan konser pertamanya di depan sedikit penonton di La Jolla High School-nya San Diego. Pada saat ini dia mencuat sebagai salah satu pemain gitar muda paling berbakat dan menjanjikan di wilayah San Diego. Tahun pertama dia ikut kompetisi, dia memenangkan “Best New Guitar Player di San Diego” di Guitar Trader di Clairemont Mesa Blvd. dia luluf dari SMA pada 1981. DeMartini mulai mengambil kelas di kampus lokal, tapi di semester pertama dia diundang ke Los Angeles untuk bergabung dengan Mickey Ratt; band yang pada akhirnya menjadi band metal dengan kesuksesan tertinggi di 1980an, Ratt.


DeMartini menggantikan Jake E. Lee di band pada Desember 1981, yang pada akhirnya dipekerjakan oleh Ozzy Osbourne. DeMartini pada titik itu adalah teman sekamar Lee, dan masing-masing sangat mempengaruhi gaya permainan satu sama lain.

Gitar utama DeMartini menjadi salah satu aspek yang paling dikenal dari Ratt, dan dia ikut menulis beberapa lagu-lagu terkenal band, termasuk “Round and Round”, “Lay It Down”, “Dance”, dan “Way Cool Jr.” Ratt akhirnya menjadi salah satu band glam metal dengan penjualan tertinggi dan paling terkenal di dekade itu, menghasilkan empat album platinum secarat berturut-turut dan sebuah EP di 1980an sebelum bubar pada Februari 1992.


Setelah Ratt bubar, DeMartini memiliki jabatan singkat dengan band Dokken sebelum kemudian secara singkat menjadi gitaritur dari band hard rock Whitsnake pada 1994. Setelah itu, dia merilis dua proyek solo; EP, Surf’s IP! Pada 1995, dan album penuh tunggalnya hingga kini, Crazy Enough To Sing To You pada 1996. Ratt bereuni pada 1996 dan merilis dua album, Collage pada Juli 1997, dan album self-title pada Juli 1999, yang merupakan kegagalan kritis dan komersil. Pada 2003, DeMartini dipekerjakan untuk menggantikan gitaris Doug Aldrich di band Dio tapi setelah beberapa latihan dia memutuskan untuk meninggalkan band karena perbedaan secara musikal dengan pimpinan band Ronnie James Dio. Ratt terbentuk lagi pada 2007 dan mulai sebuah tur di musim panas tahun itu.


Selama bertahun-tahun, DeMartini telah menyebut banyak gitaris legendaris atau musisi lain sebagai pengaruh musik utamanya seperti Jimi Hendrix, Pete Townshend, Robbin Crosby, Michael Schenker, Steve Lukather, Uli Roth, Joe Walsh, Jake E. Lee, Joe Perry, Frank Zappa, Tommy Bolin, Miles Davis, Eddie Van Halen, George Lynch dan Randy Rhoads.


DeMartini sering dipuji untuk teknik dan kemampuannya. Situs Xtreme Musician memberinya label sebagai salah satu gitaris paling under-rated di erasnya. Permainannya sering menggabungkan 4 not per senar, yang masih dianggap tidak biasa dan beberapa chromatic memberikan DeMartini sebuah sound yang hampir mendekati jazz fusion untuk beberapa solo. Bersama dengan itu, permainannya meliputi minor scale dan wide vibrato.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...