Laman

Kamis, 21 April 2016

IGGY POP




Lahir dengan nama lengkap James Newell Osterberg, Jr. pada 21 April 1947 di Muskegon, Michigan, AS, putra dari Louella (Christensen) dan James Newell Osterberg, Sr., seorang mantan guru bahasa Inggris SMU dan pelatih baseball di Fordson High School di Dearbon, Michigan. James dibesarkan di Ypsilanti, Michigan. Dia keturunan Inggris dan Irlandia dari pihak ayah, dan keturunan Norwegia dan Denmark dari pihak ibu. Ayahnya diadopsi oleh keluarga Swedia-Amerika dan mengambil nama kelurga tersebut (Osterberg).


Dianggap oleh banyak kalangan sebagai salah satu pelopor musik punk, dia memuja rock and roll saat tumbuh. Dia dikenal sebagai "Iggy" saat SMU, saat dia menjadi drumer untuk band blues lokal, The Iguanas. Setelah menjadi anggota band lokal bergaya blues seperti Prime Movers (dengan Dan dan Michael Erlewine), dia keluar dari University Of Michigan dan pindah ke Chicago untuk mempelajari blues. Saat di Chicago, dia bermain drum di klub blues, dibantu oleh Sam Lay ( mantan Paul Butterfield Blues Band) yang berbagi koneksinya dengan Iggy. Terinspirasi oleh blues Chicago dan juga band seperti The Sonics, The MC5 dan The Doors, dia membentuk the Psychedelic Stooges dan mulai memanggil dirinya Iggy. Band ini terdiri dari Iggy pada vokal, Ron Aheton pada gitar, Scott (saudara Ron) Asheton pada drums, dan Dave Alexander pada bass.


Walaupun tidak sukses besar secara komersil, the Stooges memiliki pengaruh pada artis rekaman punk dan grunge di kemudian hari dan kancah musik punk di akhir 1970an dan 1980an. Osterberg menjadi penyanyi utama band dan merubah namanya menjadi Iggy Pop. Selama penampilan live, Pop menampilkan kebiasaan yang di luar dugaan, sering muncul tanpa baju berlumuran darah dan sering melukai dirinya didepan penonton dan melompat ke peonton dari panggung.

Band merilis album self-title pertamanya pada 1969. Album kedua band adalah Fun House (1970). Di saat kedua album ini dianggap sebagai klasik punk sekarang, mereka belum komersil pada saat itu dan band dicoret dar label rekaman mereka. Keadaan makin menjadi buruk, Pop dan beberapa anggota grup lain memiliki masalah dengan narkoba. Pada akhirnya bubar.

Dengan bantuan David Bowie, Pop membangun kembali the Stooges, kini bernama Iggy & the Stooges. Bowie bertindak sebagai produser pada album ketiga grup, Raw Power (1973). Saat album menerima tanggapan positif, hal itu tidak cukup untuk membuat band tetap bersama, akhirnya bubar lagi. Pop melakukan tur dengan David Bowie beberapa kali selama 1970an dan merilis beberapa album solo, termasuk The Idiot (1977) dan Lust for Life (1977), dimana Bpwie membantu menulis dan menjadi produser.

Dengan album 1986-nya Blah Blah Blah, Pop mendapatkan rasa sejati pertamanya akan kesuksesan mainstream dengan lagu “Real Wild Child.” Dia menjelajah hard rock dengan album heavy metal, Instinct (1988), Tapi album berikutnya, Brick By Brick (1990), yang membuktikan sebagai terobosan komersil untuk Pop. Dia mencatatkan hit terbesarnya hingga kini dengan lagu “Candy.” Lagu itu mencapai top 30 di tangga album Billboard pada 1991 setelah masuk ke top 5 di daftar modern rock setahun sebelumnya.

Sejak itu, Pop meneruskan merekam musik dan tampil live. Album 2003-nya Skull Ring menampilkan pemunculan oleh para anggota the Stooges Ron Asheton dan Scott Asheton di empat lagu. Pop bahkan melakukan tur singkat tahun itu sebagai bagian dari reuni Stooges. Dia juga merilis Penetration and A Million in Prizes: The Antholgy pada 2005. Sebuah album dengan lagu baru, Where the Faces Shines, dirilis pada 2006. 

Pada 2010, The Stooges dilantik ke dalam Rock N' Roll Hall Of Fame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...