Laman

Sabtu, 16 April 2016

LEE KERSLAKE




Lahir pada 16 April 1947 di Winton, Bournemouth, Hampshire, Inggris, UK, dia dikenal sebagai drummer lama dan vokalis latar untuk Uriah Heep dan karyanya denga Ozzy Osbourne pada awal 1980an.


Pada akhir 1960an hingga awal 1970an, Kerslake bermain dengan sebuah band lokal bernama the Gods, merilis 3 album. Dia kemudian bergabung dengan Uriah Heep pada November 1971, meninggalkan band pada Oktober 1979, dan bergabung kembali dengan mereka pada April 1982. Dia juga bermain di album solo milik David Byron dan Ken Hensley. Di album Firefly dia dikreditkan sebagai Lee “The Bear” Kerslake, nama julukannya mengacu pada jenggotnya dan bentuk fisik yang solid.


Pada 1980, Kerslake bertemu dengan mantan vokalis Black Sabbath Ozzy Osbourne tidak sengaja di sebuah lift di Kings Cross Hotel di Australia. “Dia sedang di sudut dengan pengawal dan manajernya, dan saya di sudut lainnya dengan pengawal dan manajer saya. Menggelikan”. Mereka kemudian membentuk band Blizzard of Ozz dengan bassis Bob Daisley dan gitaris Randy Rhoads, walaupun band kemudian menjadi sebuah proyek solo Ozzy Osbourne. Karya Kerslake dapat didengar di dua album pertama Osbourne, Blizzard of Ozz dan Diary of a Madman.


Kerslake meninggalkan band Osbourne pada awal 1981 untuk merawat ibunya, yang sedang sakit. Pada catatan Diary of a Madman, Kerslake dan bassis Bob Daisley tidak dikreditkan, dengan drummer Tommy Aldridge dan bassis Rudy Sarzo yang malahan menerima kredit. Aldridge menyatakan di album Diary of a Madman, “Saya pikir hal itu jelas bahwa itu bukan permainan drum saya di album itu. Saya tidak pernah mengambil kredit untuk rekaman itu dan selalu memberikannya pada Lee Kerslake, saat ditanya atau diwawancarai, kredit yang layak menjadi haknya.”


Pada 1998, Kerslake dan daisley melayangkan tuntutan terhadap Ozzy Osbourne dan manajer/istrinya Sharon Osbourne mencari royalti kredit penulisan untuk kontribusi mereka di album Blizzard of Ozz dan Diary of a Madmen. Sebagai akibatnya, edaran ulang tahun 2002 untuk kedua album itu menghapus penampilan Kerslake dan Daisley, mengganti mereka dengan trek baru yang direkam oleh bassis Robert Trujillo dan drummer Mike Bordin (saat album-album itu kembali diedarkan ulang pada 2011, trek bass dan drum asli kembali dipakai). Kerslaketidak yakin apa sebab pihak Osbourne memperlakukannya sangat negative. “Satu hal yang dapat saya ingat adalah suatu ketika Ozzy pernah meminta pada saya untuk berbicara pada Sharon tentang haknya dengan dua pertunjukan di New York dalam satu malam saat Ozzy berkata ‘Saya tidak bisa melakukan dua pertunjukan dalam satu malam – tidak suara saya!’ Dia berkata pada saya untuk berbicara pada Sharon. Saya melakukan sepertti yang dia katakana. Saya akan mati demi Ozzy kalau kami merupakan sebuah band dan saya mencintai dia. Karena saya memberitahukan pada Sharon, dia membenci ucapan saya”, dia mengingat pada 2011.


Pada 2003 Kerslake terlibat dalam ‘supergrup’ Living Loud, sebuah proyek hard rock menampilkan bassis Bob Daisley (mantan Uriah Heep, Gary Moore, band Ozzy Osbourne, Rainbow dan Black Sabbath), gitaris Steve Morse (Dixie Dregs, the Steve Morse Band, Kansas, Deep Purple) dan penyanyi Jimmy Barnes. Pemain kibord Don Airey (mantan Rainbow, saat ini dengan Deep Purple) membuat pemunculan tamu. Grup ini merilis sebuah CD self-title debut, menampilkan cover dari beberapa lagu Ozzy Osbourne yang ditulis Daisley/Kerslake.


Pada 2003, tuntutan hukum Kerslake dan Daisley ditolak oleh Pengadilan Distrik AS di Los Angeles. Penolakan ini dibuat oleh United States Court of Appeals for the Ninth Circuit. Lee kini tampil dengan bandnya sendiri “Lee Kersalek Band”, menjadi tamu dengan beragam band dan secara rutin bergabyng dengan mantan anggota Uriah Heep, Ken Hensley dan Paul Newton di “Uriah Heep Legends”.


Pada awal 2007 diumumkan di situs Heep bahwa Kerslake meninggalkan band ‘karena masalah kesehatan’. Kerslake saat ini semi pensium karena sakit.

Pada 15 Oktober 2015, Kerslake dan Ken Hensley akan bergabung dengan lineup saat ini dari Uriah Heep di Crokus City Hall di Moskow untuk pertunjukan 2 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...