Laman

Minggu, 24 April 2016

BILLY GOULD




Lahir dengan nama William David Gould pada 24 April 1963 di Los Angeles, California, yang merupakan musisi dan produser. Dia dikenal sebagai pemain bass di band Faith No More.


Gould mulai bermain bass saat dia ada di Loyola High School di Los Angeles dengan Roddy Bottumkibordis masa depan Faith No More. Band pertamanya selama tahun-tahun awal ini bernama "The Animated," sebuah genre yang mencampur musik new wave yang merupakan perpaduan antara The Buzzcocks, XTC dan Michael Jackson. Band ini juga menampilkan Chuck Mosley vokalis masa depan Faith No More pada kibor, dan Mark Stewart (aka Stew) pada gitar, dari band Negro Problem. Pada awal 1980 di pindah ke San Fransisco untuk mulai belajar dan terlibat dengan beberapa band underground. Pada saat ini di bertemu dengan drumer Mike Bordin dan gitaris Jim Martin. Tak lama setelah itu Gould membentuk sebuah band dengan Bordin, kibordis Wade Worthington (langsung diganti oleh Roddy Bottum), dan gitaris/vokalis Mike 'The Man' Morris bernama Faith No Man, yang kemudian menjadi Faith No More saat Morris keluar dari band.


Pada pertengahan 90-an, gould mulai bekerja sebagai produser dan pada 1997 dia ikut memproduseri album terakhir Faith No More 'Album Of The Year' dengan Roli Mosiman mantan drumer Swans. Sejak itu, dia menjadi CEO dari Koolarrow Records dan bekerja pada proyek yang beragam sebagai produser atau musisi tamu.

Pada Februari 2009, diumumkan bahwa Faith No More akan mengadakan sebuah tur dan akan melakukan rekaman.


Pada 1990an Goukd ada di lineup asli dari band grindcore Meksiko Brujeria. Dia juga terlibat di beberapa supergrup, seperti Shandi's Addiction (dengan Maynard James Keenan, Brad Wilk dan Tom Morello) juga Black Diamond Brigade (dengan musisi rock Euroboy, Torgny Amdam, Tarjei Strom dan Sigurd Wongraven). Lebih jauh, dia bermain dengan Wayne Kramer dan Fear Factory, dan memproduseri album Vainajala miliki CMX. Pemunculan tamunya termasuk rekaman untuk band Rumania Coma, dan produksi dari "Living Targets" oleh grup Jerman Beatsteaks, Elvis Jackson asal Slovenia, dan album "7" untuk band rock Jerman Harmful, dimana dia juga melakukan tur dengan mereka selama tahun 2007 sebagai pemain gitar.

Pada 2007, Gould bergabung dengan band all star Fear and the Nervous System, dibentuk oleh gitaris Korn, James "Munky" Shaffer. Band juga menampilkan drumer Bad Religion Brooks Wackerman.


Selama tahun yang sama, Gould bergabung sebagai bassis di band baru Jello Biafra The Axis of Evildoers bersama dengan Ralph Spight (Victim's Family) pada gitar, dan Jon Weiss pada drum. Mereka membuat debut mereka di perayaan ulang tahun ke 50 Jello Biafra pada 16 dan 17 Juni 2008 di Great American Music Hall di San Fransisco. Band sejak itu berganti nama menjadi Jello Biafra and the Guantanamo School of Medicine dan sebuah album Audacity of Hype dirilis pada 20 Oktober 2009.

Pada 2011, dia merilis sebuah album eksperimental berjudul "The Talking Book", sebuah kolaborasi antara dirinya dan artis suara Jared Blum, dikenal untuk proyek beragamnya pada label Gigante. Pada 2012, dia berkolaborasi dengan Charles Hayward dari This Heat dan Mads Heldtberg pada sebuah proyek dan rilisan berjudul House of Hayduk.

Dia berkontribusi di produksi soundtrack untuk dokumenter "The Sequntial Art" oleh sutradara Norwegia ESpen J. Jorgensen, pada 2011.

Sejak 1999, Gould menjalankan sebuah label rekaman independen Koolarrow Records yang mengkhususkan pada band internasional dan artis yang menantang seperti Flattbush asal LA, Kultur Shock asal Seattle, Brujeria, Hog Molly (menampilkan Tad Doyle), Dubioza Kolektive asal Bosnia, La Plebe asal San Fransisco, band rock Jerman Harmful, Alexander Hacke (dari Einsturzende Neubauten), Como Asesinar a Felipes dari Chile, mantan band eksperimental Denmark Durefursog, dan Mexican Dubwiser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...