Laman

Rabu, 27 April 2016

PETE HAM




Lahir dengan nama lengkap Peter William Ham pada 27 April 1947 di Swansea, Wales. Dia membentuk sebuah grup rock lokal bernama The Panthers sekitar 1961. Grup ini menggunakan beberapa nama dan perubahan lineup sebelum menjadi The Iveys pada 1965. Band dipindahkan ke London oleh manajer The Mojos, Bill Collins, pada 1966, dan mereka terus tampil untuk tiga tahun di seluruh UK. Saat itu, Ham akhirnya menjadi penulis lagu produktif untuk band, saat sebuah rekaman Revox disediakan oleh Collins untuk membuatnya bersemangat. Ray Davies dari The Kinks mengambil ketertarikan inisiatif dalam grup, walaupun lagu-lagu yang diproduseri oleh Davies tidak muncul secara komersil hingga berdekade kemudian. Pada 1968, The Iveys mendapatkan perhatian dari Mal Evans (asisten pribadi The Beatles) dan akhirnya dikontrak oleh label Apple Records milik The Beatles setelah persetujuan dari keempat anggota The Beatles, yang dilaporkan terkesan oleh kemampuan penulisan lagu band ini.


The Iveys mengubah nama mereka menjadi Badfinger dengan merilis single "Come and Get It," sebuah komposisi yang ditulis oleh Paul McCartney, dan menjadi hit Top Ten dunia. Ham awalnya memprotes terhadap penggunaan bukan materi asli untuk mempromosikan band, karena dia memiliki rasa percaya diri di komposisi grup, tapi dia dengan cepat diyakinkan dengan efek single hit itu. Kemampuan kreatifnya pada akhirnya terbayar, saat komposisi miliknya "No Matter What" menjadi hit dunia lainnya setelah dirilis pada akhir 1970. Dia kemudian menulis 2 hit dunia lagi dengan "Day After Day" dan "Baby Blue." Kesuksesan penulisan lagu terbesarnya datang dengan komposisi yang ditulis bersama "Without You" - nomor 1 dunia saat kemudian di-cover oleh Harry Nilsson dan dirilis pada 1972. Lagu ini telah menjadi balada standar dan telah di-cover oleh ratusan penyayi dari berbagai genre di dunia. Sebuah penghargaan Ivor Novello untuk Song of the Year dikeluarkan pada 1973 bersama dengan nominasi Grammy. George Harrison menggunakan bakat Ham untuk sebuah sesi album termasuk album All Things Must Pass dan untuk rekaman artis Apple lainnya. Pertemanan ini berpuncak dengan duet gitar akustik Ham pada "Here Comes The Sun" dengan Harrison di The Concert for Bangladesh pada 1971, kemudian diabadikan di film teatrikal dari konser itu. Pada 1972, Badfinger dimabil oleh Warner Bros. Records, saat label Apple Records jatuh dan band akan mendapatkan keterkenalan yang lebih luas.



Selama era Warner Bros. Records dari 1973-75, Badfinger menjadi terlibat dalam banyak masalah internal, keuangan dan manajerial dan musik mereka tertahan. Pada 1975, dengan tanpa adanya pemasukan dan manajer bisnis yang tidak komunikatif, Ham menjadi sedih dan dia gantung diri di garasi rumahnya di Surrey pada 24 April 1975. Ham berusia 27 tahun pada saat itu; bunuh dirinya hanya menjelang tiga hari dari ulang tahunnyab yang ke 28. Dia meninggalkan pacarnya yang hamil, yang melahirkan putri mereka satu bulan setelah kematiannya. Catatan bunuh dirinya memiliki ucapan, "Saya tidak akan bisa mencintai atau mempercayai siapapun. Ini lebih baik." Catatan itu juga menyertakan tuduhan keras pada manajer bisnis Badfinger, Stan Polley: "P.S. Stan Polley adalah bajingan tidak punya jiwa. Saya akan membawa dia bersama saya." Berita kemtain Ham tidak disebarluaskan pada saat itu, karena tidak ada komentar publik yang dibuat oleh The Beatles, Apple Corps Ltd, atau Warner Bros. Records.


Dia sering dianggap sebagai salah satu pelopor paling awal dari genre power pop. Efek yang paling luasnya adalah balada "Without You," yang ditulis dengan rekan seband Tom Evans. Koleksi dari rekaman demo rumahan Ham telah dirilis: 7 Park Avenue pada 1997, Golders Green pada 1999 dan The Keyhole Street Demos 1966-67 pada 2013. Pada 27 April 2013, Ham diperingati oleh plakat biru warisan resmi kampung halamannya. Sebuah acara pembukaan berlangsung di stasiun High Street di Swansea, berlokasi di Ivey Place, pada hari ulang tahun Ham ke 66. Setelah pembukaan, dimana ditampilkan oleh putri Ham, Petera, sebuah konser penghormatan menampilkan dua anggota asli Iveys diadakan di Grand Theatre, Swansea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...